Brasil dan Swiss Berbagi Angka di Laga Perdana

Berita

by Rio Pangestu

Rio Pangestu

Pembaca yang menulis.

Brasil dan Swiss Berbagi Angka di Laga Perdana

Juara dunia lima kali, Brasil, gagal meraih kemenangan di pertandingan perdana Piala Dunia 2018. Selecao ditahan imbang oleh Swiss dengan skor 1-1 pada pertandingan yang digelar di Rostov Arena, Senin (18/7) dini hari WIB.

Brasil yang menurunkan Neymar, Gabriel Jesus, dan Willian sebagai trio lini depan mereka, lebih sering melancarkan serangan lewat kedua sisi sayap. Neymar dan Willian silih berganti melakukan penetrasi ke pertahanan Swiss. Aksi mereka ditopang oleh bantuan kedua bek sayap Brasil, Danilo dan Marcelo.

Swiss sementara itu cukup kesulitan membongkar pertahanan Brasil yang dikawal oleh kuartet pemain belakang Thiago Silva, Miranda, Marcelo, dan Danilo. Bola yang dikuasai Swiss lebih banyak berkutat di lini tengah. Anak asuh Vladimir Petkovic itu sering gagal saat coba memasuki area pertahanan Brasil. Swiss tercatat hanya mampu menciptakan satu peluang di babak pertama lewat upaya yang dilakukan Blerim Dzemaili pada menit ke-3.

Upaya Brasil yang terus-menerus mengeksploitasi pertahanan Swiss lewat kedua sayap mereka akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-20. Marcelo melakukan tusukan di sisi kiri lalu melepaskan umpan yang berhasil dihalau lini pertahanan Swiss.

Bola hasil halauan itu jatuh di kaki Coutinho yang berdiri bebas di area sepertiga akhir pertahanan Swiss. Pemain bernomor punggung 11 itu lantas melepaskan tembakan placing yang langsung meluncur ke sisi kanan gawang Swiss. Penjaga gawang Yan Sommer gagal menghalaunya. Kedudukan 1-0 untuk Brasil bertahan sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, Swiss secara mengejutkan mampu mengejar ketertinggalan dengan cepat lewat gol yang dijaringkan Steven Zuber pada menit ke-49. Zuber berhasil memanfaatkan umpan sepak pojok yang dilepaskan Xherdan Shaqiri. Enam pemain Brasil yang ada di kotak penalti sama sekali tak memberikan pengawalan berarti terhadap Zuber.

Gol ini sedikit berbau kontroversi karena Zuber terlihat mendorong Miranda. Namun wasit Cesar Ramos tak menganggapnya sebagai pelanggaran. Melihat tayangan ulang, itu menunjukkan kelemahan pertahanan Brasil alih-alih pelanggaran Zuber. Miranda sedang dalam posisi yang tak menguntungkan untuk menjaga kekuatan tubuhnya akibat kesalahannya sendiri dalam mengantisipasi pergerakan Zuber saat Shaqiri mengirim umpan dari sepak pojok.

Intensitas pertandingan meningkat setelah gol penyama kedudukan tercipta. Baik Brasil maupun Swiss sangat aktif melancarkan serangan. Duel-duel keras pun tak terhindarkan. Gelandang Swiss, Valon Behrami, diganjar kartu kuning setelah melanggar keras Neymar pada menit ke-67.

Di laga ini, Neymar menjadi pemain Brasil yang paling sering dilanggar oleh para pemain Swiss. Dari total 14 pelanggaran yang dilakukan Swiss, 6 di antaranya tertuju pada Neymar.

Brasil lebih aktif dalam menggencarkan serangan dibandingkan Swiss. Total 21 percobaan tembakan dilepaskan para pemain Brasil. Sementara Swiss melakukan percobaan tembakan hanya sebanyak 6 kali.

Lima menit sebelum laga tuntas, Brasil sempat mendapatkan dua peluang emas. Namun keduanya berhasil digagalkan oleh Sommer. Sampai peluit panjang dibunyikan, hasil imbang 1-1 tak berubah. Dengan hasil ini, Brasil dan Swiss sama-sama hanya mampu mendulang satu poin pada penampilan pertama mereka di Piala Dunia 2018.

Komentar