Profil Timor Leste U-23: Kejutan Dari Usia Muda

Analisis

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Profil Timor Leste U-23: Kejutan Dari Usia Muda

Timor Leste tergabung dengan Indonesia dan Malaysia dalam Grup B Piala AFF U-23 yang diselenggarakan dari 17-26 Agustus 2023 di Thailand. Indonesia akan menjadi lawan pertama Timor Leste yang digelar 20 Agustus 2023 pada kompetisi tersebut. Kendati bertemu dengan Indonesia, Timor Leste dipastikan tidak akan diperkuat Gali Freitas.

Pemain tersebut merupakan winger andalan Timor Leste yang berkiprah di Indonesia bersama PSIS Semarang. Penampilan bersama PSIS pun sangat apik atas dua gol dan satu asis dari enam pertandingan Liga 1 2023/24. Rupanya, Federasi Sepak Bola Timor Leste tidak memanggil pemain yang diandalkan secara reguler oleh klubnya.

Mengingat jika AFF bukanlah kompetisi resmi FIFA, sehingga Timor Leste akan memberikan kesempatan kepada pemain-pemain lain untuk tampil ke permukaan. "Tidak dipanggil. Federasi sepak bola Timor Leste tidak mau manggil pemain yang bermain aktif di klubnya," beber Yoyok Sukawi seperti dikutip dari Bola Sport.

Dengan kebijakan itu, bisa jadi sinyal positif maupun negatif bagi para calon lawan-lawannya. Sinyal positifnya bahwa Timor Leste tidak memanggil para pemain andalannya sehingga diperkirakan langkahnya tidak terlalu berat. Bisa juga jadi sinyal negatif karena lawan-lawannya akan buta kekuatan Timor Leste.

Sebab, kiprah Timor Leste di kelompok umur cukup diperhitungkan setelah meraih juara tiga Piala AFF U-23 2022. Tim yang dilatih Park Soon-tae ini memiliki tugas untuk mengembangkan para pemain mudanya. Agar mereka bisa semakin matang di level senior. Wajar karena persepakbolaan Timor Leste senior di ASEAN pun tidak terlalu diperhitungkan. Tim Nasional sepak bola berjuluk Lafaek ini tidak pernah lolos dari fase grup.

Tentu hal itu berbeda dengan apa yang ditunjukan para pemain-pemain mudanya. Maka dari itu skuad muda Timor Leste lebih diwaspadai dan diperkirakan bisa memberi kejutan di AFF U-23 tahun ini. Sebelumnya, mereka pun secara mengejutkan mengalahkan Filipina U-23 dengan skor 3-0 pada laga penyisihan Grup A SEA Games 2021, Kamis (4/5).

Elias Da Costa, John Frith Ornai, Joao Bosco, Luis Figo, Mouzinho, dan Olagar Fernando, menjadi sorotan pada kompetisi tersebut. "Kita juga harus hati-hati dengan Timor Leste. Mereka bukan lagi tim sembarangan," kata Azraai Khor Abdullah, Pelatih Malaysia U-23, seperti dikutip dari CNN.

Skuad Timor Leste U-23 di Piala AFF U-23

Kiper: Junildo, Georgino Mendoca

Bek: Filomeno Junior,Gumario, Jaimito Soares, Joao Halle, Nelson Viegas, Orcelio, Tomas Sarmento, Yohanes Gusmao

Tengah: Armindo de Almeida, Cristevao, Dom Lucas Braz, Elias Mesquita, Jhon Firth, Natalino da Costa

Penyerang: Alexandro Kefi, Anizo Correira, Mouzinho, Zenivio

Ikuti terus perkembangan dan nikmati konten eksklusif dari turnamen sepakbola terbesar di Asia Tenggara di akun resmi sosial media Piala AFF, @affmitsubishielectriccup dan @affu23championshipofficial.

Komentar