Kesadaran Sejarah Melalui Jersey Persiba Bantul

PanditSharing

by Pandit Sharing

Pandit Sharing

Ingin menulis di PanditFootball.com? Kirimkan ke sharingpandit@gmail.com

1. Lengkapi dengan biodata singkat dan akun Twitter di bawah tulisan
2. Minimal 900 kata, ditulis pada file Ms. Word
3. Tulisan belum pernah dipublikasikan di media apapun (blog, website, forum, dll)
4. Tambahkan alamat lengkap dan nomor HP (tidak dipublikasikan)

Kesadaran Sejarah Melalui Jersey Persiba Bantul

Oleh: Ari Wijanarko (@ariwriw)

Sepakbola merupakan olahraga yang sudah sejak lama tumbuh dan dikenal oleh sebagian besar masyarakat. Di Indonesia, sepakbola merupakan olahraga yang cukup populer baik dalam permainan olahraga ataupun tentang mendukung suatu tim. Yogyakarta misalnya, salah satu kota besar di Indonesia yang menjadi saksi perjuangan lahirnya federasi sepakbola Indonesia ini memiliki tiga klub yang bisa dikatakan mempunyai nama dan jumlah pendukung yang cukup fanatik, yaitu PSIM Jogjakarta , PSS Sleman, dan Persiba Kabupaten Bantul.

Membahas tentang Persiba dengan Kabupaten Bantul-nya, secara geografis merupakan bagian dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang berada di selatan kota Yogyakarta. Klub yang lahir pada tanggal 21 September 1967 ini mempunyai perjalanan panjang yang cukup mengesankan. Mulai pada tahun 2004-2005, Tim Nasional Indonesia U-19 dititipkan di Persiba. Hingga puncaknya di tahun 2011, klub kebanggan masyarakat Bantul ini, keluar menjadi juara divisi utama setelah mengalahkan Persiraja Banda Aceh di Manahan Solo.

Layaknya klub sepak bola pada umumnya, Persiba juga memiliki pendukung atau suporter yang fanatik, misalnya Paserbumi, Curva Nord Famiglia, RUF dan Panjerpentul yang mempunyai berbagai cara dalam mendukung klub, namun memiliki satu tujuan, untuk Persiba.

Dalam sepakbola sesama individu yang memiliki ketertarikan pada suatu nilai yang terkandung dalam suatu tim, dapat membuka jalan terbentuknya identitas kelompok yang biasa disebut sebagai fans club. Nilai-nilai ketertarikan individu, yang tengah melakukan observasi terhadap dirinya dan sepakbola, biasanya terkait dengan harga diri, pelarian dari kehidupan sehari-hari, atau sekedar sebagai hiburan.

Suporter adalah suatu bentuk kelompok sosial yang secara relatif tidak teratur dan juga terjadi karena ingin melihat sesuatu. Suporter sepakbola adalah kerumunan yang mana dapat diartikan sebagai sejumlah orang yang berada di tempat yang sama,. Ada kalanya juga tidak mengenal satu sama lain. Kerumunan semacam ini, hampir sama dengan khalayak penonton karena adanya pusat perhatian yang sama sebagai perkumpulan kelompok orang dalam memberi dukungan sekaligus semangat untuk sebuah tim.

Dalam hal ini, suporter memiliki banyak cara dalam mendukung klub kebanggan mereka, baik secara langsung maupun tidak. Secara langsung misalnya, datang langsung ke stadion untuk menikmati jalannya pertandingan. Sementara secara tidak langsung bisa menikmati pertandingan dari media, misalnya melalui siaran media sosial, situs web, televisi streaming, podcast, dan media lainnya. Namun ada hal yang unik dilakukan beberapa suporter di Indonesia, salah satunya adalah adanya komunitas yang bergerak dalam bidang pengumpulan arsip. Uniknya, arsip yang dikumpulkan bukanlah berbentuk, tulisan, ataupun foto, melainkan dari jersey.

Jersey merupakan baju atau seragam yang dikenakan oleh pemain dalam pertandingan di sebuah klub. Ada beberapa macam motif dan warna jersey yang menggabarkan identitas sebuah klub. Jersey juga bisa dikenakan oleh para pendukungnya.

https://www.instagram.com/p/CGT0s8ADgGn/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Panjerpentul (Pandemen Jersey Persiba Bantul) salah satu komunitas pecinta jersey yang secara kolektif mengumpulkan jersey Persiba dari tahun ke tahun. Komunitas yang berdiri pada tahun 2015 ini, memiliki jumlah anggota 20 orang dari elemen suporter Persiba. Pecinta Persiba ini mempunyai satu tujuan, yakni menjaga dan merawat sejarah dari jersey sebagai mana mestinya. Di Indonesia sendiri, klub-klub yang memperhatikan hal-hal seperti ini tidaklah cukup banyak. Bahkan (mungkin) tidak ada sama sekali. Bangga, setia,dan menjaga, adalah tagline yang dimiliki komunitas ini. Yaitu dengan harapan tetap bangga, setia, dan menjaga Persiba.

Ruang kolektif sebagai suporter, fanatisme yang tidak bisa terbendung, serta keributan suporter dalam mendukung klub, pasti sering terjadi. Panjerpentul mempunyai harapan dengan adanya komunitas ini mampu mengurangi hal-hal negatif dalam fanatisme supporter. Juga merawat sejarah yang entah sampai kapan mendapatkan perhatian dari manajemen klub.

Capaian Panjerpentul pernah mengadakan pameran di tahun kedua komunitasnya dengan tajuk sejarah dan inspirasi. Dalam pameran yang diadakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Persiba. Panjepentul mempunyai harapan memperkenalkan jersey atau seragam Persiba dari tahun ke tahun dan mengajak para suporter untuk lebih menghargainya dengan cara mengajak membeli jersey asli klub ini.

Simak segala artikel tentang Persiba Bantul dengan klik di sini

Sumber Foto: Bola.com

Komentar