Brasil Tanpa Dani Alves di Piala Dunia 2018

Berita

by Rio Pangestu

Rio Pangestu

Pembaca yang menulis.

Brasil Tanpa Dani Alves di Piala Dunia 2018

Akibat benturan dengan Kevin Rocheteau di final Coupe de France (Rabu, 9/5), Dani Alves terancam absen di Piala Dunia 2018. Insiden tersebut membuat Alves menderita cedera lutut. Dia harus menjalani bedah lutut kanan.

Hal tersebut diumumkan oleh Konfederasi Sepakbola Brasil (CBF), Jumat (11/5). Merujuk hasil tes dokter Tim Nasional Brasil, Rodrigo Lasmar, Alves tidak akan pulih tepat waktu untuk dapat tampil di Piala Dunia tahun ini.

“Pemeriksaan tertutup mengonfirmasi bahwa diagnosis cedera ligamen anterior Alves memerlukan perawatan bedah. Dengan mempertimbangkan jangka waktu opsi pemulihannya, dapat dikonfirmasi bahwa Alves tidak mungkin bisa dipanggil untuk mengikuti persiapan, laga persahabatan, dan Piala Dunia itu sendiri,” jelas CBF seperti dilansir dari Goal.

Kehilangan Alves merupakan kerugian yang cukup besar bagi Selecao. Pengalaman yang dimiliki pemain berusia 35 tahun tersebut sangat dibutuhkan Brasil.

Alves menjalani debutnya di Tim Nasional Brasil pada 2006. Sejak saat itu ia telah tampil dalam 107 pertandingan—terbanyak di antara pemain-pemain dalam skuat Brasil saat ini. Alves adalah andalan Brasil di posisi bek kanan di Piala Dunia 2010 dan 2014.

Bukan tanpa alasan Alves begitu diandalkan. Ia seorang juara. Selama membela FC Barcelona (2008-2016), Alves 3 kali menjadi juara Liga Champions, 6 kali La Liga, 4 kaliCopa del Rey, 5 kali Piala Super Spanyol, dan 3 kali Piala Dunia Antarklub. Ketika membela Juventus di musim 2016/17, Alves turut memenangi gelar Serie A dan Piala Italia.

Musim 2017/18, Alves bergabung dengan Paris Saint-Germain. Di sana Alves lagi-lagi meraih gelar bersama klubnya. Gelar pertamanya adalah Ligue 1 2017/18. Piala Liga Perancis dan Piala Perancis menyusul kemudian.

Di level tim nasional, Alves pernah mengangkat trofi Piala Dunia U-20 (2003), Copa America (2007), dan Piala Konfederasi (2009 dan 2013).

Berkat pengalaman yang berlimpah itulah Alves paling sering dipercaya menjadi kapten tim oleh pelatih kepala Tim Nasional Brasil saat ini, Tite. Dalam 19 pertandingan yang ditanganinya, Tite mempercayakan ban kapten kepada 15 pemain. Alves 4 kali mengenakan ban kapten.

Dengan absennya Alves di Piala Dunia 2018, nama-nama lain muncul sebagai pengganti. Tiga di antaranya adalah Fagner Conserva Lemos (Corinthians), Danilo Luiz da Silva (Manchester City), dan Rafinha (Bayern Munchen).

Lemos paling berpotensi dipilih sebagai pengganti Alves, mengingat sang pemain 8 kali dipanggil membela timnas oleh Tite. Jumlah tersebut sama banyak dengan Alves. Rafinha sendiri baru sekali dipanggil Tite. Danilo, sementara itu, kecil peluangnya karena lebih sering menjadi pemain pengganti di Manchester City.

Tidak dapat tampil di Piala Dunia tahun ini merupakan kerugian besar juga bagi Alves. Besar kemungkinan ini Piala Dunia terakhirnya. Pele sampai ikut berduka. “Saya sangat sedih mendengarnya [Alves absen]. Pesepakbola tentu benci absen, tapi kehilangan Piala Dunia adalah yang terburuk,” ujarnya sebagaimana dikutip dari Goal.

Komentar