Beberapa Pikiran Terbaru Gerrard Tentang Liverpool

Cerita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Beberapa Pikiran Terbaru Gerrard Tentang Liverpool

Tentang Balotelli

Ketika Gerrard menginginkan ada Suarez dan Sturridge di lini depan Liverpool, kenyataan yang ada saat ini lini depan Liverpool dihuni oleh penyerang Italia, Mario Balotelli. Dan sayangnya, Balotelli tak sedang dalam performa mengesankan. Ia baru menyumbang dua gol dari 12 penampilan.

Atas penampilan yang mengecewakan dari Balotelli, mantan bek Liverpool, Jamie Carragher, menyarankan Liverpool untuk menjual Balotelli pada bursa transfer Januari nanti. Lantas bagaimana tanggapan Gerrard mengenai Balotelli dan komentar Carragher ini?

“Terlalu dini untuk mengatakan hal tersebut. Ia bisa saja mencetak 10 gol dalam 10 pertandingan. Tapi kemudian? Mungkin akan dijual pada Januari karena tim lain tertarik mengontraknya,” kata Gerrard mengomentari Carragher.

Tapi Gerrard memaklumi komentar mantan rekan setimnya itu. Karena saat ini, Carragher telah berprofesi menjadi seorang komentator pertandingan. Sudah barang tentu mengomentari apa yang terjadi dalam sepakbola merupakan tugas Carragher saat ini.

Balotelli sendiri menurutnya terlalu mendapatkan tekanan besar karena terus dibanding-bandingkan dengan Suarez dan Sturridge. Tapi Gerrard percaya, Balotelli sebenarnya memiliki sesuatu dan bisa memberikan yang terbaik bagi Liverpool, lalu kemudian membungkam komentar orang-orang yang  mengatakan bahwa Balotelli adalah ‘pembelian panik’.

“Saya perlu membantunya. Tapi untuk menggantikan Suarez, itu adalah hal yang cukup sulit. Hanya saja untuk menjadi penyerang Liverpool memang harus bisa menjawab tekanan dengan penampilan mengesankan di lapangan. Para pendukung selalu menuntut Liverpool untuk menang. Dan menjadi seorang penyerang handal harus lebih agresif dan cepat, di atas segalanya, kamu perlu mencetak gol secara konsisten. Lihat saja penyerang-penyerang yang pernah bermain dengan saya –Owen, Fowler, Torres dan Suarez-, mereka rajin mencetak gol. Itulah yang membuat mereka menjadi superstar [di Liverpool],” kata Gerrard seperti dikutip situs Independent.

Kritikan adalah hal yang wajar bagi Gerrard. Setiap tekanan pada pesepakbola wajar terjadi karena para pesepakbola selalu muncul di layar kaca hampir setiap tiga hari sekali. Dari sanalah mereka lantas menjadi idola publik.

Bermain konsisten atau mendapat kritik, hal itulah yang telah menjadi pelajaran paling berharga bagi Gerrard dari dunia sepakbola sejak masih berusia 19 tahun. Namun dengan sosial media yang semakin berkembang, tekanan pada para pemain memang semakin besar saat ini.

Namun meskipun begitu, ia tak khawatir dengan Balotelli yang mendapatkan tekanan tinggi. Hal itu dapat dilihat dengan kesungguhan Balotelli dalam berlatih. Gerrard yakin, cepat atau lambat Balotelli akan kembali menemukan sentuhannya dan rajin mencetak gol bagi Liverpool.

“Dia [Balotelli] orang yang hebat,” ujar Gerrard. “Ia pernah bermain di beberapa klub besar, jadi ia tahu apa yang harus ia lakukan. Ia tak kecewa terhadap dirinya sendiri. Ia justru bekerja lebih ekstra, menambah sesi latihan menendang sendirian. Ia pun melakukan latihan-latihan lain agar ia bisa melakukannya lebih baik. Yang saya lihat adalah bahwa ia menyadari apa yang terjadi dan ia masih menikmati karirnya.”

Halaman Berikutnya: Komentar Gerrard tentang Rodgers, Sturridge dan Masa Depannya di Anfield

Komentar