Panggung Audisi John McGinn

Cerita

by Adrianus Eduard Johanes Saerong

Adrianus Eduard Johanes Saerong

"Losing my religion to football"

Panggung Audisi John McGinn

Tanpa disadari, pertandingan antara Manchester United kontra Aston Villa memiliki banyak cerita. The Villans mungkin tak pernah meraih kemenangan atas Manchester United sejak 2010. Dari 14 pertemuan terakhir kedua kesebelasan, klub asal Kota Birmingham tersebut hanya tiga kali menahan the Red Devils imbang dan sisanya berakhir dengan kekalahan. Akan tetapi, laga ini sering jadi panggung audisi di mata Manchester United.

Pada April 2009, Federico Macheda mencuri perhatian dengan menjadi pahlawan kemenangan the Red Devils di Villa Park (3-2). Performa Macheda pada pertandingan itu bahkan membuat dirinya menjadi salah satu pemain muda di tim senior yang sering diandalkan Sir Alex Ferguson. Ferguson mengorbankan Joshua King untuk memberikan tempat kepada penyerang asal Italia tersebut.

“Pihak klub sebenarnya ingin saya memperpanjang kontrak di Old Trafford. Namun Sir Alex [Ferguson] lebih memilih Macheda. Saya hanya main empat kali di tim senior. Jadi lebih baik saya pergi,” ungkap King yang kini merasakan masa-masa terbaiknya bersama AFC Bournemouth.

Sekitar enam bulan setelah aksi heroik Macheda, giliran Ashley Young membuat Manchester United terkagum-kagum. Young yang ketika itu masih menggunakan seragam Aston Villa menjadi bintang dalam pertandingan. Berperan sebagai arsitek gol Gabriel Agbonlahor dan memberi kemenangan untuk the Villans. Kemenangan terakhir mereka atas Manchester United (1-0).

Young pun akhirnya diangkut Ferguson ke Old Trafford pada 2011. “Kami sedikit terlambat merekrut Young. Dirinya sudah menjadi dewasa di Aston Villa. Penampilannya bersama the Villans pada musim 2010/2011 patut mendapatkan apresiasi lebih. Terutama di akhir-akhir musim, mengingat mereka ada dalam posisi sulit saat itu,” puji Ferguson.

Young merupakan pemain terakhir yang direkrut Manchester United dari Aston Villa. Setidaknya hingga 30 November 2019. Akan tetapi menjelang pertemuan pertama kedua kesebelasan di Liga Primer Inggris 2019/2020 (1/12), satu nama berpeluang mencuri perhatian Ole Gunnar Solskjaer: John McGinn.

Saksikan Manchester United vs Aston Villa melalui parabola atau Polytron Streaming Mola TV

Menurut mantan pemandu bakat Aston Villa, Bobby Jenks, McGinn merupakan pemain yang sempurna untuk Manchester United. Bahkan dirinya percaya jika mereka masih diasuh Ferguson, McGinn sudah di Old Trafford sejak musim panas 2019. “Performa McGinn sejauh ini membuat namanya tercatat sebagai salah satu gelandang terbaik liga. Saya tahu bahwa Sir Alex [Ferguson] sedang bertanya-tanya, mengapa Manchester United belum memberikan tawaran untuk talenta Skotlandia satu itu,” kata Jenks pada the Athletic.

“Dia [Ferguson] pasti akan terus memantau McGinn dan memberi tahu teman-temannya di Manchester United. McGinn adalah gelandang dengan mobilitas tinggi. Dirinya merupakan mesin penggerak di atas lapangan. Ia juga bisa membantu penyerang untuk mencetak gol,” jelas Jenks.

Bukan hanya Jenks, mantan pemain Manchester United Alan Brazil dan Steve Bruce juga merasa McGinn adalah pemain yang tepat untuk tim asuhan Solskjaer. “McGinn jelas pemain dengan talenta. Tapi kami [Aston Villa] sempat ragu kepada dirinya. Performa dia saat ini adalah bukti bahwa dirinya sudah banyak berkembang dan berusaha. Ia merupakan pembelian terbaik saya selama mengasuh Aston Villa. McGinn sudah ada di level yang layak untuk bermain dengan Manchester United dan dirinya akan menjadi lebih baik lagi,” aku Bruce. “McGinn pasti membuat publik Old Trafford kembali energik lagi,” tambah Brazil.

Aston Villa tentu tidak mau melepas McGinn. Mengatakan bahwa hanya tawaran luar biasa yang dapat membuat mereka menjual gelandang Skotlandia tersebut. Akan tetapi menurut laporan FourFourTwo, the Red Devils siap untuk melempar 50 juta Paun untuk menggaet McGinn di bursa transfer Januari.

Hingga pekan ke-13 Liga Primer Inggris 2019/2020, McGinn sudah terlibat dalam lima gol Aston Villa. Tanpa kontribusi McGinn, the Villans akan kehilangan empat poin dan berada di zona degradasi. Tifo Football menyebut McGinn sebagai ‘statistical unicorn’. Memiliki rataan menggiring bola dan umpan-umpan panjang yang tinggi meski bermain sebagai gelandang tengah.

Semua pujian dan data itu hanyalah faktor penguat untuk Manchester United mengejar jasa McGinn. Hal paling penting adalah pengaruh dan performa dia di atas lapangan. Pada 1 Desember 2019, Ole Gunnar Solskjaer akan menyaksikan dan menilai langsung McGinn di hadapan publik Old Trafford.

Sama seperti Macheda dan Young, pertandingan antara Manchester United dan Aston Villa merupakan panggung audisi untuk McGinn. Andaikan Solskjaer terkesan dengan penampilannya bukan tidak mungkin dirinya mendarat di Old Trafford dalam waktu dekat. Mengikuti jejak para seniornya seperti Stan Crowther, Colin Gibson, Les Sealey, Dwight Yorke, Mark Bosnich, dan Young.

Menurut Transfermarkt, Aston Villa adalah salah satu distributor utama Manchester United dengan mengirim enam pemain ke Old Trafford. Hanya Leeds United, Arsenal (7), dan akademi Manchester United (170) yang lebih sering mengirim pemain ke Old Trafford dibandingkan Aston Villa. McGinn bisa menambah angka tersebut dan membuat the Villans sejajar dengan Leeds dan Arsenal jika tampil bagus di Old Trafford (1/12). Saksikan audisi John McGinn dengan berlangganan parabola dan Polytron Streaming Mola TV.

Komentar