Yang Menarik dan Unik dari Community Shield

Infografis

by Zakky BM

Zakky BM

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Yang Menarik dan Unik dari Community Shield

Sebagai partai pemanasan jelang bergulirnya Liga Primer Inggris, seharusnya ajang Community Shield bisa menjadi tolok ukur persiapan kedua kesebelasan yang akan bertanding. Ya, dua kesebelasan asal kota London yaitu Chelsea dan Arsenal akan saling sikut dalam pertandingan yang bertajuk Community Shield ini.

Secara statistik, Chelsea dan Arsenal memang bukanlah pemegang rekor terbanyak trofi ini. Malah Manchester United-lah yang merengkuh trofi ini sebanyak 20 kali.

Selain menyoal tentang rekor dan statistik, perebutan trofi Community Shield ini menyimpan beberapa cerita unik, salah satunya adalah tentang dua kesebelasan yang kerap kali berseteru yaitu Arsenal dan Tottentham Hotspurs.

Tulisan kami jelang Community Shield malam ini: "Kutukan Community Shield dan Senyum Manchester United"

Meski kedua kesebelasan ini pendukungnya saling ejek dan saling membennci, toh pada 10 Agustus 1991 lalu mereka harus berbesar hati melihat para pemain idola mereka mengangkat trofi Charity Shield (saat itu, Community Shield masih bernama Charity Shield) secara bersamaan. Skor 0-0 yang menghiasi papan skor stadion Wembley itu menjadi penanda juara bersama a la Charity Shield tahun 1991.

Setelah tahun 1991 itu, tak ada lagi juara bersama di Community Shield. Buktinya, dua tahun kemudian Manchester United bermain imbang dengan Arsenal dengan skor 1-1. Setelah itu pertandingan dilanjutkan menuju adu penalti untuk menentukan sang pemenang.

Kemudian, apalagi bagian yang menarik dari Community Shield ini? Simak paparannya dalam infografis di bawah ini:

communityshield copy

Komentar