Dua Penguasa Copa del Rey Sepanjang Masa

Infografis

by Zakky BM

Zakky BM

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Dua Penguasa Copa del Rey Sepanjang Masa

Dua kesebelasan yang banyak digadang-gadang sebagai representasi suku bangsa akan saling berhadapan di partai akbar yang bertajuk final Copa del Rey 2015. Suku Basque yang diwakili oleh Athletic Bilbao akan bersua FC Barcelona yang mereprestasikan suku Katalan. Terakhir kali mereka saling bentrok di final yang sama adalah ketika tahun 2012 lalu saat Barca menggebuk Athletic Bilbao dengan skor 3-0 lewat dua gol Pedro Rodriguez dan satu gol Lionel Messi.

Tiga tahun berlalu, tentu Athletic Bilbao tak mau mengulangi kesalahan yang sama jika bersua Barca di final Copa del Rey. Mereka terakhir kali menekuk Barca di final tahun 1984 yang artinya sudah hampir  31 tahun lalu. Setelah itu nyaris Athletic Bilbao tak pernah menang di final jika harus berhadapan Barca. Tahun 2009 mereka dihajar 4-1 dan 2012 lalu ditekuk dengan skor 3-0.

Namun, ambisi Athletic Bilbao ini akan sedikit mengalami hambatan karena final dilaksanakan di Camp Nou yang juga markas dari Barca. Atau, bahasa mudahnya, Barcelona lebih diuntungkan dengan venue final kali ini karena tak perlu jauh-jauh bepergian dari markas mereka sendiri. Uniknya, Athletic Bilbao akan menggunakan ruang ganti tuan rumah yang biasa dipakai oleh Lionel Messi cs dan pihak Blaugrana harus menyingkir ke tempat ruang ganti tim tamu yang sedikit lebih kecil.

Sebagai peraih gelar terbanyak di ajang ini, kedua kesebelasan pasti akan bermain ngotot untuk menyabet gelar Copa del Rey. Athletic Bilbao melihat partai final ini sebagi kesempatan mereka menutup musim dengan raihan gelar semata wayangnya, sedangkan Barca akan menatap final sebagai gelar tambahan menuju ambisi treble winners mereka.

Partai final ini tentu akan terlalu sayang untuk dilewati dini hari nanti. Supaya lebih jelas, kami mencoba mengilustrasikan partai final kali ini dalam sajian infografis singkat di bawah ini:

Final copa 2015 copy

Komentar