Menyambut Piala Dunia dengan FIFA Fantasy World Cup 2018

Football Culture

by Rio Pangestu 38294

Rio Pangestu

Pembaca yang menulis.

Menyambut Piala Dunia dengan FIFA Fantasy World Cup 2018

Menyambut Piala Dunia 2018 yang hanya tinggal beberapa hari lagi, FIFA bekerja sama dengan McDonald’s meluncurkan permainan Fantasy World Cup. FIFA juga pernah merilis permainan serupa pada Piala Dunia 2014. Untuk mendaftar ke Fantasy World Cup, klik tautan berikut ini.

Dalam situs resminya, FIFA menuliskan bahwa Fantasy World Cup adalah permainan yang memungkinkan para pesertanya untuk meniru para pelatih hebat seperti Didier Deschamps (Timnas Perancis), Joachim Loew (Jerman), hingga Tite (Brasil) yang akan berkompetisi di Rusia setelah Idulfitri nanti.

Hadiah yang disediakan FIFA untuk para pemenang permainan ini pun sangat menarik. FIFA menyediakan satu unit mobil, ban kapten bertandatangan dari kesebelasan yang menjuarai Piala Dunia 2018, hingga salinan gim EA SPORTS FIFA 18.

Jika kalian tertarik untuk mengikuti permainan ini, maka berbagai ketentuan perlu kalian perhatikan terlebih dahulu sebelum memulainya. Berikut di antaranya.

Bujet

Kalian akan diberikan bujet sebesar 100 juta euro. Bujet ini akan bertambah menjadi 105 juta euro saat kalian berhasil lolos ke fase gugur.

Jumlah Pemain per Tim

Tim dibentuk dengan cara memilih 15 pemain yang akan mengisi berbagai posisi. Di antaranya adalah, 2 pemain untuk posisi penjaga gawang, 5 untuk pemain belakang, 5 untuk gelandang, dan 3 penyerang. Kapten tim akan dipilih secara acak terlebih dahulu, namun nantinya kalian bisa menentukan kapten tim sendiri sesuai dengan keinginan masing-masing.

Penilaian Harga Pemain

Dalam hal penilaian harga pemain, awalnya akan ditentukan berdasarkan data yang tersedia sebelum turnamen dimulai. Harga asli ini akan tetap bertahan hingga putaran ketiga babak penyisihan grup. Harga para pemain baru akan berubah setelah menyelesaikan fase penyisihan grup. Penilaian harga terhadap masing-masing pemain ditentukan berdasarkan performa di setiap pertandingan.

Kuota Pemain

Kalian hanya bisa memilih maksimal tiga pemain dari satu tim selama babak penyisihan grup. Kuota akan bertambah menjadi empat pemain di babak 16 besar. Bertambah lagi menjadi lima pemain di perempat final, enam di semifinal, dan delapan pemain di final.

Memilih Sebelas Pemain Utama

Dari 15 pemain yang ada, kalian harus menentukan 11 pemain dan menggunakan salah satu formasi yang tersedia sebelum batas waktu yang ditentukan. Ada 8 bentuk formasi yang tersedia, yakni: 5-3-2, 5-2-3, 5-4-1, 4-4-2, 4-3-3, 4-5-1, 3-5-2, dan 3-4-3. Jika ada salah satu pemain yang tidak bisa bermain, maka secara otomatis pemain tersebut akan digantikan oleh pemain yang ada di bangku pemain pengganti.

Pergantian Pemain dalam Satu Putaran

Setelah seluruh laga dalam satu hari berakhir, kalian bisa melakukan perubahan-perubahan di dalam tim sebelum memasuki putaran selanjutnya, seperti:

  1. Mengganti seorang pemain (kecuali sedang terkena hukuman kartu merah) dengan pemain lain di bangku pemain pengganti yang belum pernah diturunkan sebelumnya.
  2. Mengganti kapten tim (kecuali sedang terkena hukuman kartu merah) dengan salah satu pemain lain dalam skuat.
  3. Pemain yang diganti tidak akan mendapat poin. Juga ketika kalian memilih kapten tim baru. Bonus dari kapten lama juga akan hilang. Baik pergantian pemain maupun kapten, tidak bisa dibatalkan ketika sudah dikonfirmasi.
  4. Kalian bisa melakukan pergantian pemain dengan jumlah tidak terbatas hingga pertandingan terakhir dalam satu putaran. Setelah semua pertandingan dalam satu putaran selesai, ketentuan tersebut tidak lagi berlaku.
  5. Jika kalian melakukan pergantian pemain atau perubahan kapten, maka tidak akan ada pergantian otomatis di tim kalian selama putaran tersebut berlangsung.

