Soal 12 Pemain di Luar Negeri yang Akan Dipanggil Timnas, Milla Incar Tiga Posisi

Berita

by redaksi 105834

Soal 12 Pemain di Luar Negeri yang Akan Dipanggil Timnas, Milla Incar Tiga Posisi

Indonesia begitu serius menyiapkan skuat untuk ajang SEA Games 2017. Setelah memilih 25 pemain yang akan menjalani seleksi tahap pertama, Indonesia berencana akan memanggil 12 pemain yang sedang berkiprah di luar negeri. Hal ini dikatakan langsung oleh Direktur Hubungan Internasional dan Media PSSI, Hanif Thamrin.

"Hari ini klub ke-12 pemain itu akan dikirimi surat oleh PSSI, tadi pagi harusnya sudah ditandatangani oleh Pak Ketum," ujar Hanif seusia konferensi pers. "Belum bisa kita panggil, karena harus kirim surat dulu ke klubnya. Nanti malam mungkin sudah bisa dirilis siapa-siapa saja."

Ke-12 pemain itu sendiri bukan pemain asing yang hendak dinaturalisasi oleh PSSI. Mereka adalah pemain Indonesia yang sedang berkarier di luar negeri. Ketika disinggung nama Emil Audero, kiper Juventus, Hanif belum bisa memastikan hal tersebut walau ia mengakui ada yang sedang berkarier di Italia.

"Ada dari Belanda, Qatar, Spanyol, dan Italia. Soal Emil, sejujurnya saya belum lihat list ke-12 pemain tersebut. Tapi nanti malam atau besok sudah bisa saya rilis, habis ini saya akan mengurusi soal surat-surat tersebut."

Dari pemantauan kami, pemain di Italia yang hendak dipanggil PSSI bukanlah Emil Audero, melainkan Rafid Habibie. Rafid, yang merupakan cucu dari Presiden ke-3 Indonesia, B.J. Habibie, tengah membela tim junior Perugia. Sebelumnya ia sempat membela Bali United.

Sementara itu untuk pemain lainnya yang tampaknya sedang diusahakan PSSI untuk membela Indonesia adalah Dallen Ramadhan yang saat ini membela kesebelasan Spanyol, Alcudia, dan Andri Syahputra yang sebelumnya ramai diperbincangkan karena bermain menggunakan bendera Qatar, selain tentunya Ezra Walian yang beberapa waktu terakhir mencuat namanya.

Hal ini sejurus dengan apa yang dikatakan oleh Hanif. Menurutnya, pelatih timnas Indonesia, Luis Milla, masih mencari pemain berkualitas untuk tiga posisi berbeda, yaitu penjaga gawang, bek tengah dan penyerang. Dallen sendiri merupakan seorang bek tengah, sementara Andri Syahputra dan Ezra berposisi sebagai penyerang.

"Jadi gini, Milla masih cari pemain di tiga posisi; penyerang, bek tengah, sama kiper. Nah, mereka inilah yang bakal diseleksi oleh Milla nantinya. Apalagi penyerang kan, cuma dua pemain [di daftar 25 pemain seleksi tahap pertama]. Kalau bek, dia pengen bek yang fisiknya bagus dan berintelijensia tinggi," beber Hanif.

Ke-12 pemain ini rencananya akan dipanggil pada seleksi tahap kedua awal Maret 2017 nanti. Meskipun begitu, tidak semua pemain akan diplot masuk ke skuat timnas yang akan berlaga di SEA Games 2017, sebagian akan ditempatkan di timnas U-19.

Komentar