Newcastle vs Man United: Memori Drama Tujuh Gol di St. James Park

Cerita

by Ikhsan Abdul Hakim

Ikhsan Abdul Hakim

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Newcastle vs Man United: Memori Drama Tujuh Gol di St. James Park

Newcastle United menjamu Manchester United di Stadion St. James` Park pada 15 September 2001. Laga pekan keempat Liga Inggris 2001/02 tersebut menghadirkan drama tujuh gol yang menggetarkan dan menjadi salah satu pertemuan Newcastle vs MU paling diingat sepanjang sejarah.

Skuad besutan Sir Alex Ferguson menyandang status juara bertahan saat melawat ke Tyneside. Waktu itu, Sir Alex telah memenangi tujuh titel Liga Inggris bersama Setan Merah. United diperkuat bintang era 2000-an awal macam Ruud van Nistelrooy, Roy Keane, serta Ryan Giggs.

Sementara itu, The Magpies diasuh oleh legenda Timnas Inggris, Sir Bryan Robson. Laga ini menjadi partai ke-100 Robson selama menangani Newcastle. Peraih empat titel Liga Inggris ini diperkuat pemain seperti Alan Shearer, Nolberto Solano, dan striker muda asal Wales, Craig Bellamy.

Link streaming Newcastle United vs Newcastle United

Jelang laga ini, Man United jauh lebih diunggulkan. Sang juara bertahan belum terkalahkan di awal musim. Namun, Newcastle tampil berani sejak sepak mula. Pada menit keempat, tuan rumah mendapat hadiah tendangan bebas. Gelandang asal Perancis, Laurent Robert, mengeksekusi bola dengan tembakan yang membuat rekan senegaranya, Fabien Barthez, tak mampu berbuat banyak.

Akan tetapi, Setan Merah langsung membalas. Serangan intensif United pun berbuah pada menit 29 berkat aksi Van Nistelrooy.

Skor imbang tak bertahan lama. Lima menit berselang, gelandang veteran Robert Lee melepaskan tembakan spekulatif yang mengecoh Barthez. Newcastle menutup babak pertama dengan skor 2-1.

Memasuki babak kedua, anak asuh Sir Alex berupaya menyamakan kedudukan. Namun, tuan rumah justru memperlebar keunggulan berkat bek Nikolaos Dabizas.

Ketinggalan dua gol direspons Ferguson dengan memasukkan Paul Scholes. Gelandang andalan The Three Lions itu langsung memberi dampak instan. Scholes mengorkestrasi serangan United dengan kreatif.

Pada menit 62, Scholes menginisasi serangan United yang berujung gol Ryan Giggs. Gelandang asal Wales itu menerima umpan silang Gary Neville dengan sepakan first time kaki kanan. Selang dua menit, United mampu menyamakan kedudukan berkat sepakan voli Juan Sebastian Veron.

Pertandingan pun semakin ketat dengan skor 3-3. Jual-beli serangan terjadi. Newcastle lewat duet Shearer-Bellamy menebar ancaman ke lini belakang yang dikawal Laurent Blanc dan Wes Brown. Sebaliknya, pergerakan Van Nistelrooy yang disokong Scholes, Giggs, hingga David Beckham berulangkali mengancam gawang Shay Given.

Pada akhirnya, Newcastle lebih efektif memanfaatkan peluang. Menit 82, Bellamy sukses menusuk ke lini belakang United. Penyerang asal Wales itu memberi umpan ke Solano yang berdiri kosong. Tembakan Solano berhasil diantisipasi lawan. Namun, bola muntah segera disambar Shearer dan membentur Brown sebelum masuk gawang United. Skor 4-3 untuk tuan rumah.

Kali ini United gagal menyamakan kedudukan serta gagal mencetak gol di menit-menit akhir, yang identik dengan Setan Merah era Sir Alex. Pada menit 86, keadaan justru bertambah buruk bagi Setan Merah. Roy Keane diusir wasit Stephen Bennett usai berselisih dengan Shearer. Sang juara bertahan pun kalah dengan 10 pemain di lapangan.

Selain hadiah untuk laga ke-100 Sir Bobby Robson, kemenangan mengejutkan ini juga menjadi pertanda baik bagi Newcastle. Setelah finis mengecewakan di peringkat 11 pada 2000/01, Shearer dan kawan-kawan berhasil finis di peringkat empat pada 2001/02.

Kini, 19 tahun berselang, Newcastle akan kembali menjamu United di St. James Park. Keadaan sudah berbeda jauh. United bukan lagi favorit liga, melainkan klub yang sedang merangkak ke papan atas di bawah bimbingan Ole Gunnar Solksjaer. Sedangkan Newcastle merupakan tim papan tengah yang dilatih Steve Bruce.

Steve Bruce sendiri punya kenangan manis saat menghadapi klub yang dibelanya sebagai pemain selama sembilan tahun itu. Pada 2019/20 lalu, Bruce berhasil membawa Newcastle menekuk Setan Merah di St. James` Park. Gol spektakuler Matthew Longstaff mengamankan kemenangan 1-0 untuk The Magpies.

Tayangan langsung semua pertandingan Premier League 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar