Cesc Fabregas Beserta Rekor yang Sudah Disamai Oleh Chelsea

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Cesc Fabregas Beserta Rekor yang Sudah Disamai Oleh Chelsea

Chelsea kembali meraih hasil positif dalam ajang Liga Primer musim 2016/2017. Menjamu Stoke City, The Blues sukses menang dengan skor 4-2, meski sempat ketar-ketir karena Stoke dua kali mampu menyamakan kedudukan setelah Chelsea unggul dua kali. Willian menjadi bintang dalam pertandingan ini dengan dua gol yang ia cetak.

Berkat kemenangan tersebut, ada rekor-rekor yang berhasil disamai oleh Chelsea. Rekor tersebut adalah rekor yang sifatnya individu, dan ada juga rekor yang sifatnya tim.

Fabregas Mencatatkan Asis ke-100 nya Dalam Laga Ini

Selain Willian yang menjadi bintang dalam laga Chelsea melawan Stoke, nama Cesc Fabregas pun tidak boleh dikesampingkan sebagai pemain yang memiliki andil besar dalam pertandingan tersebut. Dua asis yang ia cetak, satu untuk Willian dan satu lewat tendangan penjuru yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh Gary Cahill, menjadi sumbangan Fabregas untuk Chelsea dalam laga tersebut.

Namun dua asis itu ternyata memiliki nilai lebih untuk Fabregas. Berkat dua asis yang ia torehkan dalam laga tersebut, ia menjadi pemain keempat yang sukses mencetak 100 asis sepanjang gelaran Liga Primer. Kini namanya bersanding bersama Ryan Giggs, Frank Lampard, dan Wayne Rooney sebagai pemain yang mampu mencetak 100 asis dalam gelaran Liga Primer.

Selain sukses mencetak 100 asis sepanjang gelaran Liga Primer, Fabregas juga sukses mengungguli Rooney, Giggs, dan Lampard dalam urusan penampilan yang ditorehkan untuk mencetak 100 asis tersebut. Giggs butuh 367 penampilan, Rooney butuh 445 penampilan, serta Lampard butuh 559 penampilan untuk mencetak 100 asis. Sedangkan Fabregas hanya butuh 293 penampilan saja untuk mencetak 100 asis.

Meski rekor asis terbanyak masih dicatatkan Giggs dengan 162 asis, dengan 100 asis yang sudah ia cetak, Fabregas menunjukkan bahwa ia adalah salah seorang kreator andal dalam sejarah Liga Primer.

Kemenangan ke-13 Dalam Satu Musim, Samai Rekor Arsenal

Selain rekor individu yang ditorehkan Fabregas, Chelsea pun sukses menorehkan rekor secara tim. Dengan kemenangan mereka atas Stoke City, mereka sukses mencatatkan rekor 13 kemenangan beruntun selama satu musim. Rekor ini menyamai rekor yang ditorehkan oleh Arsenal pada musim 2001/2002.

Sedangkan untuk rekor kemenangan beruntun lebih dari satu musim, masih dipegang oleh Arsenal dengan 14 kemenangan. 14 kemenangan ini mereka catatkan sejak 10 Februari 2002 sampai 18 Agustus 2002, atau lebih tepatnya pada musim 2001/2002 dan 2002/2003.

Kemenangan beruntun yang Chelsea raih ini dimulai ketika mereka menaklukkan Hull City pada 1 Oktober 2016 dengan skor 0-2, dan berlanjut sampai jelang tahun baru ketika mereka sukses mengalahkan Stoke City dengan skor 4-2 pada 31 Desember 2016. Hal ini tak lepas dari skema 3-4-3 yang diterapkan oleh Conte, yang membuat Chelsea menjadi klub yang tangguh, setidaknya sampai saat ini.

Baca Juga: Chelsea Berpeluang Lampaui Rekor Arsenal

***

Di balik rekor-rekor yang sudah disamai oleh Chelsea tersebut, ada satu hal yang sama sekali tidak tersilaukan oleh rekor-rekor itu. Ia adalah sang manajer, Antonio Conte. Setelah sempat mengatakan bahwa ia tidak peduli akan rekor-rekor yang mungkin bisa dipecahkan Chelsea, ia juga mengatakan bahwa mungkin akan sulit bagi timnya mengulang pencapaian seperti ini. Maka ia menekankan kepada anak asuhnya agar tidak terlena dan tetap bekerja keras sampai akhir musim.

"Saya kira pertengahan musim pertama ini cukup baik buat kami. Memenangkan 16 pertandingan, 13 di antaranya dimenangkan secara beruntun, dari 19 pertandingan adalah capaian yang luar biasa. Namun para pemain mesti ingat, bahwa hal seperti ini tidak akan mungkin terulang kembali di pertengahan musim kedua nanti," ujar Conte seperti dilansir ESPN FC.

"Lampu telah menyala di Chelsea. Oleh karena itu, kita harus tetap menjaga lampu tersebut agar tetap menyala dengan kerja keras, dan memenangkan setiap pertandingan yang akan dihadapi sampai musim berakhir. Itu sulit, tapi bisa dilakukan. Saya percaya itu," tambahnya.

Sumber: Opta, ESPN FC

foto: @ChelseaFC

Komentar