Capai Semifinal Tidak Spesial, Kecuali Bisa Akhiri Puasa Gelar

Nasional

by Arienal A Prasetyo

Arienal A Prasetyo

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Capai Semifinal Tidak Spesial, Kecuali Bisa Akhiri Puasa Gelar

Kemenangan 3-0 atas Timor Leste pada Minggu (7/4/2023), memastikan langkah Indonesia ke babak semifinal SEA Games 2023. Di babak semifinal nanti, Indonesia akan bertemu Thailand atau Vietnam.

Langkah Indonesia cukup mulus dalam mengarungi babak grup. Diawali dengan mengalahkan Filipina 3-0, mencukur Myanmar 5-0, hingga menggilas Timor Leste. Lawan-lawan Indonesia bisa dibilang cukup mudah sehingga lolos ke semifinal saat babak grup menyisakan satu laga bukanlah pencapaian yang spesial.

Di SEA Games 2023 ini, Indonesia kerap tampil dengan formasi 4-3-3 di mana Indra Sjafri kerap melakukan rotasi pemain. Di posisi penjaga gawang, Ernando Ari dan Adi Satryo sudah pernah diturunkan menjadi starter. Ernando di laga melawan Filipina dan Myanmar, sementara Adi di laga melawan Timor Leste.

Posisi bek pun kerap dirotasi oleh Indra. Rizky Ridho yang menyandang ban kapten selalu menjadi pilihan. Pemain Persija Jakarta itu ditemani oleh Alfeandra Dewangga atau Komang Teguh. Di posisi bek sayap kiri, Pratama Arhan selalu menjadi pilihan utama, sedangkan Rio Fahmi atau Bagas Kaffa bergantian mengisi pos bek sayap kanan.

Di posisi gelandang, Marselino menjadi pilihan pertama. Ananda Raehan, Dewangga, atau M Taufany menjadi tandem. Sementara Beckham Putra dan Jeam Kelly Sroyer biasanya menjadi pengganti di babak kedua.

Di pos penyerang, Ramadhan Sananta menjadi ujung tombak yang diapit oleh Fajar Fathur Rahman dan Witan Sulaeman. Irfan Jauhari kerap menjadi pengganti di babak kedua. Sananta sejauh ini cukup efektif menjadi ujung tombak dengan mencetak tiga gol di mana satu di antaranya berasal dari titik putih.

Menariknya, Fajar yang posisi naturalnya adalah bek sayap kanan, justru muncul menjadi top skor Garuda Muda sekaligus top skor di SEA Games. Oleh Indra Sjafri, pemain Borneo FC itu diposisikan sebagai gelandang sayap yang membuatnya leluasa bergerak di lini depan dan masuk ke kotak penalti lawan. Fajar mempunyai tendangan jarak jauh yang cukup akurat. Dua gol yang ia ciptakan berasal dari luar kotak penalti. Selain itu, Fajar pun mengoleksi satu asis.

Sejauh ini Indonesia menjadi tim yang paling produktif di babak grup dengan mencetak sebelas gol dan tanpa kebobolan. Gol-gol Indonesia dicetak oleh Irfan Jauhari (1 gol), Titan Agung (1 gol), Marselino Ferdinan (2 gol), Ramadhan Sananta (3 gol), dan Fajar Fathur Rachman (4 gol).

Jika melihat asis, Ananda Raehan sejauh ini sudah mengoleksi tiga asis dan disusul Rio Fahmi dengan dua asis.

Harus Siap Lawan Thailand dan Vietnam

Indonesia telah memastikan diri lolos ke semifinal setelah merengkuh sembilan poin di tiga pertandingan awal. Jika Indonesia bermain seri atau menang melawan Kamboja, pada Rabu (10/4), maka dipastikan Garuda Muda akan keluar sebagai juara grup A.

Di grup B, Singapura, Malaysia, dan Laos dipastikan tersingkir dari persaingan memperebutkan tiket semifinal. Malaysia tersingkir setelah takluk 1-2 atas Vietnam pada Senin (8/4/2023).

Thailand dan Vietnam sudah dipastikan lolos ke semifinal. Kedua tim pun sama-sama mengoleksi sembilan poin dan pertandingan keduanya pada Kamis (11/4/2023), akan memperebutkan juara grup. Thailand sementara berada di posisi puncak berkat agresivitas gol.

Thailand menyertakan dua pemain yang saat ini berlaga di Eropa, yakni Chayapipat Supunpasuch yang bermain di klub Serie D Portugal, Praiense, serta Achitpol Keereerom yang bermain bersama Augsburg II di Regionalliga, Jerman.

Selain itu, Thailand pun masih menyertakan beberapa pemain yang berlaga pada SEA Games 2022 lalu seperti Irfan Doloh yang berposisi sebagai gelandang sekaligus kapten dan Jonathan Khemdee yang menjadi andalan di lini pertahanan.

Rizky Ridho dkk harus mewaspadai kombinasi umpan satu dua di area tengah yang sangat fasih diperagakan oleh anak asuh Issara Sritaro. Nomor punggung 14, Purachet Thodsanit harus mendapat perhatian lebih karena pemain Muangthong United tersebut mempunyai skill yang cukup baik untuk melewati hadangan lawan. Selain itu, ia cenderung bergerak bebas untuk menciptakan unggul jumlah.

Sedangkan Vietnam, di bawah asuhan Philippe Troussier, mempunyai serangan balik yang cukup efektif. Sejauh ini, Vietnam berhasil mencetak dua gol melalui serangan balik saat melawan Laos dan Singapura.

Semua pemain Vietnam yang berlaga di SEA Games bermain di V League 1. Vietnam sedang berada di masa transisi setelah ditinggal pelatih tersukses mereka, Park Hang-seo.

Di lini depan, Troussier mengandalkan Nguyen Van Tung sebagai pencetak gol. Pemain asal Hanoi tersebut sejauh ini sudah mencetak empat gol. Dua gol The Golden Star ke gawang Malaysia bahkan dicetak oleh Van Tung.

Siapa yang mendampingi Indonesia ke babak semifinal dari grup A akan ditentukan pada Rabu (10/4/2023). Kamboja harus menang atas Indonesia jika ingin lolos ke babak semifinal, pun dengan syarat Myanmar takluk atas Filipina.

***

Baik di level junior maupun senior, Thailand dan Vietnam selalu menyulitkan Indonesia. Begitu pula di SEA Games 2023 ini. Thailand dan Vietnam akan menjadi ujian yang sesungguhnya untuk menguji seberapa tangguh anak asuh Indra Sjafri.

Sejak 2011, Indonesia selalu lolos ke babak semifinal SEA Games. Oleh karena itu, lolos ke semifinal bukan capaian spesial, kecuali bisa lolos ke final dan meraih medali emas yang terakhir kali didapat pada 1991.

Komentar