(7 September) Marcel Desailly Lahir ke Dunia

Backpass

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

(7 September) Marcel Desailly Lahir ke Dunia

Pada 7 September 1968, Marcel Desailly dilahirkan di Accra, Ghana. Ia adalah salah satu bek terbaik yang dimiliki oleh timnas Prancis, dan juga sempat mencicipi sukses bersama beberapa klub seperti Marseille, AC Milan, serta Chelsea.

Desailly lahir dari orang tua berkewarganegaraan Ghana. Kewarganegaraan Prancis ia dapat setelah ibunya menikah dengan kepala dari Konsulat Prancis di Ghana. Desailly dan keluarganya pindah ke Prancis saat ia masih berusia empat tahun. Di sanalah ia memulai karier sepakbolanya, yaitu di FC Nantes, berkat rekomendasi dari kakaknya, Seth Adonkor.

Di Nantes, ia bermain bersama dengan Didier Deschamps muda, yang menjadi teman baiknya selama menjalani program di akademi Nantes. Pada 1986, Desailly mendapatkan kontrak profesionalnya, bersamaan dengan meninggalnya sang kakak, Adonkor, karena kecelakaan mobil. Sampai pada 1992, total ia mencatatkan 162 penampilan bersama Nantes, sebelum akhirnya pindah ke Olympique Marseille.

Mulai 1992, ia membela tim Marseille dan bertemu dengan rekan semasa mudanya, Didier Deschamps. Duet mereka cukup tangguh di lini belakang dan berhasil menghadirkan gelar Liga Champions Eropa bagi Marseille pada 1993. Pada 1994, ia memutuskan pindah ke AC Milan, dan kembali meraih sukses di sana.

Membela Rossoneri sejak 1993 sampai 1998, total ia mencatatkan 137 penampilan dan menyumbangkan berbagai trofi penting seperti Serie A, Liga Champions Eropa, Piala Super Italia, dan Piala Super Eropa. Usai membela AC Milan, ia hijrah ke tim Liga Primer Inggris, Chelsea.

Bersama Chelsea, ia tetap mampu memberikan kontribusi positif, dengan mengantarkan The Blues meraih Piala Super Eropa, Piala FA, dan FA Charity Shield. Total ia mencatatkan 158 penampilan bersama The Blues. Chelsea adalah klub terakhirnya di Eropa sebelum ia hijrah ke Asia membela Al-Gharafa dan menutup kariernya di Qatar SC.

Selain di level klub, ia juga berhasil menorehkan berbagai prestasi positif bersama timnas Prancis. Mencatatkan debut bersama timnas pada 1993, pemain yang memilih kewarganegaraan Prancis ini baru menjadi pemain utama pada 1996. Berduet kembali dengan rekan semasa mudanya, Didier Deschamps, ia berhasil mengantarkan Prancis juara dunia pada 1998.

Setelah mengantarka Les Bleus juara dunia, ia juga berhasil mengantarkan Prancis menjadi juara Piala Eropa 2000, serta juara Piala Konfederasi pada 2001 dan 2003. Desailly mencatatkan penampilan yang cukup banyak bagi timnas, yaitu 116 kali.

Selamat ulang tahun, Marcel Desailly!

foto: Wikipedia

Komentar