Michu, Riwayatmu Kini....

Cerita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Michu, Riwayatmu Kini....

Michu ketika itu dibeli dari RayoVallecano untuk mengatasi kepergian GylfiSigurdsson ke TottenhamHotspur. Posisinya di Swansea kemudian terancam setelah Sigurdsson kembali dibeli pada awal musim 2014/2015. Ia pun akhirnya memilih hijrah ke Napoli asuhan Rafael Benitez dengan status pinjaman dengan harapan bisa memiliki karier yang lebih baik.

"Operasi pertama gagal. Pada bulan Maret, saya kembali bermain namun saya masih merasakan sakit pada engkel saya," ujar Michu pada Football Italia. "Saya pikir setelah musim panas semuanya akan kembali dengan sendirinya dan saya bisa memulai musim dengan baik."

Namun harapan tinggalah harapan. Cedera justru kembali mendera Michu pada awal November 2014. Tim medis Napoli memvonis bahwa engkel kanan Michu menderita periostitis atau peradangan jaringan ikat yang mengelilingi tulang.

michu

Inilah yang membuat Michu akhirnya seolah menghilang bak ditelan bumi. Untuk pemulihan cederanya itu memakan waktu yang tak sebentar. Transfermarkt mencatatkan cederanya itu baru pulih setelah Michu menjalani perawatan selama 222 hari.

Cedera yang dideritanya pada 4 November 2014, baru sembuh pada 14 Juni 2015, saat kompetisi musim 2014/2015 telah berakhir. Dan selama di Napoli, ia hanya bermain dalam lima pertandingan saja. Ia pun kembali ke Swansea City karena Napoli tak memermanenkannya.

"Saya menggertakkan gigi (menahan rasa sakit) hingga November. Setelah itu, sakitnya tak tertahankan lagi. Saya merasa lebih baik setelah operasi yang kedua dan merasa engkel saya sudah sembuh. Saya tak sabar untuk kembali merasa bahwa saya adalah seorang pesepakbola."

Namun kembalinya Michu ke Swansea City tak disambut baik oleh sang manajer, Gary Monk. Michu bahkan sebenarnya sudah dianggap bukan lagi bagian dari skuat Swansea sejak tahun lalu, sebelum kepindahannya ke Napoli.

"Ia tidak akan menjadi bagian skuat Swansea musim ini," ujar Monk pada Guardian Juli lalu. "Saya sudah berbicara padanya tahun lalu. Ia ingin pergi dan ia merasa itu adalah pilihan yang tepat baginya. Saya ikut senang atas keputusannya tersebut. Sekarang kami memiliki skuat yang bagus dan menjalani transisi yang besar pada tahun lalu."

Dan benar saja, musim ini Michu tak sekalipun mendapatkan kesempatan bermain. Ia pun kemudian kembali ke Spanyol untuk ikut berlatih bersama kesebelasan divisi empat, Union Popular de Langreo. Kesebelasan ini merupakan kesebelasan yang dilatih oleh sang kakak, Hernan Perez.

"Michu baik-baik saja dan sudah berlatih dengan normal," ujar Hernan pada Marca. "Tidak ada efek dari cedera yang derita. Meskipun begitu, kita harus menunggu seperti apa respon pada engkelnya. Yang terpenting saat ini adalah untuk mengembalikan ia seperti dulu, mengembalikan perasaannya terhadap sepakbola."

Bersama Langreo, Michu akan kembali memungut asa-asa yang tersisa dalam kariernya. Hanya saja ia harus memastikan bahwa cederanya sudah pulih benar. Ia pun harus mengembalikan kepercayaan dirinya dan mengatasi trauma akan cederanya tersebut. Karena jika ia bisa kembali menemukan performanya kembali, bukan tak mungkin ia bisa kembali menapaki kariernya di Spanyol mengingat usianya saat ini masih 29 tahun.

foto: fifawallpapers.com

Komentar