Analisa Hasil Berbeda Persib Bandung dan Persipura di AFC Cup

Analisis

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Pemimpin Redaksi | Pesepakbola Tarkam | Juru Taktik
ardynshufi@gmail.com

Analisa Hasil Berbeda Persib Bandung dan Persipura di AFC Cup

Hasil akhir berbeda diraih dua wakil Indonesia yang berlaga di ajang AFC Cup 2015. Jika pada laga pertama Persipura Jayapura dan Persib Bandung sama-sama meraih kemenangan, kali ini hanya Persipura yang kembali meraih poin penuh. Persib, hanya mampu membawa pulang satu poin.

Persipura menghadapi wakil asal India, Bengaluru FC. Kesebelasan berjuluk Mutiara Hitam ini menang dengan skor yang sama seperti kala mengalahkan Warriors FC pada pertandingan pertama, 3-1. Gol Persipura dicetak oleh Ian Louis Kabes dan dua gol yang diciptakan gelandang asal Argentina, Robertino Pugliara.

Sementara itu, Persib yang menghadapi kesebelasan asal Myanmar, Ayeyawady United, gagal meraih kemenangan meski cukup mendominasi permainan. Sempat unggul terlebih dahulu lewat gol Atep pada penghujung babak pertama, mantan penyerang Pelita Jaya, Edison Fonseca, menyamakan kedudukan lewat tendakan jarak jauh pada babak kedua. Skor 1-1 bertahan hingga babak dua berakhir.

Persipura Memanfaatkan Komposisi Pincang Bengaluru

Persipura menjalani laga keduanya di AFC Cup dengan cukup enjoy. Kemenangan tandang yang diraih skuat asuhan Osvaldo Lessa atas Warriors FC membuat permainan Persipura pada laga ini terlihat begitu percaya diri. Bahkan Persipura unggul cepat melalui gol Louis Kabes ketika pertandingan baru berjalan empat menit.

Persipura memang langsung menekan pertahanan Bengaluru sejak menit pertama. Serangan demi serangan lahir lewat pergerakan cepat yang memanfaatkan area sayap, khususnya di sisi kanan. Boaz Salossa kerap kali mampu melewati hadangan pemain bertahan Bengaluru yang dikawal dua bek asing, Curtis Osano dan John Johnson.

Lessa memang benar-benar memanfaatkan kecepatan anak asuhnya pada laga ini. Tampaknya Lessa ingin memanfaatkan garis pertahanan tinggi yang diterapkan lini pertahanan Bengaluru. Empat bek sejajar Bengaluru sering naik mendekati lingkar lapangan tengah ketika pemain Persipura masih menguasai bola di area pertahanannya sendiri.

Skema ini mebuahkan hasil pada menit ke-22. Immanuel Wanggai yang menguasai bola di depan kotak penalti, langsung mengirimkan operan jauh ke area flank di sisi kanan. Boaz dengan kecepatannya menggapai bola tersebut. Kemudian ia mencari posisi yang ideal untuk melepaskan umpan matang ke tiang jauh. Di sanalah muncul Robertino menyambut operan tersebut dengan sundulan.



Setelah gol ini, lini pertahanan Bengaluru mulai berhati-hati dalam menaikkan garis pertahanannya. Joshua Walker yang menjadi gelandang bertahan pada laga ini, mulai jarang membantu penyerangan untuk membantu lini pertahanan.

Namun Persipura tak kehabisan akal. Cara Mutiara Hitam melancarkan serangan pun mulai bervariasi. Umpan-umpan pendek mulai berani diperagakan untuk menembus lini pertahanan Bengaluru yang mulai solid semenjak Joshua bermain lebih bertahan.

Kecepatan yang dimiliki para pemain Persipura kembali tak mampu dibendung lini pertahanan Bengaluru. Kombinasi Boaz dan Kabes yang begitu cair berhasil mengelabui sisi kiri pertahanan Bengaluru. Kabes kemudian mengirimkan umpan silang mendatar ke kotak penalti. Robertino, lagi-lagi berada di tempat yang ideal untuk melesakkan bola ke gawang Bengaluru yang dikawal Lalthummawia Ralte.

Persipura bisa menguasai jalannya pertandingan ini sebenarnya tak pelak dari pincangnya skuat Bengaluru. Pada laga ini, Bengaluru tak bisa menampilkan empat pemain pilarnya karena tengah bergabung dengan timnas India yang akan menghadapi Nepal pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2018.

Penyerang asing mereka, Sean Rooney, baru sembuh dari cedera. Sehingga pada laga ini, penyerang asal Australia tersebut begitu kesusahan untuk melewati hadangan Ricardo Salampessy dan Dominggus Fakdawer yang menjadi palang pintu di lini pertahanan Persipura.

Kemenangan ini memantapkan Persipura di puncak klasemen sementara grup E. Persipura unggul tiga poin atas Bengaluru dan Maziya yang sama-sama memilki poin tiga. Persipura sendiri selanjutnya akan bertandang ke Maladewa untuk menghadapi Maziya yang menaklukkan Warriors FC dengan skor 2-0.

via: the-afc,com
via: the-afc,com

Halaman Berikutnya: Keberhasilan Ayeyawady United Memforsir Stamina Pemain Persib

Komentar