Hati-Hati Bisikan John Terry

Analisis

by Adrianus Eduard Johanes

Adrianus Eduard Johanes

"Losing my religion to football"

Hati-Hati Bisikan John Terry

Untuk pertama kalinya sejak meninggalkan Chelsea pada 2017, John Terry akan kembali ke Stamford Bridge sebagai tamu. Menjabat sebagai asisten Dean Smith, Terry akan membawa Aston Villa untuk bertemu dengan tim asuhan Frank Lampard. Dalam 10 tahun terakhir, The Villans punya rekor buruk ketika tandang ke Stamford Bridge. Dari tujuh pertemuan, mereka hanya merasakan satu kemenangan (3-1), dan menelan lima kekalahan. Termasuk dibantai 7-1 pada 2010 dan 8-0 dua tahun kemudian.

Akan tetapi, Aston Villa saat ini memiliki Terry di pihak mereka. Ia adalah sosok yang mengenakan seragam The Blues selama dua dekade lebih (1995-2017), dari akademi hingga menjadi kapten dan memberi gelar Liga Champions kepada klub. Persahabatan Terry dan Lampard terekam jelas. Meskipun demikian, bukan berarti Terry akan diam dan tidak menjalankan tugasnya sebagai asisten manajer ketika bertemu tim asuhan Lampard.

Buktinya saat Aston Villa bertemu Derby County asuhan Lampard di final play-off EFL Championship 2018/2019. Dean Smith optimis bisa merebut tiket ke Liga Primer Inggris dengan mengalahkan The Rams dan Terry adalah alasan utamanya.

Live streaming gratis Chelsea vs Aston Villa

“Saya punya John Terry sebagai pembakar semangat anak-anak. Ia sudah merasakan dan memenangkan segalanya. Dirinya merasakan puncak karier bersama Chelsea dan Tim Nasional Inggris. Saya tidak butuh orang lain,” ungkap Smith. Hasilnya, John McGinn menang 2-1 dan kembali ke divisi tertinggi sepakbola Inggris.

“Saya sebenarnya tidak suka melihat Lampard merasakan hal ini [kalah di final], apalagi setelah mereka berhasil memutar keadaan melawan Leeds United. Saya kenal beberapa orang di sana [Derby County], Lampard, Jody Morris, dan Ashley Cole. Saya yakin mereka bisa bangkit dari kekalahan ini,” buka Terry setelah memenangi play-off.

“Saya masih belajar untuk bisa menjadi manajer yang baik. Dean Smith mengajarkan banyak hal pada saya. Saya juga tidak takut untuk melakukan pekerjaan kotor yang mereka berikan. Semua bagian dari pembelajaran bagi saya,” lanjutnya.

Setelah promosi, Terry sebenarnya sempat mendapatkan tawaran dari berbagai kesebelasan. Mulai dari Middlesbrough hingga Brondby disebut mendekati Terry. Bahkan Derby County sempat disebut memiliki niat mengisi posisi yang ditinggalkan Lampard dengan sahabatnya tersebut. Lampard membantah rumor itu dan Terry bertahan di Aston Villa.

Sebagai pelatih, Terry disebut sebagai sosok yang sangat membantu anak-anak asuhnya. Ia memberikan mereka standar tinggi untuk berlatih. “Dia gemar ikut serta dalam latihan dan dirinya punya standard tinggi. Standar yang sama ia gunakan di Chelsea diterapkan kepada mereka,” puji Smith.



Video: 5 gol terbaik John Terry bersama Chelsea

“Terry sangat membantu kami, saya senang ada di kesebelasan yang punya tim pelatih berkelas seperti Aston Villa. Ketika Terry berbicara, Anda tentu hanya akan diam, mendengarkan, dan lakukan perintah dia. Tapi dirinya juga senang mengajak kami berbincang. Saya sering berbincang dengannya. Saat ini, mungkin saya sudah mengenalnya secara personal,” tambah bek Aston Villa, Frédéric Guilbert.

Bulan Desember akan menjadi masa-masa yang berat untuk seluruh kesebelasan di Liga Primer Inggris. Termasuk Chelsea yang akan menjalani tujuh pertandingan sebelum tahun baru. Jika melihat kekuatan lawan The Blues di atas kertas, seharusnya hanya Tottenham Hotspur (22/12) dan Arsenal (29/12) yang bisa merepotkan mereka.

Kehadiran Terry di Aston Villa mengubah semua itu. Terry mengenal Lampard lebih dalam dibandingkan kebanyakan orang. Dirinya bahkan mengenal pemain-pemain muda The Blues yang diandalkan Lampard. Semua pemain muda yang ada di tim utama Chelsea saat ini sudah dilihat Terry dari masa-masa mereka bermain di akademi. Bisikan Terry bisa berbuah malapetaka untuk Lampard dan Chelsea.

Saksikan pertandingan Chelsea melawan Aston Villa, kembalinya John Terry, di Mola TV pada Kamis, 5 Desember 2019 pada pukul 02.30 WIB. Aplikasi, parabola, ataupun Polytron Streaming. Aplikasi Mola TV dapat diunduh secara gratis dan hanya membutuhkan registrasi untuk menyaksikan pertandingan ini dengan format High Definition.

Komentar