Pergantian Otomatis

  1. Jika tidak ada pergantian pemain atau perubahan kapten yang dilakukan, maka pergantian otomatis akan terjadi di akhir putaran setelah seluruh laga selesai dimainkan.
  2. Jika penjaga gawang kalian tidak bermain sepanjang satu putaran, maka penjaga gawang pengganti akan masuk, dengan syarat penjaga gawang pengganti tersebut sebelumnya pernah turun bermain di putaran tersebut.
  3. Jika ada salah satu pemain yang tidak bermain selama putaran berlangsung, maka pemain tersebut akan diganti oleh salah satu pemain pengganti yang kalian miliki. Pergantian ini dilakukan dengan memasukkan pemain yang paling kalian prioritaskan untuk bermain. Kalian dapat mengatur pemain mana yang paling kalian prioritaskan tersebut pada halaman “My Team”.

Transfer Pemain

Kalian bisa melakukan transfer secara tak terbatas dan gratis hingga batas tenggat putaran pertama, dan saat transisi dari fase grup ke 16 besar. Berikut rincian lengkapnya:

  1. Sebelum fase grup: tidak terbatas.
  2. Selama fase grup: 1 pemain per putaran.
  3. Antara fase grup dan 16 besar: tidak terbatas.
  4. Sebelum perempatfinal: 3
  5. Sebelum semifinal: 5
  6. Sebelum final: 5

Jumlah keseluruhan poin yang kalian miliki akan dikurangi 4 untuk setiap transfer yang yang dilakukan di luar transfer gratis yang tersedia untuk satu putaran. Poin kalian sendiri yang dihasilkan selama putaran dan fase gugur tidak akan ikut terpengaruh dengan adanya pengurangan ini. Semua transfer yang tidak terpakai akan hangus di putaran berikutnya.

Wildcard

Mengaktifkan wildcard akan memungkinkan kalian melakukan transfer tak terbatas untuk satu putaran. Wildcard hanya dapat digunakan sekali dalam turnamen. Untuk mengaktifkannya, kalian harus melakukan satu transfer tambahan dari alokasi transfer gratis yang tersedia.

Boost

Maximum Captain: Boost ini membuat pemain dengan skor tertinggi di pertandingan terakhir akan menjadi kapten. Kartu ini harus digunakan sebelum dimulainya setiap putaran dan hanya dapat digunakan sekali dalam turnamen.

Bench Boost: Ketika boost ini dimainkan, poin dari masing-masing 15 pemain akan dihitung dalam satu putaran. Kartu ini harus dimainkan sebelum dimulainya setiap putaran dan hanya dapat digunakan sekali dalam turnamen.

Tenggat Waktu

Tenggat waktu ini akan dimulai ketika sepak mula pertandingan pertama digelar, dan dapat berubah sewaktu-waktu. Berikut daftar tenggat waktu yang berlaku untuk sementara ini:

No.

Putaran

Tanggal

Bujet

Jumlah Maksimal Pemain per Negara

Jumlah Transfer

1.

Fase Grup Pertama

14 Juni 2018

100 juta

3

Tidak Terbatas

2.

Fase Grup Kedua

14-19 Juni 2018

100 juta

3

1

3.

Fase Grup Ketiga

19-25 Juni 2018

100 juta

3

1

4.

Babak 16 Besar

25-30 Juni 2018

105 juta

4

Tidak Terbatas

5.

Perempatfinal

30 Juni-6 Juli 2018

105 juta

5

3

6.

Semifinal

6-10 Juli 2018

105 juta

6

5

7.

Final*

10-14 Juli 2018

105 juta

8

5

*Babak final sudah termasuk jadwal pertandingan perebutan tempat ketiga dan pertandingan final Piala Dunia 2018.

Setelah semua pertandingan selesai dan pengumpulan poin sudah rampung (perolehan poin akan dirampungkan satu jam setelah pertandingan terakhir digelar), kalian dapat memilih salah satu babak untuk melihat perhitungan poin dalam babak tertentu. Hal ini dapat menunjukkan pemain mana saja, jika ada, yang telah menggantikan pemain utama kalian dari bangku pemain pengganti.

Kalian dapat memodifikasi skuat kalian sepanjang musim di bursa transfer, sesuai dengan batasan yang ditetapkan dalam tabel di atas untuk setiap babak. Kalian juga berhak mendapatkan satu wildcard yang memungkinkan kalian melakukan transfer tak terbatas dalam satu babak. Wildcard harus digunakan sebelum dimulainya babak tertentu, dan hanya dapat digunakan sekali dalam satu turnamen.

Semua pemain yang masuk ke dalam daftar susunan pemain akan dihargai berdasarkan data yang tersedia sebelum dimulainya Piala Dunia 2018. Harga pemain tersebut akan tetap sama selama babak penyisihan grup. Harga setiap pemain baru akan berubah setelah masuk ke fase gugur, dengan mempertimbangkan performa masing-masing pemain.

Peserta yang finis di peringkat pertama, kedua, dan ketiga akan mendapatkan hadiah yang disediakan FIFA. Seorang peserta hanya dapat menerima hadiah sekali. Apabila di babak selanjutnya ia kembali layak mendapatkan hadiah, maka hadiah tersebut akan diberikan kepada peserta terbaik lainnya.

