Proyek Jangka Panjang Liverpool Bernama Solanke

Berita

by redaksi 50599

Proyek Jangka Panjang Liverpool Bernama Solanke

Perburuan pemain klub Liga Primer Inggris sudah dimulai meski jendela transfer musim panas baru dibuka pada 1 Juli mendatang. Manchester City menjadi klub yang terlihat aktif dalam bursa transfer menuju kompetisi 2017/2018. Setelah mendepak lima pilarnya, mereka kemudian mengumumkan keberhasilan proses transfer Bernardo Silva dari AS Monaco.

Klub berjuluk “The Citizen” itu pun dikabarkan tinggal selangkah lagi mendapatkan tanda tangan penjaga gawang Benfica, Ederson Morales. West Ham United juga sudah bergerak dengan menggaet Pablo Zabaleta, yang tidak diperpanjang kontraknya oleh City.

Pergerakan cepat kedua klub tersebut membuat Liverpool tak mau kalah saing. Namun berbeda dengan City dan West Ham yang sukses mendatangkan pemain bintang, klub asal Merseyside itu justru mengumumkan kesepakatan dengan Dominic Solanke yang masih berusia 19 tahun.

Dikabarkan Telegraph, pemain berposisi penyerang itu didatangkan dari Chelsea dengan status bebas transfer. Meski begitu Chelsea akan mendapat kompensasi sebesar 3 juta paun dari proses transfer tersebut setelah Solanke berusia 24 tahun. Di Liverpool Solanke bakal mendapat gaji sebesar 20 ribu paun per pekan.

Meski pengumuman transfer sudah dilakukan sejak Selasa (30/5), namun Solanke baru akan bergabung bersama Liverpool pada 1 Juli mendatang, atau setelah kontraknya bersama Chelsea berakhir. Dengan usianya yang masih muda, Solanke akan menjadi proyek jangka panjang Liverpool. ia akan masuk dalam skuat U-23 Liverpool bersama Ben Woodburn, Harry Wilson, Trent Alexander-Arnold dan pemain muda potensial “The Reds” lainnya, yang juga memiliki kesempatan tampil di kompetisi bersama tim senior.

Bukan tanpa alasan Kloop menjatuhkan pilihan pada pemain yang sekilas mirip dengan Diego Costa itu. Meski baru berusia 19 tahun, Solanke disebut-sebut sebagai salah satu penyerang muda potensial Inggris. Indikasi betapa potensialnya Solanke terlihat dari seringnya ia memperkuat timnas muda Inggris. Di level timnas, Solanke pernah menjadi bagian dari timnas U-16 hingga U-21. Saat ini ia tengah berada di Korea Selatan untuk membela The Three Lions di Piala Dunia U-20.

Kontribusinya di ajang tersebut juga terbilang besar, ia menjadi pencetak gol pembuka saat Inggris mengalahkan Argentina 3-0. Saat ini bersama timnya ia tengah bersiap untuk melakoni pertandingan babak 16 besar melawan Kosta Rika.

Di level klub, berbagai gelar juga pernah ia sumbangkan untuk tim junior Chelsea. Ia pernah membawa Chelsea junior menjuarai Piala FA junior (2013/2014 dan 2014/2015), juga Liga Junior UEFA (2014/2015). Bersama tim senior, debutnya dimulai saat membela Chelsea di Liga Champions musim 2014, saat itu ia berkontribusi membawa timnya menang enam gol tanpa balas atas Maribor. Pada musim 2015/2016 ia dipinjamkan ke klub Eredivisie, Vitesse Arnhem, dan ia menyumbangkan tujuh gol daru 25 penampilannya di klub tersebut.

Setelah masa pinjamannya usai, Solanke kemudian kembali ke Chelsea, namun ia hanya menjadi pilihan ketiga setelah Diego Costa dan Michy Batshuayi selama musim 2016/2017. Pada tanggal 23 Agustus 2016, Solanke masuk dalam skuat asuhan Antonio Conte itu di Piala Liga melawan Bristol Rovers. Namun Solanke hanya menghabiskan waktunya selama 90 menit dalam kemenangan 3-2 timnya itu di bangku cadangan.

Meski begitu Chelsea tetap menganggap Solanke sebagai potensi terbaik mereka untuk masa depan. Klub bahkan berusaha untuk mempertahankannya. Namun ia kadung jengah karena kesempatan bermain yang minim, ia kemudian menolak untuk bertahan lebih lama lagi di Stamford Bridge.

Meski memulai pergerakan di bursa transfer musim panas ini dengan menggaet pemain berusia 19 tahun, namun hal tersebut bukan berarti geliat transfer Liverpool musim ini tidak akan menarik untuk diikuti. Berdasarkan laporan Telegraph, saat ini Liverpool tengah berupaya untuk mendatangkan Virgil van Dijk dari Southampton, Christian Pulisic (Borussia Dortmund), Mohammed Salah (AS Roma), Naby Keita (Red Bull Leipzig), hingga Alex Oxlade-Chamberlain (Arsenal).

(SN)

Foto: The Sun

Komentar