[On This Day 2010] CR7 Ditahbiskan sebagai Bomber Paling Mematikan dalam Sejarah el-Real

Backpass

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

[On This Day 2010] CR7 Ditahbiskan sebagai Bomber Paling Mematikan dalam Sejarah el-Real

Pada bursa transfer musim panas jelang La Liga Spanyol 2009/2010, Real Madrid mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Manchester United seharga 94 juta euro. Musim pertamanya di Liga Spanyol ia mencetak 26 gol dari 29 kali penampilannya. Pada tahun kedua, 40 gol dilesatkan Ronaldo dari 34 laga.

Lalu pria yang dijuluki CR7 ini memiliki salah satu hari yang bersejarah baru di musim ketiganya bersama Madrid. Hari yang akan selalu ia kenang.

Ronaldo Pernah Menjadi Pemain Termahal di Dunia, simak ceritanya di sini : Cerita di Balik Transfer Cristiano Ronaldo yang Menjadi Transger Termahal di Dunia

Tepat pada hari ini, tanggal 24 Maret, tiga tahun lalu, Ronaldo mencetak gol ke-100 bersama Madrid di La Liga 2011/2012. Ketika 24 Maret 2012 itu, Los Blancos, julukan Madrid, membantai Real Sociedad dengan skor 5-1. Sudah tentu Ronaldo turut menyumbangkan gol di laga pekan ke-30 tersebut.

Pemain asal Portugal itu mencetak gol kedua Madrid setelah lebih dulu unggul lewat gol Gonzolo Higuain ketika laga baru berjalan enam menit. Ronaldo mencetak gol pada menit ke-31. Proses gol terjadi setelah Ronaldo berlari dari sisi kiri menyambut umpan terobosan Kaka. Kemudian sepakannya tidak mampu ditangkis Claudio Bravo, kiper Sociedad saat itu, yang kini memperkuat Barcelona.



Maka jadilah gol tersebut sebagai gol ke-34 Ronaldo di La Liga 2011/2012 sekaligus gol ke-100 di Liga Spanyol dalam 92 pertandingan selama berkostum Real Madrid. Gol ke-100 dalam 92 laga Ronaldo itu sekaligus mematahkan rekor Ferenc Puskás, mantan penyerang Madrid, dari 1943 sampai 1966.

Puskas berhasil menyarangkan 100 gol untuk Los Blancos dalam 105 pertandingan, sedangkan CR7 sanggup melakukan torehan tersebut dalam jangka 92 laga.

Maka Ronaldo ditahbiskan menjadi pemain Madrid yang mencetak 100 gol lebih cepat daripada Puskas. Bahkan dalam laga ke-92 bersama Los Blancos itu CR7 mencetak gol lebih banyak ketimbang Puskas yang baru mencapainya di laga ke-105. Akan tetapi torehan keduanya masih kalah oleh Isidro Langara yang mencetak 100 golnya bersama Madrid pada laga ke-90.

Pada laga ke-92 itu Ronaldo tidak hanya mencetak gol di menit ke-31 saja, namun ia juga menyarangkan si kulit bundar ke gawang Sociedad pada menit ke-56. Sesungguhnya pemain jebolan Sporting Lisbon tersebut mencetak 101 gol pada laga ke-92 di La Liga selama berseragam Madrid.

Bahkan rekor yang diraihnya pada musim 2011/2012 tersebut merupakan bagian dari 46 gol Ronaldo, sebagai jumlah gol terbanyaknya selama enam musim berseragam Madrid. Lebih manis lagi, jumlah 46 gol CR7 tersebut membantu Madrid menjuarai La Liga 2011/2012.

Akan tetapi sayangnya gelar top skor musim itu masih kalah dari Lionel Messi, penyerang Barcelona, dengan raihan 50 gol. Padahal Ronaldo sempat unggul lima gol daripada Messi ketika mengalahkan Racing Santander pada Sabtu 18 Februari 2012 silam. Saat itu CR7 sudah mencetak 28 gol sedangkan Messi 23 gol.

Selanjutnya kedua pemain tersebut saling mengejar angka mencetak gol sampai Messi menyelesaikan menjadi top skor La Liga 2011/2012 atas 50 gol yang ditorehkannya. Persaingan dalam urusan paling banyak mencetak gol antara Ronaldo dan Messi pun masih terjaga pada La Liga musim sekarang. Di daftar pencetak gol terbanyak sementara La Liga 2014/2015 Messi masih memimpin dengan 32 gol. Sementara itu dibawahnya terus dibuntuti CR7 atas 31 gol yang sudah dikemasnya hingga La Liga pekan ke-28 ini.

Di sisi lain Ronaldo bakal semakin terlihat lebih ambisius mengejar ketertinggalan gol dari Messi. Mengingat untuk mengejar juara La Liga semakin jauh karena kekalahan Madrid dari Barcelona 2-1 pada pertandingan El Clasico Senin (23/3) dini hari kemarin.

Kendati Johan Cruyff sudah mewanti-wanti banyak orang bahwa pemain terbaik dunia itu hanyalah sekadar mitos, tetap saja persaingan antara Ronaldo dan Messi ini menjadi warna tersendiri dalam sepakbola kontemporer. Rivalitas keduanya, di samping cerita rivalitas-rivalitas antar kesebelasan dan para pendukungnya yang sering berdarah-darah dan mematikan, merupakan jenis rivalitas yang berbeda di banding yang lainnya.

Kini Madrid masih terjebak di peringkat dua dengan raihan 64 poin dari 28 pertandingan La Liga musim ini. Masih tertinggal empat poin dari Barcelona yang mengemas 68 poin dari jumlah pertandingan yang sama dengan Madrid.

Kendati cuma terpaut empat poin, namun cukup berat bagi Madrid untuk menyusul Barcelona menjadi juara La Liga karena performa Messi dkk sedang on-fire.

Maka bagi Ronaldo sendiri selain mempertahankan peluang juara liga Champions, menjadi top skor La Liga 2014/2015 salah satu target yang realistis. Sehingga boleh jadi CR7 bakal lebih sinis lagi kepada Gareth Bale, rekannya di Madrid, jika masih tak mau mengumpan kepada CR dan memilih mengeksekusi oleh dirinya sendiri.

Simak beberapa cerita rivalitas yang terkait Ronaldo lainnya:

Ronaldinho, Rivalitas Messi-Ronaldo, dan Siapa Pesepakbola Terbaik Dunia
Apa Artinya Uang 50 Ribu Rupiah untuk Ronaldo dan Messi?
Ronaldo dan Messi Tak Layak Meraih Ballon d’Or
Hal yang Membuat Ronaldo Lebih Unggul Dari Messi

Komentar