Dortmund Menjadi Ujian Berat bagi Hoffenheim dalam Mempertahankan Rekor Tak Terkalahkan

Berita

by Gunanda Hasdiansyah

Gunanda Hasdiansyah

Pecandu game Football Manager yang mencintai sepak bola dengan segala keindahannya

Dortmund Menjadi Ujian Berat bagi Hoffenheim dalam Mempertahankan Rekor Tak Terkalahkan

Hoffenheim merupakan salah satu dari dua kesebelasan di liga top Eropa yang belum pernah menderita kekalahan pada musim 2016/2017. Kesebelasannya lainnya yang belum terkalahkan adalah juara Liga Champions 2016 sekaligus pemuncak klasemen sementara La Liga 2016/2017, Real Madrid.

Pada lanjutan Bundesliga 2016/2017 spieltag 15, Sabtu dini hari nanti (17/18), Hoffenheim akan menghadapi salah satu kesebelasan kuat Jerman, Borussia Dortmund. Pertandingan ini tentu akan menjadi ujian berat bagi Hoffenheim dalam rangka mempertahankan rekor tak terkalahkan mereka di liga. Pertandingan ini akan berlangsung di Stadion Rhein-Neckar Arena, kandang Hoffenheim.

Saat ini Hoffenheim berada pada peringkat keempat, dua peringkat di atas Dortmund yang berada pada peringkat keenam dengan selisih satu poin saja. Hingga spieltag 14, Hoffenheim berhasil meraih enam kemenangan, delapan kali hasil imbang dan belum pernah merasakan kekalahan.

Hal ini berbanding terbalik dengan kondisi Dortmund musim ini yang bermain tidak konsisten. Dortmund sudah menderita tiga kekalahan musim ini di liga. Ketiga kekalahan tersebut semuanya diraih saat mereka bermain tandang. Hal ini tentu menjadi pertanda buruk bagi Dortmund sekaligus menjadi kabar baik bagi Hoffenheim.

Tetapi Dortmund memiliki rekor yang cukup bagus ketika bertemu dengan Hoffenheim. Mereka tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan terakhir ketika melawan Hoffenheim di semua kompetisi.

Pelatih Dortmund, Thomas Tuchel menyatakan optimismenya pada konferensi pers sebelum pertandingan. Ia yakin Dortmund akan menjadi kesebelasan pertama yang mengalahkan Hoffenheim.

“Kami siap menjadi kesebelasan pertama yang mengalahkan Hoffenheim di Bundesliga,” ujar Tuchel dengan penuh percaya diri seperti yang dikutip oleh espnfc.co.uk. Selain itu Tuchel mengatakan akan mengantisipasi lawan yang kemungkinan akan bermain agresif dan berani.

Dortmund punya pengalaman buruk musim ini ketika bermain dengan lawan yang bermain agresif dan berani. RB Leipzig, Bayer Leverkusen dan Eintracht Frankfurt adalah tiga kesebelasan yang berhasil mengalahkan Dortmund musim ini di Bundesliga. Ketiga kesebelasan tersebut menerapkan permainan agresif dan berani dengan blok pressing tinggi untuk menekan build up yang dilakukan oleh para pemain Dortmund.

Hoffenheim di bawah asuhan Julian Nagelsmann juga memiliki gaya permainan yang mirip dengan Leipzig, Leverkusen dan Frankfurt yang telah berhasil mengalahkan Dortmund sebelumnya. Jika Hoffenheim mampu menerapkan gaya mainnya seperti biasa dengan baik ketika melawan Dortmund tentu hal ini akan menjadi pekerjaan berat bagi Tuchel. Ia harus mencari solusi tepat agar kesebelasannya tidak mengalamai kekalahan lagi.

Tuchel tentu saja khawatir dengan gaya main Hoffenheim tersebut. Tuchel menyoroti bagaimana para pemain Hoffenheim dalam melakukan penjagaan pemain.

“Tahun lalu, mereka hampir menjaga semua pemain belakang dan gelandang kami dengan lima pemain lini serang mereka," ujarnya seperti yang dikutip oleh espnfc.co.uk.

Sementara itu, Julian Nagelsmann pada konferensi pers sebelum pertandingan mengatakan bahwa ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengalahkan Dortmund.

“Dortmund sangat dengan bola. Mereka mencari opsi ketika menguasai bola dan mempunyai kecepatan yang luar biasa dalam menyerang,” ujarnya seperti yang dikutip oleh laman resmi Bundesliga.

“Thomas Tuchel melakukan pekerjaan yang luar biasa. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghentikan kecepatan yang mereka miliki. Anda bisa bermain lebih ke dalam seperti yang dilakukan kebanyakan kesebelasan saat melawan Dortmund. Atau menyerang mereka sejak awal, agar mereka berada jauh dari gawang Anda sendiri. Kami akan melakukan salah satu dari kedua cara tersebut,” tambahnya.

Pertandingan ini tentu akan menjadi sajian menarik dari spieltag 15 Bundesliga. Hoffenheim berambisi untuk mempertahankan rekor tak terkalahkan mereka. Sedangkan Dortmund berambisi untuk menjadi kesebelasan pertama yang mengalahkan Hoffenheim sekaligus memutus hasil buruk mereka melawan kesebelasan yang bermain agresif.

foto : thanhhoafc.vn

Komentar