Apa Pesepakbola Terbaik Cuma Messi dan Ronaldo?

Berita

by Frasetya Vady Aditya

Frasetya Vady Aditya

Penyunting. Jangan terkekang; sepakbola cuma cangkang. Kontak: vady.aditya@gmail.com

Apa Pesepakbola Terbaik Cuma Messi dan Ronaldo?

FIFA baru saja membeberkan tiga nama calon peraih penghargaan pemain terbaik dunia atau Ballon d’Or. Kiprah Manuel Neuer di Piala Dunia dan di Bayern Munich membuat kiper asal Jerman tersebut masuk ke dalam tiga pemain yang merupakan nominasi penghargaan pemain terbaik dunia, Ballon d'Or.

Dua nama berikutnya? Anda pasti sudah bisa menebaknya. Ya, siapa lagi kalau bukan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Tapi, percayakah Anda kalau Messi dan Ronaldo sudah ada di daftar nominasi Balon d’Or sejak 2007? Sejak saat itu, hanya pada tahun 2010 nama Ronaldo tak ada dalam nominasi, karena semua nominasi diambil para pemain Barcelona. Artinya, Ronaldo dan Messi telah ada dalam dafar tersebut sebanyak tujuh kali!

Sepanjang 2007, hanya Kaka (AC Milan) yang berhasil menyalip keduanya. Ini bisa dimengerti karena saat itu persaingan Ronaldo dan Messi tak begitu kentara. Mereka bersaing di liga yang berbeda sehingga sulit melihat sepak terjang keduanya di atas lapangan bersama-sama.

Dari enam penyelenggaraan yang telah digelar, Ronaldo cuma mendapat jatah dua kali, sementara Messi empat kali. Namun, di balik itu semua, pernahkah Anda ingin merasakan hal yang dirasakan para pemain “sisipan” dalam nominasi tersebut?

Benar, bagaimana rasanya mengembangkan senyum palsu seperti yang terlihat di wajah Fernando Torres (Liverpool), Xavi (Barcelona), Andres Iniesta (Barcelona), dan Franck Ribery (Bayern Munich), saat tahu bukan mereka yang memenangi piala?

Anda mungkin tak pernah tahu betapa menyakitkannya Xavi yang tiga kali masuk nominasi dan Iniesta yang dua kali masuk nominasi, tapi hanya duduk di kursi sembari menyalami rekan dan rivalnya maju bergantian ke podium.

Bagaimana pula rasanya menjadi seorang Franck Ribery yang turut berada dalam tim kuat Bayern Munich yang meraih empat gelar Bundesliga, satu gelar Liga Champions, empat gelar DFB Pokal, serta satu Piala Super Klub? Ia seolah berbaur dengan penonton lainnya yang bersama-sama menyaksikan mata Ronaldo berkaca-kaca di atas podium.

Lalu, kini kita bisa bertanya pada FIFA. Benarkah pesepakbola terbaik dunia cuma Messi dan Ronaldo? Apa indikator yang menunjukkan kalau keduanya merupakan pemain terbaik? Jumlah gol? Berarti kiper, bek, dan gelandang, akan kesulitan mendapat gelar tersebut? Mengapa cuma pencetak gol yang dihargai mahal? Apa sepakbola hanya bergantung pada dia?

Rasanya, Balon d’Or tahun ini akan mengalami hal yang sama di mana kita sudah tahu jawabannya. Meski Anda bukan pendukung Real Madrid dan Barcelona, namun naluri alamiah Anda seolah tak peduli terhadap kehadiran Neuer dalam nominasi. Benar, karena kita sudah tahu jawabannya. Mau taruhan?

Sumber gambar: givemesport.com

Komentar