Hasil Tottenham vs Everton: Tiga Debutan Bantu Kemenangan The Toffees

Analisis

by Redaksi 10

Redaksi 10

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Hasil Tottenham vs Everton: Tiga Debutan Bantu Kemenangan The Toffees

Everton meraih kemenangan tandang ketika bersua Tottenham Hostpur pada pekan perdana Liga Inggris 2020/21. Tiga debutan, yakni James Rodriguez, Allan, dan Abdoulaye Doucoure, memberikan dampak positif terhadap permainan The Toffees.

Carlo Ancelotti membuktikan bahwa para pemain anyar yang didatangkannya di awal musim adalah pilihan tepat dan sesuai dengan skema yang diinginkan. Meski kemenangan ini tidak dapat dijadikan tolok ukur karena kompetisi baru dimulai, setidaknya, apa yang diinstruksikan pelatih asal Italia tersebut dapat diaplikasikan dengan baik pada laga dini hari tadi.

Bermain di Stadion Tottenham Hotspur, The Toffees tampil percaya diri. Meski demikian, pada lima menit awal, tuan rumah yang tampil menggebrak. Akselerasi Son Heung-min di sisi kiri serta Lucas Moura di kanan cukup merepotkan barisan pertahanan Everton yang dikomandoi Yerry Mina.

Namun Spurs gagal menguasai jalannya babak pertama. Dari catatan Whoscored, Everton unggul dalam berbagai aspek, mulai dari penguasaan bola (48:52), umpan sukses, dribble, hingga tekel. Sementara Tottenham unggul dari segi tembakan tepat sasaran (3:1). Babak pertama berkesudahan dengan skor 0-0.

Link highlights Tottenham vs Everton

Sadar kalah penguasaan bola di lini tengah, Jose Mourinho melakukan pergantian pemain di babak kedua. Dele Alli digantikan Moussa Sissoko dengan harapan mampu mendominasi lini tengah. Namun, hal itu urung terjadi.

Bahkan, pada menit 55, berawal dari skema bola mati, Everton berhasil unggul setelah Dominic Calvert-Lewin memenangi duel udara dengan Eric Dier. Bola hasil tandukkan pemain asal Inggris itu gagal dibendung Hugo Lloris yang diam terpaku. Skor 0-1.

Gol yang diawali tendangan bebas Lucas Digne tersebut sempat diprotes Jose Mourinho. Menurutnya, tendangan bebas dilakukan empat meter lebih maju dari titik pelanggaran.

Setelah gol ini, beberapa peluang pun diciptakan oleh kedua kubu. Pada menit 69 tandukkan Lucas Moura masih terlampau lemah sedangkan sepakan Richarlison masih melebar. Namun, hingga wasit Martin Atkinson meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan, skor tetap 0-1 bagi kemenangan tim tamu.

Link streaming Liga Primer Inggris musim 2020/21

“Kesulitan kami berawal dari cara kami menekan atau, saya akan bilang, bagaimana kami tidak melakukan tekanan karena nyatanya tekanan kami kepada lawan sangat buruk,” ucap Mourinho kepada Sky Sports.

Ucapan Mourinho terlontar karena menurutnya para pemain tidak memberikan pressing yang ketat ketika lawan menguasai bola. Hal itu menyebabkan para pemain Everton bisa membangun serangan dari lini belakang. Dengan hasil ini, Mourinho menelan kekalahan di laga perdana untuk pertama kali sepanjang karier kepelatihannya.

Di lain pihak, pencetak gol tunggal Everton, Dominic Calvert-Lewin mengapresiasi permainan timnya. Ia memuji para pemain anyar yang memberikan perbedaan.

“Saya pikir mereka bermain fantastis. Dua pemain baru di lini tengah [Doucoure dan Allan] memiliki kekuatan. Penting bagi kami untuk menguasai lapangan tengah dan bekerja keras,” kata Calvert-Lewin.

Kemenangan ini memperbaiki catatan Everton dua musim sebelumnya. Pada laga perdana musim 2018/19 dan 2019/20, The Toffees hanya bermain imbang melawan Crystal Palace dan Wolves.

Komentar