Bournemouth Salip Watford dalam Perburuan Iturbe

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Bournemouth Salip Watford dalam Perburuan Iturbe

Nama Juan Manuel Iturbe menjadi ramai akhir pekan ini. Tak jadi pemain reguler di bawah kepelatihan Rudi Garcia selama di AS Roma, ia diisukan hampir memperkuat kuda hitam Premier League musim ini, Watford, yang memiliki duet striker, Odion Ighalo dan Troy Deeney.

Namun tampaknya kepindahan Iturbe ke Watford tak akan terjadi. Sebab, Bournemouth, yang musim lalu menjuarai Football League Championship, dikabarkan telah menggagalkan rencana The Hornets, julukan Watford, untuk mendapatkan pemain berusia 22 tahun tersebut.

Menurut Football Italia, sebelumnya Roma telah menyetujui proposal peminjaman Iturbe dari Watford dengan biaya peminjaman sebesar 1,5 juta euro selama enam bulan (plus opsi pembelian 19,5 juta euro). Namun setelah Iturbe melakukan tes fisik, Bournemouth tiba-tiba mengajukan penawaran untuk mendatangkan pemain yang direkrut Roma dari Hellas Verona tersebut. Tak tanggung-tanggung, Bournemouth menawarkan biaya peminjaman 2 juta euro dan opsi pembelian senilai 22 juta euro.

Sky melansir bahwa Roma langsung membatalkan proses perpindahan Iturbe ke Watford karena lebih menyetujui tawaran Bournemouth dan meminta Iturbe untuk memikirkan kembali. Iturbe pun dikabarkan langsung setuju, mengingat ada opsi menjadi pemain utama di Bournemouth.

Kepindahan Iturbe pun tampaknya tinggal menunggu waktu.  Pasalnya, beberapa waktu lalu ia sempat menuliskan ucapan perpisahan di akun Instagram-nya. Ia pun menjelaskan bahwa semua pilihan yang datang kepadanya akan ia ambil.

"Keputusan ini saya ambil karena saya ingin memberikan penghormatan kepada pendukung Roma, atas kebanggaan yang telah mereka berikan kepada saya. Memakai kostum Roma adalah suatu kebanggaan bagi saya," jelas Iturbe.

"Mungkin ini hanyalah kepergian sementara. Saya akan terus mendukung Roma karena saya merasa terhormat dan dihormati oleh mereka (suporter Roma). Dan kepada semua rekan satu tim, saya berharap mereka selalu berhasil. Forza Roma," pungkasnya.

Juan Iturbe mengucapkan perpisahan di akun Instagram miliknya.
Juan Iturbe mengucapkan perpisahan di akun Instagram miliknya. Sumber : Instagram

Gianluca di Marzio, salah satu kolumnis di Sky Italia, mengatakan bahwa kepindahan Iturbe akan semakin memperkuat lini depan Bornemouth. Pasalnya, klub yang diasuh oleh Eddie Howe mengandalkan permainan cepat. Selain itu, kelebihan Iturbe menyisir dari sayap kanan akan membantu klub yang tengah berada di peringkat 14 Premier League ini,  yang terlalu superior di sayap kiri.

Whoscored melansir bahwa pembelian Iturbe akan meningkatkan serangan Bournemouth. Sebab, catatan terbaik Iturbe adalah kelebihannya dalam melakukan dribble, bahkan pada musim 2013/14, ia mencatatkan dribble terbanyak kedua di Serie A dengan 3 dribble per game.

Pembelian Iturbe seakan membuat Bournemouth serius menatap sisa Premier League musim ini. Iturbe pun diharapkan dapat melanjutkan performa menanjak Bournemouth yang kini telah mengais tiga kemenangan beruntun di Premier League.

Sumber : Football Italia, Sky, Whoscored.

Komentar