David Villa Raih Penghargaan Pemain Terbaik MLS 2016

Cerita

by Muhammad Firza Richsan

Muhammad Firza Richsan

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

David Villa Raih Penghargaan Pemain Terbaik MLS 2016

Major League Soccer musim ini baru akan usai pada tanggal 10 Desember 2016 selepas laga MLS Cup yang mempertemukan Toronto FC melawan Seattle Sounders. Sementara FC Dallas telah didaulat sebagai juara Supporter’s Shield berkat raihan 60 poinnya di sepanjang musim ini. Lalu bagaimana dengan New York City FC yang diperkuat oleh Andrea Pirlo, Frank Lampard, dan David Villa?

New York City FC harus puas berada di urutan ke empat dengan raihan 54 poin musim ini, dan hanya mampu menembus semifinal MLS Cup karena disingkirkan oleh Toronto FC. Walau demikian, ada peningkatan signifikan yang terjadi, karena pada musim sebelumnya mereka hanya mampu finish di urutan ke 17.

Walau gagal mendapatkan gelar pada musim ini, tetapi New York City FC boleh sedikit untuk berbangga hati. Kapten mereka, David Villa terpilih sebagai pemain terbaik MLS musim ini. Villa diganjar the Landon Donovan MVP Award (nama gelar pemain terbaik tersebut) berkat kontribusinya yang luar biasa di sepanjang musim ini.

Villa berhasil memperoleh 25,9% suara. Mengalahkan duo New York Red Bulls, Bradley Wright-Phillips dan Sacha Kljestan yang masing-masing mendapatkan 19,3% dan 17,6% suara.

Sementara peraih gelar MVP musim lalu, Sebastian Giovinco berada di posisi ke empat dengan raihan 16,3 % suara.

Pemilihan ini sendiri dilakukan oleh media, para pemain, dan manajemen.

Atas raihannya yang dicapai ini, menjadikan nama David Villa sebagai orang Spanyol pertama yang berhasil mendapatkan penghargaan tersebut. Dirinya pun menyusul nama-nama tenar seperti Sebastian Giovinco, Robbie Keane, Landon Donovan, dan Carlos Valderrama yang lebih dulu mendapatkannya.

Villa juga hampir saja dapat mengawinkan gelar MVP dan Top Skor andai raihan golnya tidak tertinggal satu angka dari Bradley Wright-Phillips yang berhasil membukukan 24 gol musim ini.

Wright-Phillips pun memberikan pujian terhadap Villa atas apa yang diraihnya tersebut.

“Aku ingat ketika ia datang ke liga ini, aku tidak yakin akan seperti apa ia. Apakah ia akan melakukan perayaan ketika mencetak gol? Apakah ini berarti banyak padanya? Ketika kamu melihat dia bermain, kamu akan mendapatkan yang terbaik darinya. Itu seperti ketika ia masih bermain untuk Barcelona. Pujian untuk dirinya. Ia mempunyai hak untuk menjadi arogan dan adalah suatu yang tidak bisa dipercaya ketika dirinya mencetak gol lalu merayakannya. Ada kerendahan hati – dia bekerja keras, berlari, mundur ke belakang membantu pertahanan, melakukan takel. Ia sebetulnya tidak harus melakukan semua itu, tetapi ketika melihat berapa banyak dia peduli dan berapa banyak dia melakukannya, itu sangat bagus untuk dilihat."

Selain Wright-Phillips, pelatih New York City FC, Patrick Vieira pun memberikan komentarnya.

Seperti yang tertulis di halaman resmi klub, Vieira mengatakan penghargaan ini adalah sebuah penghargaan besar, dan ia sangat senang dengan apa yang diraih oleh Villa dan klubnya.

“Untuk terpilih menjadi MVP adalah sesuatu yang fantastik, dan tidak ada yang lebih pantas selain David (Villa). Saya bekerja dengan dia setiap hari, dan setiap hari saya melihat bahwa dia sangat mencintai dan bergairah terhadap permainan ini."

“David (Villa) adalah pemain sempurna yang Anda ingin bawa dari luar negeri. Dia bermain di Eropa, lalu memenangi Liga Champions, Piala Dunia, dan Piala Eropa. Tetapi ia datang ke klub ini dengan kerendahan hati dan sangat mencinta permainan ini. Dia selalu memiliki waktu bagi rekan-rekannya. Ia adalah bagian penting dari kesuksesan kami dan akan terus berlanjut di masa-masa mendatang."

Villa sendiri merasa sangat bangga dan terhormat mendapatkan penghargaan ini.

“Saya sangat bangga mewakili NYCFC untuk menerima penghargaan ini. Ini hari yang luar biasa bagi saya karena ini adalah salah satu hal yang saya inginkan ketika saya datang ke sini dua tahun yang lalu."

“Ini adalah hari yang penting dalam karir saya – ini adalah momen penting untuk saya. Penghargaan ini untuk pemain terbaik di liga yang terdapat para pemain berkualitas di dalamnya. Jadi ini membuat saya sangat senang dan sangat bangga," ungkap Villa seperti yang dilansir oleh guardian.

**

David Villa datang ke New York City FC pada tahun 2014. Dirinya pun menjadi pemain pertama yang dikontrak dalam sejarah klub. Debut Villa bersama New York City FC terjadi pada 8 Maret 2015 ketika melawan Orlando City. Dua musim memperkuat New York City FC, David Villa berhasil membukukan 41 gol dari 63 laganya.

Sebelum berpetualang ke negeri Paman Sam, Villa pernah bermain untuk Sporting Gijon, Real Zaragoza, Valencia, Barcelona, Atletico Madrid, dan Melbourne City. Trofi-trofi bergengsi seperti Liga Spanyol, Liga Champions, Copa del Rey, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antar Klub pernah diraihnya. Juga dengan timnas Spanyol yang berhasil mendapatkan trofi Piala Eropa 2008 dan Piala Dunia 2010.

Sementara gelar MVP MLS 2016 bisa dikatakan hanyalah gelar pelengkap baginya. Karena pada sebelumnya Villa pernah mendapatkan gelar individu yang lebih prestisius seperti pemain terbaik Spanyol 2005/06, UEFA Euro 2008 Golden Boot, 2010 FIFA World Cup Silver Shoe, 2010 FIFA World Cup Bronze Ball, dan juga penghargaan-penghargaan lainnya.

foto: nycfc

Komentar