Siapapun Bisa Jadi Bintang di Kejuaraan Usia Muda

Cerita

by redaksi

Siapapun Bisa Jadi Bintang di Kejuaraan Usia Muda

Indonesia menjadi tuan rumah Grup G pada babak kualifikasi Piala AFC U-16 2020. Indonesia akan menjamu empat tim lainnya, yakni Filipina, Brunei, Tiongkok, dan Kepulauan Mariana Utara. Indonesia sendiri mengawali turnamen dengan positif, menumbangkan Filipina dengan skor telak 4-0.

Indonesia, jika mengikuti turnamen usia muda, memang cukup bisa berbicara banyak. Kalau Tim Nasional senior belum pernah juara di Piala AFF, tim U-16 baru menjuarainya pada 2018 lalu. Keberhasilan itu menyusul tim U-19 yang juga menjuarai Piala AFF pada 2013 silam.

Highlights pertandingan Indonesia U16 4-0 Filipina U16 (klik di sini)

Sudah banyak juga para pemain muda Indonesia yang sudah bisa menjadi bintang di usia muda. Ketika sensasi Evan Dimas dan Hansamu Yama yang menjuarai Piala AFF 2013 masih terasa, muncul talenta muda berbakat lainnya seperti Egy Maulana Vikry, Witan Sulaiman, Beckham Putera, juga si kembar Bagus Kahfi dan Bagas Kaffa. Talenta berbakat sepakbola Indonesia memang tak akan pernah habis.

Tapi di kejuaraan usia muda siapapun memang bisa menjadi bintang. Tidak semua kesebelasan benar-benar mengincar gelar juara karena terdapat beberapa kesebelasan yang ingin memberikan kesempatan bermain pada para pemainnya. Selain itu kualitas pemain yang masih dini memungkinkan setiap pemain bisa setara atau lebih baik dari negara-negara lain meskipun mereka berasal dari negara kuat. Filipina bisa jadi contoh, ketika Tim Nasional Indonesia senior mulai kerepotan melawan Filipina, para pemuda kita bisa menang meyakinkan melawan para pemuda Filipina.

Situasi seperti itu tidak hanya terjadi di kejuaraan Asia atau di kejuaraan tempat Indonesia bernaung. Di level Piala Dunia usia muda pun begitu. Banyak negara kuat yang berprestasi di level dunia yang tak bisa berbicara banyak di level Piala Dunia usia muda.

Indikasi itu terlihat dari negara yang paling sukses di kejuaraan Piala Dunia U-17 bukanlah dari negara-negara kuat seperti Brasil, Spanyol, Perancis, Jerman, atau Argentina. Negara yang paling sukses di Piala Dunia U-17 adalah Nigeria yang berhasil lima kali meraih gelar juara, melangkahi Brasil (3).

Sekarang berapa banyak pemain Nigeria yang kemudian berhasil menjadi pemain top dunia? Bahkan tampaknya tak banyak yang mengenal nama-nama seperti Philip Osundu, Wilson Oruma, Macauley Chrisantus, Sani Emmanuel atau Victor Osimhen. Padahal nama-nama tersebut merupakan para peraih Golden Ball (pemain terbaik) atau Golden Boot (top skorer) Piala Dunia U-17 dari Nigeria dan dari berbagai generasi. Tampaknya hanya Kelechi Iheanacho yang kemudian berhasil menembus tim utama Manchester City dan kini membela Leicester City.

Di kejuaraan usia muda, khususnya Piala Dunia U-17, bukan hanya Nigeria yang bisa berprestasi, melainkan juga Ghana, Meksiko, Mali, Swiss, hingga Arab Saudi. Inggris yang kerap gagal di kompetisi Piala Eropa atau Piala Dunia juga bisa menjadi juara Piala Dunia U-17 pada 2017 lalu. Benua Afrika jadi benua tersukses di Piala Dunia U-17 dengan mencatatkan 13 negara di partai final (7 juara), mengalahkan Eropa dengan 10 negara (4 juara).

Tapi beberapa pemain top dunia pun pernah merasakan turnamen ini terlebih dahulu di awal karier mereka. Sebut saja Toni Kroos, Cesc Fabregas, David Silva, atau Phil Foden.

Oleh karena itu, ajang Piala AFC U-17 yang saat ini diikuti Indonesia pun bisa jadi ajang untuk para pemain muda menjadi bintang. Apalagi puncak dari ajang kualifikasi Piala AFC U-17 ini adalah Piala Dunia U-17 2021 mendatang, kans untuk menjadi bintang dunia di usia dini cukup terbuka.

Tapi untuk bisa berlaga di Piala Dunia U-17, pertama-tama Indonesia terlebih dahulu harus menjadi juara Grup G atau menempati peringkat dua terbaik untuk lolos ke putaran final Piala AFC pada 2020 mendatang. Nantinya, empat kesebelasan yang mencapai babak semi-final lah yang akan melangkah ke Piala Dunia 2021.

Setelah melawan Filipina, Indonesia sendiri akan menghadapi Kepulauan Mariana Utara (18/09), disusul Brunei (20/09) dan Tiongkok (22/09). Tiongkok tampaknya akan jadi lawan berat Indonesia karena di laga pertama, mereka berhasil menumbangkan Brunei dengan skor telak 7-0.

AFC U16 Qualifying

Indonesia U16 vs Kep. Mariana Utara U16

Kickoff: Rabu, 18 September 2019 pukul 19:00 WIB

(Link Free Streaming)

Komentar