Profil Brunei Darussalam: Fokus Mengembangkan Potensi Muda

Analisis

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Profil Brunei Darussalam: Fokus Mengembangkan Potensi Muda

Brunei Darussalam akan bertemu tiga pesaing di Piala AFF U-23 2023. Yaitu Kamboja, Myanmar, dan Thailand sebagai tuan rumah dari 17 sampai 26 Agustus mendatang. Kamboja akan menjadi lawan pertama Brunei di Stadion PTT, Rayong, Kamis (17/8).

Apakah Brunei akan mampu bersaing atau justru hanya jadi pelengkap saja? Sebanyak 23 pemain sudah dipanggil oleh Atsushi Hanita sebagai pelatih. Ia menjadwalkan terbang ke Vientiane untuk uji tanding dengan Laos sebagai persiapan AFF U-23 tahun ini. Bahkan sejak awal ditunjuk jadi pelatih Brunei U-23, Atsushi langsung membawa skuadnya berlatih di Arab Saudi pada Juni lalu.

Disinyalir bahwa Brunei melakukan latihan taktis untuk memperagakan permainan menyerang. Keseriusan tim nasional sepak bola ini juga tidak lepas dari absennya saat SEA Games 2023 lalu. Sekarang, Brunei ingin menunjukan keseriusannya di AFF U-23 dengan mendatangkan pelatih asal Jepang dan jadwal latihan serta uji tanding cukup padat.

Persiapan Brunei juga bukan hanya untuk AFF U-23 saja, melainkan juga Kualifikasi Piala Asia 2024 dalam level senior. Persiapan Atsushi bisa dibilang berat karena 23 pemain yang dipanggil olehnya sangatlah minim pengalaman internasional. Apalagi dengan gejolak pembekuan kompetisi sepak bola yang sempat dialami Brunei beberapa tahun lalu dan wabah COVID-19.

"Meskipun memiliki sedikit waktu untuk mempersiapkan diri, kami bekerja untuk memperbaiki masalah yang muncul setiap pertandingan yang memungkinkan pemain dan tim untuk tumbuh melalui kompetisi," kata Atsushi seperti dikutip dari situs JFA. "Saya akan terus bekerja untuk membuat pondasi pengembangan tim nasional, akar rumput, pengembangan pemain muda, dan pendidikan pelatih di Brunei," sambungnya.

Maka dari itu diperkirakan jika Atsushi tidak akan pasang target muluk-muluk pada Piala AFF U-23 kali ini. Pelatih kelahiran 11 April 1979 ini lebih fokus ke pengembangan pemain mudanya saat ini untuk masa depan sepak bola Brunei.

Namun ada sedikit gambaran dalam skuad yang dibawa Atsushi. Terdapat tiga pemain yang diperkirakan akan selalu menjadi andalan Brunei pada Piala AFF U 23 mendatang. Yaitu, Nazry Aiman Azaman dan Syafiq Safiuddin di posisi gelandang serta Syaherrul Affendy di lini depan.

Diantara pemain Brunei U-23 lainnya, tiga pemain itu paling sering dimainkan dalam beberapa uji tanding terakhir Brunei U-23.



Daftar Pemain Brunei Darussalam untuk Piala AFF U-23 2023:

Kiper: Jefri Syafiq Ishak, Khairul Hisyam Norihwan, Riyan Aiman Jali

Belakang: Amirul Aizad Zaidi, Nazhan Zulkifle, Abdul Basith Murtadha Billah Hussin, Abdul Wafiy Yazid Sudirman, Hirman Abdul Latip, Khoirunnaas Khalid, Wafiq Danish Hasimulabdillah

Gelandang: Syafiq Safiuddin Abdul Shariff, Abdul Hafiy Herman, Ali Munawwar Abdul Rahman, Azhari Danial Yusra, Hadif Aiman Adanan, Haziq Naqiuddin Syamra, Imam Mahdi Suhaimi, Khairan Zikry Zulkhairi, Rozandy Anak Bujang

Penyerang: Syaherrul Affendy Syahmirul Nizam, Bazli Aminuddin, Qusyairi Haiqal Arabimulfhasal

Ikuti terus perkembangan dan nikmati konten eksklusif dari turnamen sepakbola terbesar di Asia Tenggara di akun resmi sosial media Piala AFF, @affmitsubishielectriccup dan @affu23championshipofficial.

Komentar