Sejarah unik Memulai Pemanasan di Dalam Lapangan

Cerita

by redaksi

Sejarah unik Memulai Pemanasan di Dalam Lapangan

Tiga puluh menit jelang kick off dimulai biasanya para pemain melakukan pemanasan di tengah lapang ditemani asisten pelatih ataupun fisoterapi mereka. Tapi taukah anda budaya itu ternyata adalah hal yang baru dalam sepakbola.

Sampai dekade 1960-an, lazimnya para pemain melakukan pemanasan di ruang ganti. Pemanasannya pun hanya lari-lari kecil atau pemanasan ringan tanpa menggunakan bola. Dan di Inggrislah budaya itu didobrak lewat artis terkenal Paul Trevillon.

Pada dekade 1960-an Paul berkunjung ke Amerika Serikat untuk belajar pemasaran olah raga. Setelah kembali ke Inggris pada dekade 1970-an, Paul yang merupakan seorang fans Leeds United menyarankan pengelola klub untuk melakukan pemanasan di depan para fans menjelang kick off. Di masa itu hal ini adalah sesuatu yang tabu.

Paul beranggapan sarannya ini akan mendekatkan fans dan pemain tak hanya saat pertandingan dilakukan saja. Tak hanya itu berkat saran Paul, di sela-sela pemanasan Leeds mulai membagi-bagikan kaos kaki yang bertanda-tangan pemain kemudian melemparkannya kepada penonton. apa yang dilakukan Leeds ini memang efektif, jumlah penonton mereka pun semakin hari semakin meningkat.

Kesuksesan yang dilakukan Leeds ini mulai ditiru oleh klub-klub lainnya. Dan ternyata sejarah pemanasan di dalam lapangan bukanlah didasari oleh iming-iming akan kesadaran terhadap ilmiah, tapi kesadaran bahwa pemasukan uang bagi klub adalah segalanya.

(wam)

Komentar