Penawaran 300 Juta Euro untuk Bawa Ronaldo ke Tiongkok

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Penawaran 300 Juta Euro untuk Bawa Ronaldo ke Tiongkok

Jorge Mendes, agen dari Cristiano Ronaldo, menyebut bahwa ada tawaran sebesar 300 juta euro dari klub asal Tiongkok untuk Ronaldo. Mereka bahkan berani menggaji Ronaldo sebesar 100 juta euro per tahun. Namun Mendes meyakini bahwa Ronaldo tidak akan tersilaukan oleh uang sebanyak itu.

Baru-baru ini, ada beberapa pemain lain yang kembali merapat ke Liga Super Tiongkok. Mereka adalah Oscar dan Carlos Tevez. Oscar merapat ke Shanghai SIPG dengan mahar 70,4 juta euro (60 juta paun). Sedangkan Tevez merapat ke klub tetangga SIPG, Shanghai Shenhua, dengan mahar 84 juta euro, sekaligus menjadikannya pemain termahal keenam dunia, walau ia harus menjilat ludahnya sendiri karena ia pernah mengatakan bahwa uang bukan segalanya dalam sepakbola.

Kedatangan Tevez dan Oscar ke Liga Super Tiongkok ini meramaikan kedatangan pemain-pemain yang sebelumnya sudah lebih dulu menyeberang ke Tiongkok seperti Ramires, Alex Teixeira, Graziano Pelle, Hulk, ataupun Gervinho. Meski sekarang sudah banyak pemain-pemain yang hijrah ke Negeri Tirai Bambu, Mendes meyakini bahwa akan sulit bagi klub Tiongkok memboyong Ronaldo dari Madrid.

"Dari Tiongkok, ada tawaran sebesar 300 juta euro yang datang dari salah satu klub Tiongkok untuk Cristiano (Ronaldo). Mereka juga menawarkan gaji sebesar 100 juta euro per tahun. Namun uang bukanlah segalanya. Real Madrid dan Cristiano sekarang adalah pasangan yang sulit untuk dipisahkan. Cristiano betah di Real dan sulit bagi klub Tiongkok untuk memboyongnya dari Madrid," ujar Mendes seperti dikutip Sky Sports.

"Pasar di Tiongkok adalah pasar yang baru. Mereka dapat membeli banyak pemain bintang dengan gelontoran dana tak terbatas yang mereka miliki. Tapi tidak demikian dengan Cristiano. Mereka punya banyak uang, tapi akan sulit bagi mereka memboyong Cristiano. Saya tidak memungkiri bahwa tawaran untuk Cristiano akan selalu ada, karena ia adalah pemain terbaik dunia."

"Ditambah lagi ia baru saja memenangkan gelar Piala Eropa 2016 bersama Portugal, serta menjuarai Liga Champions bersama Real Madrid. Akan banyak tawaran yang datang," tambahnya.

Tiongkok memang sedang menjalankan rencana pengembangan sepakbola sesuai dengan keinginan sang presiden, Xi Jinping. Selain mendatangkan pelatih-pelatih yang malang-melintang di Eropa, mereka juga mendatangkan pemain-pemain kelas dunia yang berkompetisi di Eropa. Tujuannya tak lain adalah untuk membawa Tiongkok menjadi salah satu kekuatan sepak bola Asia dan dunia.

Kalau pun Ronaldo menerima tawaran ini, maka ia akan mengalahkan rekor transfer 100 juta euro yang diciptakan Paul Pogba saat hijrah dari Juventus ke Manchester United pada musim panas 2016. Ia juga akan menerima gaji berkali-kali lipat dari yang ia terima di Madrid. Total di Madrid sekarang ia mendapatkan gaji sebesar 13.824.000 euro selama setahun.

Tapi, apa mungkin Ronaldo mau hijrah ke Tiongkok, ya?

Sumber: ESPN FC, The Guardian, Sky Sports

Komentar