Kalahkan Timor-Leste, Indonesia Raih Tiga Poin Perdana

AFF

by redaksi

Kalahkan Timor-Leste, Indonesia Raih Tiga Poin Perdana

Indonesia berhasil meraih kemenangan perdana di Piala AFF 2018 setelah mengalahkan Timor-Leste dengan skor 3-1 di pertandingan kedua Grup B Selasa (13/11). Timor-Leste membuka keunggulan lebih dulu melalui gol Rufino Gama di menit ke-47. Namun Indonesia berhasil comeback melalui gol Alfath Fathir (’59), penalti Stefano Lilipaly (’68), dan Alberto Goncalves pada (’81).

Ini adalah kemenangan perdana bagi Kepala Pelatih Tim Nasional Indonesia, Bima Sakti Tukiman, di kompetisi antar negara Asia Tenggara tersebut.

Bima menerapkan susunan pemain dan formasi yang berbeda dari laga sebelumnya saat dikalahkan 0-1 oleh Singapura. Hanya Andritany, Hansamu Yama, Evan Dimas Darmono, Febri Haryadi, dan Beto yang masih dipertahankan sebagai starter.

Di lain pihak, Pelatih Timor-Leste, Norio Tsukitate, menerapkan formasi 3-4-3 dengan Gama, Angela Freitas, dan Da Cruz Martins di lini depan. Meski mereka sama-sama bermain dengan tiga bek seperti pada saat kalah 0-7 melawan Thailand, Timor-Leste tidak semenekan pada pertandingan sebelumnya. Garis pertahanan mereka cukup rendah sehingga Indonesia leluasa memainkan bola-bola panjang.

Pada babak pertama, Indonesia mendominasi jalannya laga. Indonesia menguasai penguasaan bola hingga 67%. Namun skema umpan panjang yang diterapkan Indonesia sulit menembus lini belakang Timor-Leste. Sebaliknya Timor-Leste sesekali mengancam Indonesia melalui serangan balik dan bola mati.

Tidak ada peluang yang membahayakan hingga 20 menit pertama. Pada menit ke-20, Febri melakukan umpan melalui sepak pojok. Namun tandukan Hansamu yang memenangi duel udara masih melebar di sisi kanan gawang Timor-Leste.

Pada menit ke-34, umpan Andik gagal dikonversi menjadi gol oleh Evan Dimas. Tandukan Evan masih bisa diamankan oleh kiper, Augusto Pereira.

Berselang 10 menit kemudian, Indonesia kembali gagal memanfaatkan peluang emas melalui tendangan Hansamu dari jarak dekat yang masih membentur tiang gawang. Skor 0-0 bertahan sampai babak pertama berakhir.

Babak Kedua Berjalan Sengit

Pada babak kedua, pertandingan berlangsung sengit. Belum semenit berlalu, Beto dijatuhkan di kotak terlarang oleh Augusto, tapi wasit tak bergeming.

Dua menit berselang justru Timor-Leste yang lebih dulu membuka keunggulan. Sepakan keras Rufino Gama yang berbau spekulatif dari luar kotak penalti berhasil membobol gawang Andritany. Meski berbau keberuntungan, gol pertama Timor-Leste itu merupakan gol yang sangat cantik.

Gol itu menjadi shock therapy bagi Indonesia. Evan Dimas dkk bermain semakin cepat. Pada menit ke-51, Indonesia gagal memanfaatkan peluang emas. Sepakan Beto dari jarak dekat masih melayang di atas gawang Timor-Leste.

Lima menit berselang, Febri Haryadi ditarik keluar oleh Bima Sakti dan digantikan oleh Riko Simanjuntak. Pergantian itu menjadi pengubah permainan Indonesia.

Dampak Riko tidak langsung berbuah gol, namun ia mengawali peluang Indonesia pada menit ke-57, ketika sepakan kaki kiri Septian David masih melebar di sisi kanan gawang. Dua menit berselang, giliran Evan Dimas yang mencoba mencetak gol. Namun sepakan Evan masih melayang.

Usaha Indonesia membuahkan hasil pada menit ke-59. Sepakan keras mendatar Alfath Fathir membuat Indonesia menyamai kedudukan.

Tiga menit berselang, Bima Sakti berinisiatif menggantikan Septian David dengan Stefano Lilipaly untuk mempertajam lini depan. Pada menit ke-67, Lilipaly mengirimkan umpan kepada Andik di dalam kotak penalti. Andik kemudian dijatuhkan oleh Gumario Pereira dan wasit pun menunjuk titik putih.

Lilipaly yang ditunjuk sebagai eksekutor tidak menyia-nyiakan kesempatan, bola melaju mulus dan gagal dihalau Augusto. Untuk pertama kalinya Indonesia berhasil unggul di Piala AFF 2018.

Ketinggalan 1-2, Timor-Leste berupaya menyamakan kedudukan. Pada menit ke-80, sepakan Walter Gama masih bisa diamankan Andritany.

Indonesia berhasil menambah keunggulan pada menit ke-81. Umpan Riko dari sisi kanan berhasil dikonversi menjadi gol melalui tandukan keras Beto.

Gol tersebut tidak membuat Timor-Leste putus asa. Namun upaya para pemain Timor-Leste belum juga membuahkan hasil. Pada menit ke-84, tendangan Gama masih melayang di atas gawang Indonesia. Pada menit ke-92, tendangan Armindo Almeida berhasil ditepis Andritany. Skor 3-1 untuk keunggulan Indonesia tidak berubah hingga pluit akhir dibunyikan.

Tiga poin perdana tersebut berhasil membawa Indonesia merangkak naik ke posisi kedua klasemen sementara Piala AFF 2018, hanya kalah selisih gol dari pemuncak klasemen, Thailand yang baru memainkan satu laga.

Di bawahnya, terdapat Filipina yang baru saja mengalahkan Singapura dengan skor tipis 1-0 di laga perdananya. Singapura pun duduk di posisi keempat klasemen. Sementara Timor-Leste masih berkutat di dasar klasemen.

[mag/dex]

Komentar