Man United dan Masa Lalu yang Tak Jelas

Backpass

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Managing editor of Pandit Football, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach. Born with the full name of Defary Glenniza Tiffandiputra, growing up with a nickname Dex Glenniza. Who cares anyway! @dexglenniza

Man United dan Masa Lalu yang Tak Jelas

Silakan tanya kepada setiap pendukung Manchester United, dari mulai suporter layar kaca sampai suporter garis keras, dari mulai suporter di pelosok sampai orang asli Manchester: Tanggal berapa Manchester United dibentuk?

Dari informasi yang menyebar saat ini, Manchester United dibentuk pada 1878 dengan nama Newton Heath LYR. Tahunnya jelas, tapi tidak dengan tanggal dan bulannya.

Jika orang sekaliber sejarawan United bernama Geoffery Green saja tak berhasil menemukan tanggal terbentuknya Newton Heath LYR, apalagi kita.

Pada bukunya yang berjudul There’s Only One United, ia mengatakan; “Tanggal pasti lahirnya [Newton Heath LYR atau Manchester United] terkubur di dasar waktu. Ini seperti mencari jejak kaki di pantai berpasir yang sudah lama disapu oleh ombak.”

Apa yang ia maksud “terkubur di dasar waktu” bukan terjadi lantaran tak ada orang yang peduli mengenai masa lalu kesebelasan ini, tapi karena sejarah di tahun-tahun pertama United hancur bersama dengan bom yang dijatuhkan oleh pesawat perang Jerman ke Old Trafford.

Pada malam tanggal 11 Maret 1941, seluruh catatan sejarah United yang tersimpan di tribun utama stadion hancur bersama puing-puing Old Traffod.

Hal itu membuat kita harus menggali sejarah United dari puing-puing hasil Perang Dunia kedua tersebut. Sebuah penggalian yang sejauh ini tidak menghasilkan apa-apa selain mitos, bahkan hanya untuk urusan tanggal berdirinya kesebelasan.

Spekulasi 5 Maret 1878

Manchester United berdiri dengan nama Newton Heath LYR (berubah nama pada 24 April 1902). LYR adalah singkatan dari “Lancashire & Yorkshire Railway” yang merupakan perusahaan kereta api, perusahaan yang membiayai mereka pada awal berdirinya klub.

Baca juga: Tidak Ada Kandang Sebaik Old Trafford

Catatan sejarah yang hilang atau hancur membuat mitos berdirinya United terawat dan dianggap sebagai fakta. Geoffery Green membenarkan jika tahun 1878 adalah tahun berdirinya United. Ia yakin akan hal itu, yang ternyata juga dikonfirmasikan di dalam buku The History of the Lancashire Football Association.

Kemudian pada sebuah catatan lainnya yang saya temukan di “Unofficial and International Blog About FC United of Manchester”, seorang penulis yang merupakan co-founder FC United of Manchester (FCUM) menulis jika pada tanggal 5 Maret 1878 adalah pertama kalinya Newton Heath LYR dibentuk dan sekaligus memainkan pertandingan pertama mereka.

Perlu diketahui, sumber yang saya kutip di sini memang tidak sepenuhnya bisa dipertanggungjawabkan. Namun, melihat apa yang sudah saya cari dan saya tanyakan sejauh ini, hanya tulisan di atas yang menyebutkan jelas tanggal, bulan, dan tahun salah satu dari terbentuknya atau dimainkannya pertandingan pertama Newton Heath LYR.

Pada 5 Maret 1878 itu, setelah Newton Heath LYR dibentuk, mereka langsung memainkan pertandingan sepakbola melawan tim yang juga dari perusahaan yar dan depot, sama seperti mereka.

Pertandingan tersebut digelar di North Road, sebuah stadion berkapasitas 12.000 penonton milik gereja, yang disewa oleh LYR. Pada pertandingan itu, Newton Heath LYR memakai seragam berwarna hijau dan kuning (emas), warna yang merepresentasikan perusahaan LYR.

Catatan tambahan juga saya dapatkan dari empat fans United yang berhasil menemukan pendiri Newton Heath LYR. Orang tersebut bernama Frederick Attock.

Nama Frederick Attock bukanlah nama yang familier dengan para pendukung Man United pada umumnya. Empat fans United ini berhasil menggali cerita tentang Attock, meski lagi-lagi, mereka tidak menemukan kapan tepatnya kesebelasan bentukan Attock tersebut dilahirkan.

Menggali Sejarah dari Puing-puing

Lahir pada 1878, Manchester United adalah kesebelasan yang begitu tua, meskipun bukan yang tertua, yang memiliki sejarah yang terkubur dari hasil Perang Dunia kedua.

Meski memiliki sejarah yang terkubur di balik puing-puing hingga menjadikan kesebelasan mereka tidak memiliki asal-usul yang jelas, Man United mengajarkan kepada kita untuk menghargai masa lalu, bekerja keras di masa kini, dan sekaligus menggapai masa depan.

Mereka mengawali petualang mereka dari para pekerja atau buruh (working class) di perusahaan kereta api Lancashire & Yorkshire Railway, menunjukkan kepada kita arti sesungguhnya dari kerja keras yang mereka bangun di awal terbentuknya kesebelasan ini.

Sampai sekarang tidak ada seorangpun yang bisa memastikan kapan tanggal dan bulan Newton Heath LYR berdiri. Catatan sejarah kesebelasan tersukses di Inggris ini hancur bersama bom yang dijatuhkan oleh pesawat perang Jerman.

Meski ada salah satu catatan yang menuliskan jika United berdiri pada 5 Maret 1878, tak ada seorang pun yang tahu pasti apakah informasi itu sama dengan yang tertulis dari balik puing-puing sejarah.

Baca juga: Malam Terkuburnya Catatan Sejarah Man United

Komentar