Xavi Hernandez si Dewa Umpan

Infografis

by Zakky BM

Zakky BM

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Xavi Hernandez si Dewa Umpan

Tak banyak waktu yang tersisa bagi Xavi Hernandez untuk menikmati perannya sebagai pemain dan kapten kesebelasan Barcelona, kesebelasan yang ia idolai sejak kecil sebelum ia nanti hijrah ke Qatar. Dua dekade lebih ia membela kesebelasan yang ia cintai tentu meninggalkan banyak kenangan baik yang manis maupun kenangan buruk sekalipun.

Tiga pertandingan sisa dengan dua pertandingan final ada tepat di penghujung karir Xavi untuk Blaugrana. Perannya yang kini kerap kali dimulai dari bangku cadangan, akan menjadi penting ketika Barca butuh ritme untuk mengontrol sisa pertandingan. Reduksi peran yang menjadi kebijakan Luis Enrique akhirnya berbuah manis dengan hadirnya gelar liga Spanyol musim ini.

Kelegendaan Xavi Hernandez tak perlu diragukan lagi, 764 pertandingan resmi yang telah dilaluinya, bahkan berpotensi berakhir diangka 767 jika ia bermain di sisa tiga pertandingan musim ini dengan raihan 23 titel gelar di Barcelona dan berpotensi menjadi 25 gelar. Angka tersebut juga menjadi rekor tertinggi sepanjang masa bagi Barcelona.

Untuk mengenang perjalanan karir seorang Xavi Hernandez sejak 1991, kami mencoba menjabarkannya dalam sajian infografis singkat di bawah ini:

xavi timeline copy

Komentar