Barcelona Akan Umumkan Pengganti Luis Enrique pada 1 Juli 2017

Berita

by Gunanda Hasdiansyah

Gunanda Hasdiansyah

Pecandu game Football Manager yang mencintai sepak bola dengan segala keindahannya

Barcelona Akan Umumkan Pengganti Luis Enrique pada 1 Juli 2017

Pelatih Barcelona, Luis Enrique melalui konferensi pers setelah laga Barcelona lawan Sporting Gijon, telah mengumumkan bahwa dirinya tidak akan melatih Lionel Messi dkk lagi musim depan. Hal ini dikarenakan ia tidak akan memperpanjang kontraknya yang berakhir pada akhir musim 2016/2017 ini.

"Saya ingin mengakhiri konferensi pers ini dengan cara yang berbeda," ungkap Enrique seperti dikutip oleh Football-Espana. "Saya dapat mengonfirmasikan bahwa saya tidak akan menjadi pelatih Barca musim depan. Saya tidak akan memperpanjang kontrak saya di akhir musim.

"Saya sudah bicara dengan [direktur] Albert Soler dan [sekretaris teknik] Robert Fernandez, saya mengatakan kepada mereka bahwa ada kemungkinan hal ini terjadi dan mereka mengatakan kepada saya untuk tidak terburu-buru. Waktunya telah tiba untuk keputusan ini harus dibuat."

Pihak manajeman Barcelona melalui sang Presiden, Josep Maria Bartomeu mengamini bahwa Enrique telah memberitahu mereka terlebih dahulu lalu bahwa ia bisa saja meninggalkan Barcelona.

"Luis Enrique adalah pelatih super untuk tiga musim. Ia salah satu pelatih terbesar dalam sejarah Barca," ucap sang presiden Barca seperti dikutip oleh Football-Espana. "Ia tidak akan berada di sini musim depan, tapi kami sangat senang dengan pekerjaan yang telah dilakukan sejauh ini dan akan dilakukan sampai akhir musim.

"Klub akan terus mendukungnya, seperti yang selalu kami lakukan, karena kami berharap untuk mengakhiri musim dengan cara sebaik mungkin. Dia memberitahu kami musim panas lalu bahwa ia sedang mempertimbangkan ini bisa menjadi musim terakhirnya. Beberapa hari yang lalu, dia mengatakan kepada kami bahwa ia tidak akan bertahan.”

Sementara untuk penunjukan pelatih baru, Bartomeu mengatakan baru akan mengumumkannya paling cepat pada 1 Juli 2017. Saat ini ia ingin Barcelona lebih berfokus terhadap apa yang bisa mereka raih hingga 30 Juni 2017 mendatang.

"Kami tidak perlu berspekulasi lagi dan sekarang kami harus fokus pada masa depan. Kami memiliki liga, pertandingan PSG, final Copa dan banyak pekerjaan yang harus dilakukan di bulan depan. Para pemain sedih, tapi mereka juga sangat termotivasi untuk tetap bekerja. Ini tidak akan berhenti sampai 30 Juni,” tambahnya.

"Kami akan menghadapi proses perekrutan dengan keyakinan dan kebijaksanaan, dan pada 1 Juli, kami akan mengumumkan nama pelatih baru. Yang penting adalah bahwa kami menghadapi pertandingan tersisa yang kami punya. Kami harus mendukung [Enrique] sampai akhir musim, yang menarik adalah karena kami masih bisa memenangkan trofi," pungkasnya.

"Luis Enrique telah memenangkan delapan tropi dari 10 dalam tiga musim. Ia memberi kami kesuksesan di tahun terakhir dan gambar besar dari klub, tapi kami belum selesai. Kami memiliki tiga bulan lebih yang menarik untuk dijalani."

Seperti kata Bartomeu, prestasi Enrique bersama El Barca cukup bagus. Ia sudah mempersembahkan delapan dari kemungkinan 10 gelar. Delapan gelar tersebut adalah, dua gelar La Liga, dua gelar Copa del Rey, satu gelar Piala Super Spanyol, satu gelar Liga Champions, satu gelar Piala Super Eropa dan satu gelar Piala Dunia AntarKlub. Dua gelar yang gagal ia raih adalah Piala Super Spanyol 2014/2015 dan Liga Champions 2015/2016.

Foto: skysports.com

Komentar