[Infografis] Betapa Mahalnya Biaya Pengamanan Piala Dunia di Brasil!

Cerita

by redaksi

[Infografis] Betapa Mahalnya Biaya Pengamanan Piala Dunia di Brasil!

Betapa mahalnya Piala Dunia 2014 yang digelar di Brasil. Selain didaulat sebagai Piala Dunia termahal sepanjang sejarah. Dalam soal keamanan, Piala Dunia kali ini pun didapuk sebagai Piala Dunia dengan memakai jasa pasukan keamanan terbanyak. Lebih dari 170.000 personel Polisi dan Militer dikerahkan untuk mengamankan Piala Dunia tahun ini. Aksi protes demonstran dan ancaman kerusuhan suporter menjadi penyebab dikerahkannya banyak petugas keamanan.

Diperkirakan lebih dari 100.000-120.000 ribu polisi akan dikerahkan untuk mengamankan Piala Dunia. Tak hanya itu, bantuan militer pun diikut sertakan. Tercatat lebih dari 57.000 pasukan militer telah disebar ke seluruh penjuru Brasil termasuk ke daerah-daerah perbatasan untuk mencegah masuknya pendatang gelap. Dengan banyaknya pasukan yang dikerahkan otomatis biaya pengamanan pun akan membengkak, tercatat lebih dari 9,9 triliun rupiah gelontoran dana telah disiapkan.

Angka ini tentu saja angka yang gila! bagaimana tidak, angka 9,9 trilliun ini sama saja dengan angka jumlah pembangunan lima stadion baru yaitu Arena Pantanal, Arena da Baixada, Arena Amazonia, Arena das Dunas dan Estadio Beira-Rio yang jika ditotal hanya menghabiskan 10 triliun - sebuah angka yang cukup mahal untuk merayakan pesta bola dunia!

wc-security-cost

(wam)

Komentar