Pochettino Merapat ke Chelsea Dengan Kontrak Dua Tahun

Berita

by Arienal A Prasetyo

Arienal A Prasetyo

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Pochettino Merapat ke Chelsea Dengan Kontrak Dua Tahun

Chelsea resmi mengumumkan Mauricio Pochettino sebagai pelatih baru mereka di musim 2023/2024. Pelatih asal Argentina itu dikontrak selama dua tahun dengan opsi perpanjangan.

Pelatih berusia 51 tahun itu kini kembali berkarir di Liga Primer Inggris setelah sempat menangani Paris Saint Germain (PSG) di musim 2021/2022.

Sebelumnya, Pochettino pernah menjadi manajer Southampton (2013-2014) dan Tottenham Hotspur (2014-2019).

Kedatangan Pochettino diharapkan mampu mengangkat performa Chelsea yang terpuruk di musim 2022/2023. Klub berjuluk The Blues itu hanya menempati posisi 12 klasemen akhir.

"Kami senang Mauricio akan bergabung dengan Chelsea. Mauricio adalah pelatih kelas dunia dengan rekam jejak yang luar biasa. Kami semua menantikan kehadirannya," kata pemilik Chelsea, Todd Boehly dilansir dari situs resmi klub.

Di awal musim 2022/2023, The Blues dinahkodai oleh Thomas Tuchel. Performa Tuchel yang dianggap tidak memuaskan karena hanya menang tiga kali dalam tujuh pertandingan awal Premier League membuatnya digantikan oleh Graham Potters pada September 2022.

Di bawah Potter pun performa N`golo Kante dkk tidak maksimal. Dalam 31 pertandingan, Potter hanya mampu mencetak sebelas kemenangan, delapan hasil seri, dan sisanya kekalahan. Bahkan di bulan Februari 2023, Chelsea hanya mencetak satu gol di semua kompetisi. Meski berhasil meloloskan Chelsea ke babak perempat final Champions League setelah menyingkirkan Borussia Dortmund, Potter tetap didepak.

Pada awal April 2023, Potter didepak dan digantikan oleh Frank Lampard. Kedatangan Lampard pun tidak lantas membuat performa Chelsea membaik.

Dalam sembilan pertandingan Premier League di bawah pelatih yang juga didepak Everton itu, Chelsea hanya meraih satu kemenangan, dua kali seri, dan sisanya kalah - belum lagi dengan hasil minor dikalahkan Real Madrid di babak perempat final Champions League.

Pochettino diwarisi skuad yang cukup mentereng. Chelsea yang jor-joran di bursa transfer musim lalu, punya banyak pemain potensial.

Di posisi penyerang ada Joao Felix, Mykhailo Mudryk, Raheem Sterling, serta Kai Havertz.

Di posisi gelandang terdapat pemain muda terbaik Piala Dunia 2022, Enzo Fernandes yang bahu membahu menjaga lini tengah The Blues bersama Mateo Kovacic.

Di lini belakang, Chelsea masih punya Ben Chillwell, Reece James, Thiago Silva, dan Kalidou Koulibaly, untuk melindungi penjaga gawang yang diisi Kepa Arrizabalaga atau Edouard Mendy.

Komentar