On This Day 1985, Gelar Terakhir United Sebelum Era Fergie

Backpass

by redaksi

On This Day 1985, Gelar Terakhir United Sebelum Era Fergie

Pada 18 Mei 1985, 29 tahun lalu, Manchester United berhasil meraih trofi FA Cup setelah mengalahkan Everton dengan skor 1-0. Gol dicetak Norman Whiteside pada menit 110 di masa perpanjangan waktu.

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Wembley itu, Everton sedang memburu gelar treble musim itu. Tim yang diasuh oleh Alan Harper itu memang sedang moncer-moncernya pada musim 1984/1985. Mereka berhasil menjuarai Liga Inggris dan Piala Winners Eropa. Gol Whiteside menggagalkan ambisi Everton meraih treble.

United sendiri bermain dengan 10 orang pada babak perpanjang waktu. Center back, Kevin Moran, diusir wasit karena dianggap melakukan pelanggaran terhadap pemain Everton, Peter Reid, yang dalam posisi sangat bagus untuk mencetak gol.

Gol tunggal yang dicetak anak asuhan Ron Atkinson itu lahir melalui skema serangan balik. Umpan pertama sebenarnya berupa clearance yang dilakukan salah seorang defender United. Bola jatuh tepat ke rekan satu timnya  yang lantas membuat umpan kedua kepada Mark Hughes. Striker asal Wales itu turun menjemput bola. Di daerahnya sendiri, Hughes sangat anggun menguasai bola dan dengan sangat tenang mengirim umpan terobosan dengan kaki kanan bagian luarnya.

Umpan terobosan itu mengarah ke sisi kiri pertahanan Everton dan dikejar oleh Whiteside yang bergerak dari posisi striker. Pemain yang saat itu baru berusia 20 tahun itu dengan cepat memasuki kotak penalti. Fullback kiri Everton, Pat Van Den Hauwe, mencoba menghadang. Tapi Whiteside dengan brilian mengirim tendangan sangat akurat dengan kaki kirinya ke arah tiang jauh. Kiper Everton, Neville Southall, gagal menyelamatkan gawangnya. Gol!

Bagi Whiteside, gol yang dicetaknya itu mengukirkan namanya saat itu sebagai pemain paling muda dalam sejarah yang berhasil mencetak gol di final FA Cup. Sebelumnya, pada final Piala Liga musim 1982/1983, Whiteside juga berhasil mencatatkan rekor sebagai pemain termuda dalam sejarah yang mencetak gol di final Piala Liga saat menghadapi Liverpool. Sayang gol Whiteside itu gagal memberikan gelar pada United. Liverpool akhirnya keluar sebagai juara.

Bagi United sendiri, gelar Piala FA 1984/1985 ini menjadi trofi terakhir yang mereka dapat di era sebelum kedatangan Fergie. Musim berikutnya, United gagal meraih satu pun trofi. Ron Atkinson kemudian digantikan oleh Alex Ferguson.



[video id="B1fDkYBahEg" site="youtube"][/video]

foto: espnfc.com

Komentar