FPL: Beberapa Pemain Absen karena Piala Afrika 2017

Fantasy Premier League

by lvan Hadyan

lvan Hadyan

Menyukai otak-atik susunan formasi sepakbola dan mengkhayalkan pergerakan keseluruhan pemain di dalamnya. Penggiat Fantasy Premier League dan statistik.

FPL: Beberapa Pemain Absen karena Piala Afrika 2017

Setiap dua tahun sekali, saat mendekati bulan Januari, beberapa kesebelasan Liga Inggris dan juga para manajer FPL akan dicecar perasaan gelisah. Piala Afrika adalah alasannya, karena kompetisi ini selalu bertabrakan dengan beberapa minggu dalam jadwal pertandingan di Liga Inggris.

Pada tahun 2017, Piala Afrika akan diselenggarakan di Gabon, atau berjarak ±5.917 Km jika dihitung dari London. Secara keseluruhan, kompetisi dimulai dari tanggal 14 Januari 2017 sampai 6 Februari 2017 jika dilihat dari Waktu Indonesia Barat (WIB).

Lalu, bagaimana dampaknya kepada FPL dalam waktu-waktu tersebut? Pemain-pemain Afrika yang dinyatakan masuk skuat harus rela meninggalkan kesebelasannya. Dari sisi kesebelasan yang ditinggalkan tersebut, mereka harus membuat formasi alternatif untuk mengisi kekosongan pemain yang dipanggil.

Jadwal Piala Afrika 2017

Selama penyelenggaraan Piala Afrika 2017, ditemukan setidaknya ada lima tenggat waktu FPL yang akan berbenturan, dimulai dari GW20 sampai GW24.

Untuk GW20, tampaknya belum semua pemain akan meninggalkan kesebelasannya, karena diketahui beberapa kesebelasan akan mencoba untuk mengajukan permohonan agar pemainnya bisa bermain di GW20 terlebih dahulu sebelum meninggalkan kesebelasan.

Paling tidak, semua pemain yang dipanggil ke Piala Afrika 2017 akan bertahan di Gabon sampai tanggal 26 Januari 2017, saat fase grup dilangsungkan, atau setidaknya harus absen sampai GW22.

Pada tanggal 28 Januari 2017 sampai 6 Februari 2017, Piala Afrika 2017 akan melaksanakan fase gugur. Untuk pemain timnas yang lolos ke fase gugur, setidaknya harus melewatkan GW23. Jika sampai semi-final atau final, hampir pasti akan melewatkan GW24.

Maka, nama-nama yang tergabung dalam timnas unggulan juara Piala Afrika 2017, seperti Pantai Gading, Senegal, atau Ghana, kemungkinan akan absen lebih lama, setidaknya sampai bulan Februari.

Pemain-Pemain yang Diikutkan ke Piala Afrika 2017

*CATATAN PEMBARUAN: Saat artikel ini dibuat, belum semua timnas meresmikan pemanggilannya dan ada juga yang akhirnya harus menyingkir karena cedera. Tercatat ada tiga pemain yang dikategorikan "dipanggil" pada tabel di bawah ini, namun akhirnya tidak ikut Piala Afrika 2017, mereka adalah Benik Afobe (Rep. Demokratik Kongo), Sofiane Boufal (Maroko), dan Nordin Amrabat (Maroko).

Sampai artikel ini dibuat, tercatat ada 22 pemain yang hampir pasti meninggalkan kesebelasannya untuk ikut Piala Afrika 2017. Menurut jadwal, setiap negara diharuskan untuk mengumumkan daftar pemain yang harus dibawa pada tanggal 31 Desember 2016. Tapi ternyata, belum semua timnas memberikan daftar nama resmi. Hampir semua timnas baru mengumumkan daftar nama sementara (provisional), bahkan, Ghana belum membuat pengumuman sama sekali, dan menyatakan baru akan mengumumkan pada tanggal 2 Januari 2017.

Di antara 22 pemain yang sudah kami dapatkan, terdapat beberapa pemain dengan angka kepemilikan yang tinggi, seperti Sadio Mane (£9.4) atau Wilfried Zaha (£5.8). Hampir dapat dipastikan, penjualan besar-besaran dari pemain-pemain ini akan terjadi saat Piala Afrika sudah dimulai. Jika para manajer tidak ingin mengalami kerugian bujet sebagai dampak dari penurunan harga, sebaiknya sudah mulai memikirkan rencana untuk menjual mereka.

Sebagai dampak dari belum diumumkannya skuat Ghana, pada tabel di bawah terdapat lima pemain yang dikategorikan masuk daftar tunggu, beberapa di antaranya adalah Andre Ayew (£7.1) dan Jeffrey Schlupp (£4.8). Josh Onomah (£4.3) dan Joel Asoro (£4.4) juga dimasukkan ke dalam daftar ini, meski kemungkinannya cukup kecil, karena meski masing-masing pernah membela timnas Inggris U-21 dan Swedia U-21, mereka belum pernah membela timnas senior, dan bisa membela timnas Ghana jika mau.

Halaman berikutnya, daftar lengkap status pemain asal Afrika di Piala Afrika 2017

Komentar