Terkait Sanksi Transfer FIFA, Pemain Mana yang Wajib Didatangkan Madrid Terlebih Dahulu?

Taktik

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Terkait Sanksi Transfer FIFA, Pemain Mana yang Wajib Didatangkan Madrid Terlebih Dahulu?

Awal tahun 2016 ini dimulai dengan sebuah kabar yang mengejutkan. Dua klub asal Madrid, Real dan Atletico dijatuhi larangan mendaftarkan pemain baru untuk 14 bulan kedepan.  Dengan kata lain, duo Madrid ini tidak bisa mendaratkan penggawa anyar dalam dua jendela transfer yaitu pada pertengahan tahun ini dan pada awal tahun 2017 nanti.

Baca juga: 3 Sektor yang Mesti Dibenahi Atletico Madrid Terkait Sanksi Transfer FIFA

Rencana awal tentunya adalah melakukan banding ke komite FIFA terkait kasus yang juga melibatkan putra-putra pelatih baru mereka, Zinedine Zidane. Apabila gagal mereka bisa naik banding lagi ke komite arbitrase olahraga internasional, karena memang kasus pelanggaran ini sifatnya perdata. Atau jalan terakhir adalah segera mendatangkan pemain di 11 hari terakhir bursa transfer Januari kali ini.

Ada lima pemain yang diisukan akan segera mendarat ke Santiago Bernabeu. Namun pertanyaanya apakah lima pemain tersebut benar-benar dibutuhkan oleh Real? Berikut ulasannya.

Leroy Sane

Urgensi: Tidak terlalu penting

Alumnus Knappenschmeide ini menjadi komoditi yang paling diperebutkan dalam bursa transfer kali ini. Selain Real, rival utama Barcelona dan juga klub kaya asal Inggris, Manchester City, berminat untuk mendatangkan gelandang asal Jerman tersebut. Masih berusia muda, Sane sudah menjadi kunci serangan Schalke 04. Salah satunya adalah ketika Sane berperan penting saat Schalke mengalahkan Real di Liga Champions musim lalu.

Meskipun sangat berbakat, Sane bukanlah pemain yang benar-benar dibutuhkan Real saat ini. Di posisi gelandang serang skuat asuhan Zidane sudah memiliki James Rodriguez dan Isco Alarcon, yang bahkan permasalahan siapakah yang akan dimainkan terlebih dahulu sudah menjadi sesuatu yang harus segera dipecahkan oleh Zidane. Kedatangan Sane justru akan membuat Zidane semakin kesulitan untuk menentukan siapa yang akan ia tempatkan sebagai pemain posisi No.10 di tim utama.

David De Gea

Urgensi: Cukup Penting

Bagian dari lanjutan saga yang terjadi pada awal musim ini. Hampir saja hengkang, karena adanya permasalahan teknis akhirnya membuat De Gea tetap berada di tanah Inggris. Dan Real jelas tidak mungkin untuk tidak berminat memulangkan De Gea kembali ke Spanyol.

Real Madrid memang saat ini sudah memiliki Keylor Navas di posisi kiper. Namun mengingat fakta bahwa rival utama Barcelona yang bahkan memiliki dua kiper berkualitas sekaligus yaitu Claudio Bravo dan Marc-Andre Ter Stegen, tentunya Real juga tidak mau kalah.

Bukan hanya masalah adu gengsi dengan Barcelona,  De Gea baru saja dinobatkan sebagai runner-up kiper untuk tim terbaik dunia di bawah Manuel Neuer, menunjukan bahwa pria Spanyol merupakan kiper yang berkualitas. Permasalahannya adalah apakah Manchester United rela melepaskan kembali pemain terbaiknya ke Real Madrid?

Ricardo Rodriguez

Urgensi: Cukup Penting

Posisi bek kanan Real sudah ada nama Dani Carvajal dan Danilo da Siva, dan keduanya merupakan "counterpart" yang sesuai satu sama lain. Sementara sektor bek kiri Real masih memerlukan tambahan stok pemain. Apalagi Marcelo yang biasanya menempati posisi tersebut sudah mulai menua, Nacho memang versatile namun posisi bek kiri bukanlah posisi naturalnya.

Bek kiri Wolfsburg, Ricardo Rodriguez, jelas bisa menjadi solusi untuk kondisi yang kini dialami Real. Sudah menciptakan 25 sapuan dan 22 intersep di Bundesliga dan berusia lebih muda, 23 tahun, membuat Ricardo bukan saja pelapis yang sepadan tetapi juga proyeksi jangka panjang untuk Marcelo.

Rodrigo Bentancur

Urgensi: Tidak Terlalu Penting (tetapi bisa jadi investasi jangka panjang)

Dibandingkan pemain lain, wonderkid asal Boca Juniors ini disebut-sebut akan mendarat di Santiago Bernabeu dalam waktu dekat ini. Harga 10 juta Euro menjad biaya transfer yang akan dibayarkan Real untuk mendatangkan Bentancur.

Rodrigo Bentacur ketika beraksi bersama Boca Juniors
Rodrigo Bentancur ketika beraksi bersama Boca Juniors

Dengan usianya yang masih muda yaitu 18 tahun, Bentancur jelas akan menjadi sebuah investasi jangka panjang untuk Real. Namun bisa jadi urgensinya tidak terlalu mendesak karena Bentacur mungkin akan lebih banyak menghabiskan waktunya di tim cadangan Castilla sebelum akhirnya siap untuk berlaga di tim senior.

Robert Lewandowski

Urgensi: Sangat Penting

Sudah mencetak 15 gol di Bundesliga dan 14 di antaranya disarangkan dari dalam kotak penalti lawan adalah salah satu bukti shahih bahwa Lewandowski adalah predator berbahaya di kotak penalti lawan. Rekor lima gol tercepat dalam sejarah Bundesliga juga menjadi catatan lain yaang dibuat oleh Lewandowski.

Cedera yang dialami oleh Benzema dan Bale pada pekan lalu, bahkan ada kemungkinan kedua pemain tersebut akan absen dalam waktu yang cukup panjang membuat Real membutuhkan pemain di posisi penyerang. Dan mengandalkan Jese Rodriguez  dalam ketatnya kompetisi yang akan dijalani oleh Real dalam beberapa bulan kedepan jelas bukan menjadi opsi yang bagus.

***

Masih ada waktu kurang dari dua minggu untuk Real apabila mereka memang benar-benar ingin memaksakan untuk mendatangkan pemain baru ke Santiago Bernabeu. Sebenarnya kasus Arda Turan dan Aleix Vidal bisa jadi contoh, bagaimana mereka tetap melakukan transfer tapi baru mendaftarkannya setelah masa hukuman selesai. Namun, tentunya akan seperti membuang uang apabila membeli pemain namun tidak bisa dimaksimalkan sesegera mungkin.

Nah, terutama untuk pendukung Real, siapa pemain yang mesti didatangkan terlebih dahulu?

Sumber: Marca, BBC

Foto: FourFourTwo, Offside, GettyImages

Komentar