Barcelona Pede Bisa Balikkan Keadaan Lawan PSG

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Barcelona Pede Bisa Balikkan Keadaan Lawan PSG

Ivan Rakitic mengatakan bahwa keputusan Luis Enrique yang akan mundur dari jabatan Pelatih Barcelona pada akhir musim nanti mengejutkan pemain-pemain lainnya. Keputusan itu menggemparkan situasi Barcelona yang sedang positif atas empat kemenangan terakhir di empat pertandingan La Liga 2016/2017. Pertandingan terakhir pun berhasil dimenangkan Barcelona atas Celta Vigo dengan lima gol tanpa balas. Dan salah satu peran penting dari Enrique pada pertandingan sebelum-sebelumnya merupakan strategi 3-4-3 yang diterapkannya sejak melawan Atletico Madrid.

Sekarang para pendukung Barcelona pun semakin bersemangat dan berharap keajaiban melawan Paris Saint-Germain (PSG) pada pertandingan leg kedua 16 besar Liga Champions 2016/2017 di Stadion Camp Nou, Kamis (9/3). Barcelona sendiri butuh keajaiban untuk mengalahkan PSG karena pertemuan leg satu harus dikalahkan dengan skor 4-0. Maka Barcelona minimal harus menang dengan skor yang sama dan mencari kesempatan melalui adu penalti. Selain itu, Barcelona wajib menang lima gol tanpa balas jika ingin lolos ke babak delapan besar tanpa adu penalti. Namun dua target Barcelona itu tidak boleh sampai kebobolan karena akan memperkecil kesempatan mereka melangkah ke babak Liga Champions selanjutnya.

Di sisi lain, formasi 3-4-3 yang dipakai dalam tiga pertandingan terakhir itu tampak disiapkan untuk melawan PSG nanti. Formasi itu ditujukan Enrique agar skuatnya mendominasi lini tengah dan memaksimalkan peran Lionel Messi. "Untuk membuat superioritas di tengah, untuk menemukan kelebihan Messi, untuk melihat operan yang lebih banyak, untuk lebih banyak peluang, untuk mensirkulasikan bola lebih baik," jelas Enrique seperti dikutip dari Turkish Football.

Baca juga: David Silva Jadi Alasan Guardiola ke City.

Enrique tampak percaya diri atas dua kemenangan besar yang diraih kesebelasannya di La Liga. Sebelum mengalahkan Celta Vigo 5-0, Barcelona menaklukan Sporting Gijon 6-1. Enrique percaya formasi 3-4-3 yang diterapkannya itu bisa membuat gol lebih banyak. Ia juga mengatakan bahwa para pemainnya sedang dalam kepercayaan diri yang kuat karena momentum sedang baik dan siap membalikan keadaan.

"Kami akan mencoba dan berjuang sampai akhir, menunjukkan kualitas kami dalam beberapa minggu terakhir. Tantangan kami kepada PSG adalah untuk membuktikan kami lebih baik dari mereka dan bahwa kami bisa membayar hutang kami dalam 90 menit," kata Enrique seperti dikutip dari Sport Mole.

Barcelona sendiri tidak bisa diperkuat Aleix Vidal dan Jeremy Mathieu. Sementara PSG hampir pasti bisa menurunkan seluruh skuat terbaiknya. Namun kondisi Adrien Rabiot, Angel Di Maria, Marquinhos dan Thiago Motta baru pulih dari cedera. Di Maria sendiri mencetak dua gol ke gawang Barcelona pada pertemuan leg pertama di Stadion Parc des Princes pada 15 Februari lalu.

Sumber: SB Nation.

Komentar