Enam Negara Dipastikan Lolos ke Piala Dunia 2018

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Enam Negara Dipastikan Lolos ke Piala Dunia 2018

Belgia memastikan diri tampil di putaran final Piala Dunia 2018, Rusia. Kepastian tersebut didapat setelah tim berjulukan Rode Duivels itu mengalahkan Yunani 2-1 dalam lanjutan pertandingan ke-8 Babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa, Grup H.

Kemenangan tersebut membuat Belgia mengumpulkan total 22 poin yang membuat mereka semakin nyaman duduk di puncak klasemen sementara Grup H. Dengan hanya dua laga tersisa, raihan poin Belgia dipastikan tidak mungkin lagi bisa terkejar oleh Bosnia-Herzegovina yang berada di peringkat kedua dengan koleksi 14 poin.

Belgia tercatat menjadi kesebelasan asal zona Eropa pertama yang memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 melalui babak kualifikasi. Selain itu, mereka juga menjadi negara keenam yang memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Sebelumnya sudah ada lima negara seperti Rusia (lolos otomatis karena status tuan rumah), Brasil (CONMEBOL), Jepang, Iran (AFC), dan Meksiko (CONCACAF) yang sudah memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2018.

Brasil memastikan diri lolos sebagai wakil Konfederasi Amerika Selatan setelah mengalahkan Ekuador dua gol tanpa balas. Kemenangan tersebut membuat "Tim Samba" mengoleksi 36 poin dari total 15 pertandingan yang telah mereka lakoni. Di tiga pertandingan sisa, perolehan poin Neymar dkk dipastikan tidak akan lagi bisa dikejar oleh para pesaing lainnya, termasuk Kolombia yang berada di posisi kedua dengan raihan 25 poin.

Sementara Meksiko memastikan diri lolos setelah menumbangkan Panama 1-0 di laga ke-7. Hasil tersebut membuat perolehan poin mereka bertambah menjadi 17. Di tiga pertandingan sisa, poin mereka masih bisa dikejar oleh Kosta Rika di posisi kedua dengan 14 poin dan Amerika Serikat di posisi ketiga dengan poin 8.

Namun, akan ada tiga tim yang lolos dari CONCACAF sehingga kalau pun Meksiko kalah dalam tiga laga tersebut, sementara Kosta Rika dan Amerika Serikat berhasil menyapu bersih kemenangan, maka Meksiko masih aman namun lolos dengan status sebagai peringkat ketiga. Sementara kesebelasan di peringkat empat akan tampil di babak play-off inter-konfederasi melawan wakil Asia untuk bisa lolos ke Piala Dunia.

Dari zona AFC atau Asia, dua kesebelasan tercatat sudah memastikan diri lolos. Iran menjadi kesebelasan asal Asia pertama yang memastikan tampil di putaran final, sekaligus menjadi tim kedua setelah Brasil yang menggenggam tiket tampil di Piala Dunia melalui babak kualifikasi.

Langkah Iran kemudian diikuti Jepang, yang meski pun masih menyisakan satu pertandingan sisa, namun koleksi 20 poin yang mereka kumpulkan dari sembilan laga, dipastikan tidak akan bisa lagi terkejar oleh Arab Saudi atau Australia yang sama-sama mengoleksi 16 poin di klasemen Grup B Kualifikasi Piala Dunia zona Asia.

Melihat baru ada enam kesebelasan yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2018, tentu membuat peluang bagi kesebelasan lain untuk menggenggam tiket tampil di turnamen sepakbola paling bergengsi di dunia itu masih sangat terbuka lebar. Maklum dari total 32 pot yang disediakan pada putaran final, saat ini masih tersisa 26 tempat.

Eropa

Salah satu kesebelasan yang punya peluang lolos di pekan ke-8 adalah Jerman, mereka akan melakoni pertandingan kedelapan di Grup C dengan menghadapi Norwegia di Mercedes-Benz Arena, Jerman, Selasa (5/9) dini hari WIB.

Bila berhasil meraih kemenangan di laga tersebut, Jerman akan menambah pundi-pundi poin mereka menjadi 24, koleksi poin tersebut dipastikan tidak akan lagi bisa dikejar oleh para pesaing mereka, termasuk Irlandia Utara yang menguntit di posisi dua.

Sementara peluang kesebelasan lainnya di zona Eropa seperti misalnya Prancis, Spanyol, Italia, dan kekuatan besar Eropa lainnya masih harus dilihat dari hasil pertandingan ke-9 atau 10 mereka di babak kualifikasi, mengingat perolehan poin yang masih berbeda tipis dengan para kompetitor lainnya.

