FPL: Beberapa Pemain Absen karena Piala Afrika 2017

Fantasy Premier League

by lvan Hadyan

lvan Hadyan

Menyukai otak-atik susunan formasi sepakbola dan mengkhayalkan pergerakan keseluruhan pemain di dalamnya. Penggiat Fantasy Premier League dan statistik.

FPL: Beberapa Pemain Absen karena Piala Afrika 2017

Ada juga dua nama dari Kamerun, Joel Matip (£5.4) dan Allan-Romeo Nyom (£4.4) yang juga dimasukkan ke dalam kategori tunggu. Sebenarnya, Matip dan Nyom sudah mengumumkan bahwa mereka tidak ingin berpartisipasi di Piala Afrika 2017, namun kedua pemain ini sudah masuk 35 pemain sementara yang didaftarkan Kamerun. Tetapi, Matip dan Nyom terancam diberi hukuman dari FIFA karena pelatih Kamerun, Hugo Broos, tidak menyetujui keputusan mereka. Patut dinanti perkembangan dari kedua pemain ini, apakah jadinya (terpaksa) berangkat atau tidak.

Berikut adalah daftar lengkap pemain Liga Inggris yang hampir pasti bermain di Piala Afrika 2017 (ditandai hijau) dan yang masih mungkin dipanggil (ditandai kuning dan biru) ke Piala Afrika 2017. Pemain yang sudah pasti absen tidak dimasukkan ke daftar ini.

Yannick Bolasie (£5.7), Pape Souare (£4.2), dan Diafra Sakho (£5.8) tidak termasuk dalam daftar karena karena mengalami cedera panjang. Pemain berpengaruh lainnya, Yaya Toure (£7.3), tidak akan pergi ke Piala Afrika 2017 karena sudah memutuskan pensiun dari timnas Pantai Gading.

Perlu diketahui bahwa salah satu unggulan di Afrika, yaitu Nigeria, tidak berpartisipasi pada Piala Afrika 2017 karena tersingkir di babak kualifikasi. Dengan demikian, pemain-pemain seperti Victor Moses (£5.8), Alex Iwobi (£5.8), atau Victor Anichebe (£4.7) tidak akan pergi meninggalkan skuat kesebelasannya.

Kesebelasan-Kesebelasan yang Ditinggalkan

Dengan berasumsi Daniel Amartey (£4.5) dan Schlupp dipanggil timnas Ghana, Leicester akan menjadi kesebelasan yang paling banyak melepas pemain ke Piala Afrika 2017, dengan jumlah 4 pemain. Riyad Mahrez (£9.4) dan Islam Slimani (£8.3) merupakan andalan Leicester saat ini, sehingga Claudio Ranieri harus memutar otak dengan keras untuk menyiapkan rencana cadangan tanpa pemain-pemain tersebut.

Sunderland juga akan kehilangan 3 pemain (tanpa menghitung Asoro) dan cukup sial karena ketiga pemain tersebut cukup sering bermain sebagai pemain inti. Hanya Wahbi Khazri (£6.0) yang belakangan ini jarang dimainkan, tetapi kehilangan bisa tetap terasa karena kemampuan olah bola dan eksekusi bola matinya masih merupakan salah satu yang terbaik di Sunderland.

Stoke juga menjadi kesebelasan yang akan kehilangan 3 pemain. Tetapi, kepergian Wilfried Bony (£7.0) dan Ramadan Sobhi (£4.9) mungkin tidak akan terlalu terasa jika melihat kondisi Stoke saat ini, karena mereka berdua saat ini jarang dimainkan Mark Hughes.

Kesebelasan seperti Hull, Watford, Liverpool, Crystal Palace, Everton, dan West Ham adalah beberapa kesebelasan yang juga akan merasakan kehilangan pemain-pemain pentingnya.

Hull yang tengah berjuang kembali menemukan penampilan terbaiknya, harus kehilangan Ahmed Elmohamady (£4.7) yang hanya absen sekali sepanjang musim ini. Begitu pula dengan Dieumerci Mbokani (£5.5) yang merupakan satu dari sedikit penyerang senior yang saat ini dimiliki Hull.

Nordin Amrabat (£5.0) dan Adlene Guedioura (£4.3) juga merupakan pemain penting dalam skema Watford di bawah Walter Mazzarri, terutama nama pertama yang cukup sering mengisi sayap kanan.

Crystal Palace harus rela kehilangan pendulang poin FPL terbanyak mereka saat ini, yaitu Zaha. Selain itu ada nama Bakary Sako (£5.3) yang juga dapat bermain di posisi serupa. Tetapi Crystal Palace masih memiliki cukup pemain untuk mengisi posisi mereka. Soal bagaimana kualitas penggantinya, itu cerita lain lagi.

West Ham akan dilanda hantaman cukup keras jika Ayew dipanggil timnas Ghana, karena mereka pun dapat dipastikan harus bermain tanpa Cheikhou Kouyate (£5.1) yang cukup diandalkan Slaven Bilic untuk menjaga pertahanan mereka.

Dua kesebelasan Merseyside, Liverpool dan Everton, kemungkinan besar hanya akan kehilangan satu pemain (jika Matip bertahan). Tetapi pemain-pemain yang meninggalkan mereka juga tidak tergantikan sepanjang musim ini.

Sejauh ini, Mane sudah mencetak 8 gol dan hanya pernah absen sekali saat melawan Burnley di GW2. Tapi, pada pertandingan tersebut Liverpool harus kalah 0-2.

Kehilangan Idrissa Gueye (£5.0) akan memusingkan kepala Ronald Koeman karena dia merupakan pemain terbaik Everton saat ini. Sekalinya kehilangan Gueye di GW11, Koeman mengaku kebingungan menyusun formasi terbaik dan langsung dihantam Chelsea 0-5. Mungkin yang bisa menyelamatkan Koeman dan Everton adalah bursa transfer Januari.

Bournemouth menjadi kesebelasan lain yang harus kehilangan 2 pemain ke Piala Afrika 2017, tetapi mereka diuntungkan dengan kedalaman skuat yang bagus. Bahkan, Max Gradel (£5.0) sudah cukup lama tidak dimainkan Eddie Howe pada musim ini.

Sedangkan kesebelasan-kesebelasan yang tidak terganggu oleh penyelenggaraan Piala Afrika 2017 adalah Burnley, Chelsea, Man City, Middlesbrough, Tottenham (jika Onomah tidak dipanggil), West Brom (jika Nyom diperbolehkan tidak ikut) dan Swansea, karena tidak memiliki perwakilan untuk ikut serta dalam kejuaraan tersebut.

**

Dari sisi pemilihan pemain FPL, para manajer bisa memperhitungkan kekuatan kesebelasan yang selama ini bergantung pada pemain-pemain asal Afrika. Contohnya adalah Leicester, yang kemungkinan besar akan melemah selama Piala Afrika 2017 berlangsung.

Dalam waktu tersebut, Leicester akan menghadapi Middlesbrough (T), Chelsea (K), Southampton (T), Burnley (T), dan Man United (K). Para manajer bisa mencoba untuk memilih pemain-pemain dari kesebelasan di atas ini untuk memaksimalkan potensi poin yang diraih.

Tapi, perlu diingat juga, adanya bursa transfer Januari bisa menjadi faktor lain yang membuat beberapa kesebelasan dengan segera menutup lubang yang ditinggalkan pemain andalan mereka dengan baik. Dari sini, kekuatan beberapa kesebelasan mungkin akan kembali mengalami pergeseran.

*Harga pemain akurat per 1 Januari 2017.

Feature Image: TalkSport [diolah]

Komentar