On This Day 1990, Perginya Lev Yashin

Backpass

by redaksi

On This Day 1990, Perginya Lev Yashin

"The joy of seeing Yuri Gagarin flying in space is only superseded by the joy of a good penalty save." - Lev Yashin

Kutipan di atas adalah kalimat kiper paling ahli dalam sejarah menahan penalti, Lev Yashin. Kiper Uni Soviet (Rusia) ini meninggal dunia pada 20 Maret 1990 karena serangan kanker.

[video id="3Vz5d2BY_-Q" site="youtube"][/video]

Yashin memang paling jago untuk urusan penalti. Dari total 812 pertandingan resmi yang ia jalani selama karirnya, ia mampu menggagalkan 151 penalti.

Kiper berjuluk "the Black Spider" (karena lompatannya dalam menahan penalti serta kegemarannya menggunakan jersey warna hitam) ini mengantarkan Dynamo Moscow juara lima kali liga utama Uni Soviet. Di level tim nasional, meski tak pernah meraih juara Piala Dunia, Yashin membawa negaranya menjadi juara Piala Eropa pada 1960. Ia menjadi kiper pertama dan satu-satunya yang meraih Ballon d'Or pada 1963.

Cedera lutut parah membuatnya memutuskan gantung sarung tangan pada 1971. Cedera itu pula lah yang membuatnya terserang komplikasi dan satu kakinya terpaksa diamputasi pada 1986.

Di Piala Dunia 1994, FIFA mengabadikan namanya dalam Lev Yashin Award untuk penghargaan kiper terbaik. Yashin juga masuk dalam FIFA World Cup All-Time Team and the FIFA Dream Team.

Komentar