Pep Guardiola dan 16 Tangan Kanannya

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pep Guardiola dan 16 Tangan Kanannya

Musim perdana Josep Guardiola bersama Manchester City berjalan baik sejauh ini. Total 10 kemenangan dari 12 pertandingan di semua ajang menjadi bukti keberhasilan Guardiola mengangkat The Citizens.

Namun demikian, keberhasilan ini tidak bakal terjadi tanpa bantuan orang-orang di belakang Guardiola. Taktik yang digunakan oleh Guardiola tak akan berhasil jika ia tidak mendapatkan analisis dan layanan terbaik dari orang-orang di belakangnya.

Tak banyak yang mengetahui siapa saja sosok di balik Guardiola. Pasalnya berbeda dengan eks manajer Bayern Munchen yang kerap mengisi pembicaraan di media, berbeda dengan tangan kanan Guardiola yang mungkin semuanya tidak ada yang tahu.

Dalam laga melawan Swansea City, Rabu (21/9) dini hari WIB, tampak Guardiola didampingi oleh 16 sosok yang hampir semuanya mengenakan setelan yang sama: jaket dan celana latihan bergambar Manchester City serta sepatu Nike Tiempo berwarna hitam.

Bermunculannya foto mengenai sosok-sosok tersebut pun memicu pertanyaan dari banyak pihak. Beberapa saat sesudah pertandingan, Daily Mail mengklaim bahwa mereka adalah anggota dari staf kepelatihan Manchester City.

Daftar staf Josep Guardiola. Sumber: Daily Mail

Nama pertama yang dibicarakan dalam foto tersebut adalah asisten teknis Guardiola, Domenec Torrent. Torrent diketahui telah bekerja bersama Guardiola sejak ia masih menangani Barcelona B per 2007 lalu. Di City, Torrent ditugaskan sebagai sosok yang bertanggungjawab atas perubahan taktik yang dilakukan.

Mikel Arteta menjadi nama kedua yang terdapat dalam foto tersebut. Guardiola mengajak Arteta untuk menjadi asisten teknis karena ia memiliki pengalaman bermain di persepakbolaan Inggris cukup lama.

Di urutan ketiga ada nama Lorenzo Buenaventura. Buenaventura diketahui berstatus pelatih fisik yang berperan penting untuk perkembangan fisik pemain City. Guardiola diketahui mulai mengenal Buenaventura pada 2007 lalu saat ia menjadi pelatih Barcelona B.

Ada nama Max Sala di urutan keempat. Menurut Daily Mail, ia disebut menjabat sebagai kepala kesehatan Manchester City. Diketahui bahwa Sala adalah sosok penting keberhasilan City menjaga kondisi pemainnya dalam beberapa musim terakhir.

Steven Lilley menjadi nama kelima yang berada di foto tersebut. Sebelum berada di City, Lilley menjabat sebagai kepala fisioterapis Norwich City. Kerja istimewa yang tunjukkan membuatnya diajak bergabung ke City oleh Manuel Pellegrini.

Nama keenam yang berada di foto tersebut adalah Rodolfo Borrell. Borrell sendiri dikenal begitu dekat dengan Guardiola karena keduanya pernah bekerja sama di Barcelona. Kedekatannya dengan Guardiola sempat terputus saat ia memutuskan untuk pindah ke Liverpool 2009 lalu. Keduanya kembali menjalin hubungan sebagai pelatih dan asisten per 2014 lalu.

Brian Kidd adalah nama ketujuh yang berada dalam foto tersebut. Kidd sendiri sering disebut sebagai salah satu asisten pelatih terbaik di Inggris. Sebelum menjadi tangan kanan Guardiola, ia menjabat sebagai asisten pelatih Sir Alex Ferguson di Manchester United dan Manuel Pellegrini.

Di urutan kedelapan ada nama Mark Sertori. Sertori sebelumnya menjabat sebagai terapis kesehatan ketika Bolton masih ditangani oleh Sam Allardyce. Nama kesembilan adalah Michael Clitheroe yang menjabat sebagai asisten kit-man. Nama Sertori dan Clitheroe dipilih oleh Guardiola karena keduanya merupakan kunci naiknya Bolton di tangan Allardyce.

Barry Hamilton menjadi orang kesepuluh yang ada di foto tersebut. Hamilton sendiri menjabat sebagai ahli sains olahraga City. Sebelumnya, ia menjabat sebagai kepala sains olahraga tim nasional Kroasia di Piala Eropa 2016.

Sam Erith adalah orang di nomor sebelas. Di City, ia menjabat sebagai kepala analisis penampilan. Sebelumnya, ia menjabat sebagai pelatih fisik tim nasional Inggris di Piala Eropa 2016 lalu.

Nama keduabelas yang berada di foto tersebut adalah Tom Shineton yang menjabat sebagai terapis kesehatan. Shineton dipilih oleh Guardiola karena ia memiliki banyak jam terbang menangani tim divisi Championship

Di urutan tigabelas ada nama Federico Genovesi. Genovesi sebelumnya menjabat sebagai fisioterapis Palermo. Salah satu hasil Genovesi adalah penampilan baik Kevin de Bruyne pasca mengalami cedera di musim lalu.

Alistair Marland berada di kursi keempatbelas. Marland sendiri menjabat sebagai kit manager tim utama City. Pekerjaan baik yang dilakukan oleh Marland di musim lalu saat ia bersama Pellegrini membuat ia tetap dipertahankan oleh Guardiola.

Pada kursi kelimabelas ada nama Xabier Mancisidor yang menjabat sebagai pelatih kiper. Mancisidor sebelumnya menjabat sebagai pelatih kiper akademi Manchester City. Hasil baik yang ditunjukkan oleh Mancisidor dalam beberapa musim terakhir membuat ia menjadi salah satu tangan kanan Pellegrini yang dipertahankan.

Nama terakhir adalah Ben Thompson yang bekerja sebagai terapis. Thompson menjadi salah satu nama lawas yang dipertahankan. Sebelum bekerja di City, Thompson bekerja sebagai terapis tim rugbi Wales, Llanelli RFC.

Komentar