Siapa Bilang Stamford Bridge Sunyi?

Berita

by Frasetya Vady Aditya

Frasetya Vady Aditya

Penyunting. Jangan terkekang; sepakbola cuma cangkang. Kontak: vady.aditya@gmail.com

Siapa Bilang Stamford Bridge Sunyi?

Manajer Chelsea, Jose Mourinho, sempat mengeluhkan dukungan suporter Chelsea di stadion. Menurutnya, stadion terlalu hening sehingga membuatnya mengantuk. Namun, sepucuk surat dari bagian keamanan Chelsea memperlihatkan suatu kontradiksi yang nyata.

Surat yang diunggah di forum Reddit tersebut ditujukkan untuk seseorang bernama “Mr Mccoy” dan tentunya pengunjung Reddit. “Mr Mccoy” sendiri diketahui sebagai pemegang tiket musiman di Stamford Bridge. Begini kira-kira isi surat tersebut:

Mr Mccoy

Telah menjadi perhatian kami bahwa selama perayaan gol Chelsea, seseorang yang menempati kursi Anda dan yang lainnya barangkali terlalu berlebihan dengan kurang menghormati sesama pendukung Chelsea.

CCTV telah diperiksa dan selama perayaan tersebut sangat jelas terlihat ketika mereka bergerak ke depan, ada beberapa kelompok kecil yang berdiri di atas kursi dan di atas pembatas lapangan. Hal ini amat tidak bisa diterima, karena bukan hanya menyangkut keselamatan terhadap rekan-rekan suporter, tapi juga dapat merusak kursi/pembatas.

Untuk saat ini belum ada langkah lebih lanjut yang akan diambil, area di sekitar tempat duduk Anda akan terus dipantau dan laporan lebih lanjut serta sanksi akan dipertimbangkan.

Salam,

Surat Chelsea
Sumber: sabotagetimes.com

Surat yang diunggah sebenarnya tidak penuh, karena bagian atasnya terpotong. Namun, jika melihat dari kop bagian bawah, surat tersebut mirip dengan surat resmi dari manajemen Chelsea.

Cukup sulit sebenarnya untuk memastikan keabsahan surat tersebut. Nama “Bob Buckle” sendiri tidak ada dalam jajaran kepala manajemen di situs resmi klub. Saat dicari lewat mesin pencari pun, sulit memastikan bahwa yang bersangkutan bekerja di Chelsea.

Dalam sebuah dokumen, terindikasi bahwa sebelum bekerja di Chelsea, Bob bekerja di bagian keamanan Fulham FC. Bob menjabat sebagai staf “Football Intelegence” di Fulham.

Jika itu merupakan surat resmi dari Chelsea, tentu patut dipertanyakan “keheningan” apa yang dimaksud Jose Mourinho. Kontradiksi tersebut memperlihatkan betapa “bersemangatnya” suporter Chelsea saat merayakan gol, sampai-sampai ada yang berdiri di atas kursinya.

Dari sini juga terlihat betapa “perhatian” dan seriusnya pihak klub lewat bagian keamanan, mengontrol polah tingkah suporter di stadion. Memaksimalkan teknologi seperti CCTV akan lebih memudahkan pihak keamanan untuk “mengancam” suporter agar tidak berbuat macam-macam. Salah-salah, ia akan terkena larangan masuk stadion seumur hidup.

Ada dua hal yang bisa dimengerti dari sepucuk surat tersebut: (1) Stamford Bridge tidak sesepi yang diucapkan Mou (2) Perhatian ekstra manajemen klub untuk mendidik suporter caranya berperilaku.

Komentar