Kualifikasi di zona Eropa dibagi ke dalam sembilan grup. Masing-masing juara akan langsung lolos ke Piala Dunia, sementara delapan dari sembilan runner-up akan memainkan pertandingan play-off untuk memperebutkan empat jatah. Beberapa negara Eropa yang terancam tidak lolos ke Piala Dunia antara lain adalah Belanda, Republik Ceko, Norwegia, Austria, Skotlandia, dan Turki.

Amerika Selatan

Selain Jerman, beberapa kesebelasan konfederasi lain juga masih punya peluang yang cukup terbuka untuk lolos ke Piala Dunia. Dari zona CONMEBOL tiga kesebelasan seperti Argentina, Cile, Uruguay, dan Kolombia masih bersaing sengit untuk lolos ke Piala Dunia menyusuk Brasil. Ada tiga tiket tersisa yang diperebutkan untuk bisa lolos ke babak kualifikasi.

Namun persaingan sengit tentunya akan terjadi antara Cile dan Argentina, kedua kesebelasan tersebut sama-sama mengoleksi 23 poin, dengan Cile berada di posisi empat dan Argentina di posisi lima. Selisih gol menjadi pembeda antara dua kesebelasan tersebut, artinya persaingan untuk memperebutkan tiket ke Piala Dunia secara otomatis bisa ditentukan hingga pertandingan terakhir, mengingat saat ini ada tiga laga tersisa yang masih harus dilakoni para kontestan di zona tersebut.

Asia

Kemudian dari Konfederasi Asia, ada tiga kesebelasan unggulan yang berpeluang besar lolos ke putaran final menyusul Iran dan Jepang. Mereka adalah Korea Selatan, Arab Saudi, dan Australia. Korea Selatan mungkin lebih diunggulkan lolos sebagai wakil dari Grup A. Namun persaingan ketat terjadi antara Arab Saudi dan Australia di Grup B pada tahap akhir kualifikasi Piala Dunia 2018.

Baik Australia dan Arab sama-sama mengumpulkan 23 poin, dengan satu laga tersisa Australia jauh lebih diuntungkan karena mereka akan berhadapan dengan Thailand yang di atas kertas levelnya berada di bawah mereka. Sementara Arab akan berhadapan dengan Jepang, meski sudah memastikan lolos, namun agaknya terlalu riskan bagi Jepang untuk memberikan Arab jalan guna lolos otomatis ke Piala Dunia.

Meski begitu, salah satu dari dua kesebelasan tersebut masih punya jalan lain untuk bisa lolos ke Piala Dunia, yaitu melalui babak play-off untuk dua tim yang pada akhirnya menduduki posisi tiga di tabel klasemen akhir Grup A dan B. Kedua peringkat ketiga ini akan berhadapan dalam dua leg, dengan pemenangannya akan menghadapi peringkat keempat CONCACAF, juga dalam dua leg.

Amerika Utara, Tengah, dan Karibia

Selain Meksiko, kelima negara CONCACAF masih bisa lolos langsung maupun melalui play-off (melawan wakil Asia) ke Piala Dunia. Dua tempat lolos langsung dan satu tempat play-off akan diperebutkan oleh Kosta Rika, Amerika Serikat, Honduras, Panama, serta Trinidad dan Tobago (ini nama satu negara, lho, ya; bukan dua).

Afrika

Zona Afrika yang dibagi ke dalam lima grup masih menyisakan tiga pertandingan lagi. Masing-masing juara grup akan lolos langsung ke Piala Dunia. Beberapa grup adalah "grup neraka" seperti Grup B (Nigeria, Zambia, Kamerun, dan Aljazair) dan Grup C (Pantai Gading, Maroko, Gabon, dan Mali).

Oseania

Dari semua konfederasi, Oseania adalah konfederasi yang paling "dianaktirikan". Hal ini yang membuat Australia menyeberang konfederasi ke AFC. Kualifikasi zona Oseania saat ini sudah sampai ke tahap final. Selandia Baru memiliki modal kemenangan 6-1 di leg pertama melawan Kepulauan Solomon. Pemenang dari pertandingan final ini (kemungkinan besar Selandia Baru) masih harus menghadapi peringkat kelima dari CONMEBOL jika ingin lolos ke Piala Dunia.

Masalahnya, calon lawan peringkat kelima di CONMEBOL adalah lawan yang cukup berat, yaitu kemungkinan salah satu di antara Kolombia, Uruguay, Cile, Argentina, Peru, Paraguay, dan Ekuador.

***

Baca juga: Potensi Debutan di Piala Dunia 2018 dan Nasib Negara Raksasa yang di Ujung Tanduk

Menarik tentunya melihat persaingan antarnegara untuk bisa melaju ke Piala Dunia 2018 di Rusia, persaingannya begitu ketat hingga agak sulit memprediksi siapa yang akan menyusul Brasil, Belgia, Meksiko, Iran, dan Jepang yang lolos melalui jalur kualifikasi.

Foto: Hindustime, Bleacher Report

Komentar