Tiga Momen Golden Goal di Sepakbola

Cerita

by redaksi

Tiga Momen Golden Goal di Sepakbola

Istilah Golden Goal pertama kali diperkenalkan oleh FIFA pada tahun 1993. Golden Goal yang juga dikenal dengan istilah “sudden death”, adalah metode yang digunakan untuk menentukan pemenang dalam satu pertandingan.

Aturannya sederhana, jika terjadi perpanjangan waktu dalam suatu pertandingan, tim pertama yang mencetak gol, langsung keluar sebagai pemenang. Tetapi, pada Februari 2004, International Football Association Board (IFAB) memutuskan untuk menghapus aturan golden goal dari Laws of he Game.

Sampai saat ini, keputusan IFAB itu masih mengundang kontroversi. Ada pihak yang setuju aturan ini dihapus, sebagian lagi menginginkan aturan ini diberlakukan kembali.

Berikut ini tiga momen golden goal yang patut dikenang dalam sejarah sepakbola.

1. Final EURO1996 (Jerman vs Rep.Ceko)

Oliver Bierhoff, tercatat dalam sejarah sebagai pencetak golden goal pertama di kompetisi Eropa. Golnya ke gawang Ceko pada masa perpanjangan waktu, menjadikan Jerman sebagai Juara Euro 1996.

[video id="nAdCWfCDSGo" site="youtube"][/video]

2. Final EURO2000 (Italia vs Perancis)

Hasil imbang 1-1 hingga akhir babak kedua, memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. Adalah David Trezeguet yang menjadi penentu kemenangan les Bleus atas Italia, setelah berhasil menjebol gawang Toldo pada menit 103.

[video id="3lhJ4-sEQeA" site="youtube"][/video]

3. Piala Dunia 2002 (Korea Selatan vs Italia)

Golden goal Ahn Jung-Hwan membuat Korea Selatan unggul 2-1 atas Italia, sekaligus membawa tim asuhan Guus Hiddink lolos ke babak 8 besar Piala Dunia Korea-Jepang.

[video id="ptVjmXQLQBA" site="youtube"][/video]

(lux)

Komentar