Liverpool vs Leeds United: Hattrick Salah Benamkan Perlawanan The Whites

Analisis

by Hendi Abdurahman

Hendi Abdurahman

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Liverpool vs Leeds United: Hattrick Salah Benamkan Perlawanan The Whites

Mohamed Salah menjadi bintang dalam pertandingan pekan perdana Liga Inggris 2020/21, ketika Liverpool bersua Leeds United di Stadion Anfield, Sabtu (12/9/2020). Hattrick yang dibikinnya membuat skuad arahan Jurgen Klopp mengamankan tiga angka.

Pemain asal Mesir tersebut membuka keunggulan tuan rumah saat laga berlangsung empat menit. Wasit memberikan penalti setelah pemain Leeds kedapatan handball di kotak terlarang. Maju sebagai eksekutor, tendangan keras Salah tak mampu dibendung Illan Meslier.

Kendati berstatus tim promosi, anak asuh Marcelo Bielsa tidak terlihat tegang menghadapi juara bertahan Premier League. Sejumlah peluang berhasil diciptakan. Hasilnya, pada menit 12, Jack Harrison mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Akan tetapi, Liverpool kembali merespons delapan menit berselang. Sundulan Virgil van Dijk memanfaatkan tendangan penjuru Andrew Robertson membuat tuan rumah unggul kembali.

Alih-alih panik karena tertinggal dua kali, The Whites justru bermain lebih berani. Dengan pressing tinggi didukung intensitas permainan yang konsisten, tim tamu mampu merepotkan lini pertahanan tuan rumah. Hasilnya, Patrick Bamford menorehkan gol kedua bagi Leeds United di laga ini.

Namun, permainan yang ditampilkan Leeds bukan tanpa risiko, apalagi lawan yang dihadapinya merupakan tim dengan sederet pemain berkualitas. Buktinya, Mohamed Salah lagi-lagi sukses membuat Liverpool unggul pada menit 33. Babak pertama berkesudahan 3-2.

Di babak kedua, situasi sedikit berbeda. Tuan rumah melakukan perubahan di lini tengah pada pertengahan babak. Naby Keita dan Jordan Henderson ditarik keluar, digantikan oleh Curtis Jones dan Fabinho. Pergantian ini membuat permainan Liverpool lebih dominan.

Meski demikian, justru Leeds yang membuat gol via tembakan Mateusz Klich. Gelandang berkebangsaan Polandia ini mampu mengeksekusi umpan Helder Costa dengan sempurna dan menyamakan kedudukan.

Pada akhirnya, keunggulan kualitas individu Liverpool menjadi pembeda. Lewat titik putih, Salah menorehkan gol ketiganya dua menit jelang waktu normal berakhir. Gol penalti Salah sekaligus mengunci kemenangan tuan rumah.

Link highlights Liverpool vs Leeds

“Ini kekalahan yang adil. Mereka [Liverpool] adalah lawan yang menyulitkan [kami] menetralisasi [permainan] mereka. Khususnya pada babak kedua, pertahanan kami kesulitan memenangkan bola untuk menyerang," kata Bielsa menanggapi kekalahan timnya.

“Kami tidak menciptakan [situasi] berbahaya dan meskipun tim berupaya dengan sangat bagus, itu tidak cukup untuk membuat laga seimbang,” lanjutnya.

Selain mencetak trigol, Salah juga terpilih sebagai man of the match. Usai pertandingan, ia mengaku senang dengan kemenangan yang diraih The Reds.

“Leeds United merupakan lawan yang sulit. Pressing mereka sangat tinggi, jadi intensitas pertandingannya benar-benar tinggi,” ujar Salah usai pertandingan.

“Saya senang dengan kemenangan ini. Namun, masih banyak pekerjaan rumah yang mesti dibenahi dan mencoba untuk tidak kebobolan gol sebanyak ini di laga selanjutnya,” lanjutnya.

Mohamed Salah pun memperpanjang rekor selalu mencetak gol di laga pembuka Liga Inggris. Ia telah mencetak gol di pekan perdana EPL selama empat musim beruntun. Hal ini membuat ia menjadi pemain kedua setelah legenda Timnas Inggris, Teddy Sheringham yang melakukan hal serupa bersama Nottingham Forest dan Tottenham Hotspur.

Dengan hasil ini, Liverpool untuk sementara bertengger di peringkat tiga di bawah Newcastle United dan Arsenal. Pada laga pekan depan, The Reds akan kembali menemui lawan sulit, yakni bertandang ke markas Chelsea.

Link streaming Liga Primer Inggris musim 2020/21

Komentar