Penilaian

Selama turnamen berlangsung, pemain pilihan kalian akan memperoleh poin berdasarkan performa mereka dalam pertandingan. Kriteria untuk penilaian tersebut meliputi:

Aksi

Poin

Main dalam pertandingan

1

Main minimal 60 menit dalam pertandingan (sudah termasuk poin di atas)

2

Gol dicetak oleh kiper atau pemain belakang

6

Gol dicetak oleh gelandang

5

Gol dicetak oleh penyerang

4

Untuk setiap asis

3

Kiper tak kebobolan atau nirbobol (harus bermain minimal bermain 60 menit)

4

Pemain belakang nirbobol (harus bermain minimal 60 menit)

4

Gelandang tak nirbobol (harus bermain minimal 60 menit)

1

Mendapatkan penalti

2

Kebobolan dari penalti

-1

Gagal eksekusi penalti

-2

Menggagalkan penalti

5

Untuk setiap dua kebobolan karena kesalahan kiper dan pemain belakang

-1

Kartu kuning

-1

Kartu merah (termasuk akumulasi)

-3

Setiap tiga penyelamatan yang dilakukan kiper

1

Gol bunuh diri

-2

Catatan: Asis akan dikreditkan kepada pemain berdasarkan informasi dari statistik resmi pertandingan yang dipublikasikan di situs resmi FIFA.

Tidak berlaku untuk penalti yang disebabkan karena handball.

Setiap aksi yang di masa perpanjangan waktu akan dihitung. Di masa adu penalti tidak.

Nirbobol: Poin dari aksi nirbobol akan diberikan saat tidak kebobolan sama sekali selama pertandingan, dan penjaga gawang tersebut harus bermain setidaknya selama 60 menit.

Kartu Merah

Jika seorang pemain menerima kartu merah, maka mereka pun akan menanggung hukuman atas setiap gol yang bersarang di gawang timnya. Jumlah pengurangan poin akibat kartu merah sudah termasuk dengan pemotongan poin dari kartu kuning.

Liga

Liga Umum

Setiap peserta otomatis akan mengikuti liga-liga berikut:

  1. Keseluruhan liga akan terdiri dari para peserta McDonald’s FIFA World Cup Fantasy yang terdaftar.
  2. Liga yang dibuat oleh sesama peserta di negara kalian masing-masing.
  3. Liga para peserta yang mendukung negara yang sama dengan kalian.

Liga Pribadi

  1. Peserta bisa untuk membuat liga pribadi dengan membuat kode tertentu sendiri untuk memungkinkan teman-teman mereka bergabung.
  2. Pemilik kompetisi punya wewenang untuk mengeluarkan salah satu peserta dari liga yang dibuatnya. Peserta yang dikeluarkan hanya bisa kembali bergabung liga jika pemilik kompetisi mengizinkannya.
  3. Jumlah peserta yang dapat mengikuti kompetisi dalam kategori ini tidak dibatasi karena tidak akan ada papan klasemen langsung.
  4. Peserta bisa membuat kompetisi yang terdiri dari 20 tim. Walau sebenarnya banyaknya peserta tidak dibatasi.

Papan Peringkat

  1. Tidak akan ada papan peringkat langsung (live standing) untuk liga umum maupun liga pribadi.
  2. Poin dan peringkat peserta dalam liga akan diperbarui setelah perhitungan poin dari pertandingan terakhir pada hari tertentu.

Macam-macam Prestasi (Achievement)

Seluruh pemain dalam skuat berkesempatan untuk meraih prestasi; tidak hanya bagi mereka yang masuk starting eleven.

Ready for Football

Pencapaian ini akan terbuka ketika peserta berhasil meraih target mereka.

On Target

Pencapaian ini akan terbuka saat kali pertama pemain kalian mencetak gol.

Safe Hands

Pencapaian ini akan terbuka ketika penjaga gawang kalian setidaknya melakukan enam kali penyelamatan dalam satu putaran.

Clean Sheet Sensation

Pencapaian ini akan terbuka saat kali pertama penjaga gawang atau pemain belakang berhasil menjaga gawang tak kebobolan.

You Have Heat

Pencapaian ini akan terbuka saat pencetak gol terbanyak dalam satu putaran bermain di tim kalian untuk kali pertama.

Wildcard Played

Pencapaian ini akan terbuka saat kali pertama kalian menggunakan Wildcard.

Double Boost

Pencapaian ini akan terbuka saat kalian untuk pertama kalinya menggunakan kedua boost yang kalian miliki.

100 Club

Pencapaian ini akan terbuka jika tim kalian memperoleh lebih dari 100 poin dalam satu putaran.

Show Stopper

Pencapaian ini akan terbuka saat penjaga gawang kalian berhasil menggagalkan penalti.

Fairplay Ambassador

Pencapaian ini akan terbuka saat tak ada satu pun pemain di tim kalian yang menerima kartu dalam satu putaran.

Trending Team

Pencapaian ini akan terbuka ketika peserta membagikan poin yang dimiliki timnya melalui berbagai jejaring sosial.

League Creator

Pencapaian ini akan terbuka saat peserta membuat sebuah liga pribadi.


Mari bergabung di Liga PanditFootball.com dengan memasukkan kode NBAOD9R1.

Komentar