Pemain Asing Menumpuk, Yaya dan Nasri Didepak?

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Pemain Asing Menumpuk, Yaya dan Nasri Didepak?

Claudio Bravo hampir pasti menjadi penggawa baru Manchester City. Kepindahannya dari Barcelona seolah tinggal menunggu waktu karena hal ini sudah dikonfirmasi oleh pihak Barcelona sebagai pemilik Bravo.

Secara posisi, kedatangannya akan membuat Joe Hart, kiper utama Manchester City dalam satu dekade terakhir, tersingkir. Tak heran isu kepindahannya pun semakin berhembus kencang menjelang berakhirnya bursa transfer musim panas 2016.

Namun sebenarnya, kedatangan Bravo tak hanya mengancam Hart. Berdasarkan aturan komposisi 25 pemain skuat untuk Liga Primer, nama lain seperti Yaya Toure, Samir Nasri, Wilfried Bony dan Eliaquim Mangala juga bisa jadi harus terpaksa hengkang. Loh, kenapa?

Menurut aturan pendaftaran 25 pemain untuk Liga Primer, sejak musim 2010-2011, setiap kesebelasan hanya diperbolehkan memiliki 17 pemain asing (pemain dari luar Britania Raya) saja. Delapan sisanya untuk memberikan tempat untuk para pemain homegrown.

Apa itu pemain homegrown? Simak penjelasannya di artikel "Mengenal Istilah Pemain Homegrown"

Bravo datang tentunya dengan status pemain asing. Sementara dalam skuat saat ini, Manchester City sudah memiliki 19 pemain asing. Masuknya Bravo (total 20 pemain asing di Manchester City saat ini), setidaknya tiga pemain terancam tidak bisa didaftarkan.

Ini artinya, Manchester City harus melepas tiga pemain di antara Yaya, Nasri, Bony, Mangala, dan satu lagi, Bruno Zuculini. Nama kelima pemain ini muncul ke dalam daftar terancam karena kelimanya sudah tak masuk dalam skuat Manchester saat menjalani dua pertandingan Liga Primer maupun satu Liga Champions. Kelima pemain ini sepertinya memang tidak masuk dalam rencana Pep untuk musim ini.

Sebenarnya selain lima nama di atas, masih ada satu pemain lagi yang juga diasingkan oleh Pep. Ia adalah bek asal Belgia, Jason Denayer. Hanya saja status bek berusia 21 tahun bukan pemain asing, melainkan homegrown. Ini artinya ia masih bisa didaftarkan agar sewaktu-waktu bisa dimainkan.

Pep memang hendak merevolusi Manchester City. Dengan biaya lebih dari 160 juta paun, ia membeli tujuh pemain. Mereka adalah John Stones, Gabriel Jesus, Leroy Sane, Ilkay Guendogan, Nolito, Marlos Moreno dan Oleksandr Zinchenko.

Pep tentunya mengetahui betul aturan komposisi 25 pemain di Liga Primer. Leroy Sane dan Zinchenko tidak akan mengganggu aturan tersebut karena masih berusia di bawah 21 tahun. Begitu juga dengan Jesus yang baru akan bergabung Januari nanti. Sementara itu Moreno dipinjamkan dulu ke Deportivo La Coruna.

Baca juga: Marlos Moreno, Calon Bintang Masa Depan Manchester City

Untuk Stones, statusnya sebagai pemain homegrown jelas tak akan mengundang masalah, sama seperti Gael Clichy, Raheem Sterling dan Fabian Delph. Hanya saja untuk kedatangan Guendogan, Nolito dan Bravo yang akan menyusul, membuat nasib sejumlah pemain menjadi tak menentu.

Jika Joe Hart hengkang, hal ini dikarenakan kompetisi di posisi kiper yang membuat kans tampil baginya cukup kecil, bukan karena aturan komposisi 25 pemain. Karenanya selain kepindahan Hart, hengkangnya tiga pemain di antara Yaya, Nasri, Mangala, Bony dan Zuculini juga seolah tinggal menunggu waktu. Jika tidak ada yang pindah, kesempatan bermain mereka hanyalah di Capital One Cup atau di Piala FA.

foto: wikimedia

Komentar