Duet Penyerang Anyar Borussia Dortmund: Haaland-Reyna

Cerita

by Gilang Ramadhan

Gilang Ramadhan

Dapat disenggol lewat twitter @gilangdan

Duet Penyerang Anyar Borussia Dortmund: Haaland-Reyna

Borussia Dortmund telah mencetak tujuh gol di tiga laga perdana Bundesliga 2020/21; Erling Haaland dan Giovanni Reyna selalu berkontribusi dalam ketujuh gol tersebut, baik sebagai pencetak gol maupun asis. Haaland telah menciptakan empat gol dan satu asis, sementara Reyna membuat tiga asis dan satu gol.

Catatan di atas sangat impresif apabila menilik umur keduanya. Reyna baru berusia 17 tahun, sementara Haaland tiga tahun lebih tua. Namun, faktor usia mereka yang masih muda membuat keduanya memiliki kedekatan emosional tersendiri.

Haaland datang ke Dortmund dari RB Salzburg Januari 2020 silam, berdekatan dengan naiknya Reyna ke tim utama. Pertemanan mereka semakin akrab karena Haaland selalu mengantar jemput Reyna ke sesi latihan lantaran Gio belum memiliki surat izin mengemudi.

“Kami memiliki chemistry yang bagus. Kami masuk ke tim utama pada waktu yang sama dan sejak itu, dia seperti mengisi kepala saya dengan `oper bola kepada saya, oper bola kepada saya, berikan aku bolanya’,” ungkap Reyna usai laga kontra Freiburg.

Reyna menambahkan, “Setelah beberapa bulan bermain bersama, Anda dapat melihat bahwa Anda hanya perlu mengoper bola kepadanya dan dia akan mencetak gol. Kami memiliki banyak chemistry yang bagus di tim, dan terutama saya dan dia bermain bersama dengan sangat baik, dan kami juga sangat baik di luar lapangan. Saya suka bermain dengannya."

Perpaduan berbahaya kedua pemain ini sangat kentara di Spieltag 3 kontra SC Freiburg. Haaland mencetak dua gol dan satu asis kepada Felix Passlack, sementara Reyna membukukan tiga asis, dua kepada Erling, dan satu kepada Emre Can dari tendangan sudut.

Menariknya, asis profesional pertama Reyna juga ditujukan kepada Erling Haaland saat Dortmund menang 2-1 di Signal Iduna Park lawan PSG dalam laga leg pertama 16 besar Liga Champions 2019/20. Dari total lima asis yang telah dikemas Reyna selama karier profesionalnya, empat di antaranya ditujukan untuk Erling Haaland.

Dalam tulisan Sam Stejskal dan Raphael Honigsten di The Athletic, manajer akademi Dortmund, Lars Ricken, pernah bercanda bahwa Reyna tidak akan kembali lagi ke tim U-19 ketika sudah dipanggil ke tim utama. Ricken benar, usai melakoni training camp di Marbella, Spanyol, pada Januari silam, Reyna sepertinya tidak akan turun kembali ke tim usia muda.

Haaland sendiri juga memuji Reyna dengan memberikan julukan ‘American Dream’. Bomber berkebangsaan Norwegia tersebut menilai dua gol yang ia cetak ke gawang Freiburg berkat kejelian umpan dari Reyna. “Dua gol yang saya ciptakan memang bagus, tetapi Gio merencanakannya dengan sempurna,” sebut Haaland.

Kini Dortmund memiliki banyak amunisi muda di tim mereka. Selain kedua pemain tersebut, masih ada dua talenta asal Inggris, Jadon Sancho dan Jude Bellingham, yang masih seusia Reyna dan sudah bermain dua kali sebagai starter di Bundesliga musim ini. Lain itu, Dortmund masih memiliki pemain seperti Reinier Jesus yang dipinjam selama dua musim dari Real Madrid.

Haaland, Reyna, dan Jadon Sancho akan memimpin lini serang Dortmund saat bertandang ke markas Hoffenheim pada Sabtu (17/10/2020) pukul 20.30 WIB. Dortmund mengusung misi berat, memutus tren negatif tidak pernah menang atas Hoffenheim di lima duel terakhir (tiga kalah, dua seri).

Tayangan langsung semua pertandingan Bundesliga 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar