Dortmund Beri Gio Reyna Lingkungan untuk Bermain Seperti Anak-anak

Cerita

by Hendi Abdurahman

Hendi Abdurahman

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Dortmund Beri Gio Reyna Lingkungan untuk Bermain Seperti Anak-anak

Pesepakbola profesional sepertinya telah dan harus menyadari beban dan target klub. Tidak jaran, beban dan target yang ditentukan lebih besar dari bayangan. Apalagi jika klub yang dibela merupakan klub megah penuh sejarah. Semakin rumit karena suporter juga memiliki tuntutan untuk selalu memperoleh hasil terbaik.

Maka, ketika mendapatkan klub yang sesuai keinginan serta realistis dalam mencapai target, hal ini bisa jadi suatu keberuntungan. Untuk itu, gelandang muda Borussia Dortmund asal Amerika Serikat, Giovanni Reyna, merasakan betul bagaimana kemampuannya bisa muncul secara optimal karena lingkungan klub yang mendukung.

“Saya pikir secara taktikal, saya masih harus belajar. Di sini [Dortmund] membuat Anda merasa seperti masa kecil, seperti di akademi atau di belakang rumah. Ada pemain 17 tahun, beberapa berusia 19 dan 20, sangat menyenangkan bermain dengan orang-orang seperti itu,” kata Reyna.

Ucapan Reyna menggambarkan sesuatu yang amat penting bagi para pemain muda. Banyaknya rekan seumuran, membikin chemistry dan kedekatan emosional akan sangat terasa. Alih-alih terbebani, para pemain muda ini bisa mengeluarkan kemampuan yang dimiliki tanpa rasa takut.

Nama-nama pemain muda yang berada di Dortmund seperti Youssoufa Moukoko, Jadon Sancho, Jude Bellingham, hingga Erling Haaland, membuat Reyna bak memiliki teman sepermainan. Mereka pun terlihat mulai bersinar secara bersamaan.

Highlight pertandingan Bundesliga: Hertha Berlin vs Borussia Dortmund

Kepercayaan Lucian Favre selaku kepala pelatih Dortmund yang berani mengandalkan para pemain muda juga mesti diacungi jempol. Di ajang Bundesliga musim ini, Reyna menjadi pemain muda yang tampil terbanyak, yakni 7 kali. Sementara itu, Bellingham, Sancho dan Haaland sama-sama mengoleksi 6 penampilan.

Kontribusi besar Reyna-Haaland-Sancho-Bellingham untuk Dortmund bisa terjadi karena mereka merasa memiliki kedekatan emosional. Sebagai contoh, pertandingan Dortmund melawan Moenchengladbach yang berakhir 3-0 bagi die Schwarzgelben, misalnya, terjadi berkat peran nama-nama di atas.

Gol pertama yang ditorehkan Dortmund tercipta atas nama Reyna hasil dari umpan Jude Bellingham, sedangkan gol kedua dan ketiga yang dijaringkan Erling Haaland hasil dari asis Reyna dan Jadon Sancho. Selain di lapangan, chemistry keempat pemain ini bisa terjalin karena produk dari kebersamaan di luar lapangan.

Bukti jika Dortmund menjadi salah satu klub ramah bagi para pemain muda terbukti dengan adanya kontrak baru untuk Giovanni Reyna. Ia kini bakal berada di Signal Iduna Park hingga 2025. “Ini adalah langkah besar untuk perkembangan saya. Sejauh ini berjalan dengan sempurna, dan saya percaya bahwa saya akan terus belajar banyak dan bersenang-senang dalam beberapa tahun,” kata Reyna seperti dikutip laman resmi klub.

“Klub ini memiliki semua yang diinginkan pemain muda. Itulah alasan saya berada di sini [Dortmund]. Dan saya senang berada di sini,” tambahnya.

Tak hanya Reyna yang merasa antusias dengan kontrak barunya. Direktur Olahraga Dortmund, Michael Zorc, juga merasa gembira dengan apa yang ditunjukkan Reyna di tim senior meski keberadaannya terhitung masih singkat.

“Gio telah berkembang dengan luar biasa dalam beberapa bulan terakhir. Dia pasti akan menjadi bagian penting dari masa depan Dortmund. Secara pribadi, saya sangat senang, dia memutuskan dengan penuh keyakinan untuk memperbarui kerja sama dengan kami dalam waktu yang panjang,” paparnya.

***

Melawan Hertha Berlin pada Spieltag 8 di Olympiastadion, kabar baik dari Dortmund ini bisa menjadi energi tambahan. Apalagi, rekor head to head menunjukkan jika Dortmund masih dominan atas Hertha dengan 3 kemenangan dan 2 seri dalam 5 pertemuan terakhir.

Selain menyoroti sosok Reyna, penampilan pemain muda yang masih berusia 16 tahun, Youssoufa Moukoko, juga layak dinantikan. Ia berpotensi tampil dalam laga debut bersama Dortmund di tim senior dalam laga nanti. Andai benar-benar terjadi, Moukoko akan melewati capaian Nuri Sahin yang menjadi pemain termuda Dortmund yang tampil di Bundesliga.

Seluruh pertandingan Bundesliga 2020/21, beserta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar