Cetak Gol di Menit Akhir, Villareal Menang 1-0 atas Liverpool

Berita

by redaksi

Cetak Gol di Menit Akhir, Villareal Menang 1-0 atas Liverpool


Villareal berhasil membuat Liverpool pulang dengan kepala tertunduk dalam pertandingan leg pertama semifinal Europa League di Stadion El Madrigal, Jumat (29/4) dini hari WIB. Satu gol yang dicetak Adrian pada waktu tambahan babak kedua, membawa Villareal unggul 1-0.

Sepanjang pertandingan, kedua kesebelasan sama-sama sulit untuk menembus pertahanan lawan. Keduanya lebih sering melepaskan tembakan yang tidak tepat sasaran. Pada babak pertama, kedua kesebelasan masing-masing melepaskan satu tembakan tepat sasaran, dan dua tembakan tepat sasaran pada babak kedua. Ketatnya lini pertahanan, menjadi salah satu alasan kedua kesebelasan sulit mencetak gol.

Bertandang ke El Madrigal, Pelatih Liverpool, Juergen Klopp menurunkan formasi 4-3-3 dengan Phillpe Coutinho, Roberto Firmino, dan Adam Lallana di lini serang. Cederanya Jordan Henderson, membuat Klopp menurunkan trio James Milner, Lucas Leiva, dan Joe Allen, di lini tengah sementara Nathaniel Clyne, Dejan Lovren, Kolo Toure, dan Alberto Moreno, menjadi tembok pertahanan Liverpool.

Sementara itu, Pelatih Villareal, Marcelino Toral, membuktikan janjinya yang ingin menyulitkan Liverpool. Untuk itu, ia pun menurunkan Jaume Costa di pos fullback kiri, meski kondisinya belum fit 100 persen. Kehadiran Costa menjadi penting karena catatan defensifnya yang begitu baik. Ia diharapkan mampu menahan serangan dari sisi kiri.

Di lini serang, dua nama yang dikhawatirkan Klopp kembali bermain: Cedric Bakumbu adalah pencetak gol terbanyak Villareal di liga dengan 12 gol, sementara Roberto Soldado adalah pemberi assist terbanyak dengan delapan assist.

Jalannya Pertandingan

Liverpool mengambil inisiatif serangan sejak menit pertama. Serangan diarahkan ke sisi kanan yang dihuni Adam Lallana. Pada menit kelima, umpan silang Lallana, membentur bek Villareal. Bola yang ditujukan untuk Roberto Firmino pun berbelok dan mengarah ke hadapan Joe Allen yang melepaskan tembakan keras. Sayang tembakannya mengarah tepat ke pelukan kiper Villareal, Sergio Asenjo.

Pada menit ke-11, giliran Villareal yang membuat jantung penggemar Liverpool berdetak keras. Tendangan bebas dari sisi kiri pertahanan Liverpool diumpan pada Roberto Soldado. Bek Liverpool yang tak menduga arah umpan, gagal mencegah Soldado melepaskan tembakan. Namun, tembakan Soldado mengarah ke sisi kanan gawang Liverpool.

Tersengat oleh peluang Villareal, Liverpool mengambil alih serangan. Hasilnya terjadi pada menit ke-15 dan menit ke-16. Lucas mendapatkan peluang emas setelah mendapatkan bola di depan kotak penalti. Namun bola tembakannya menyamping di sisi kiri gawang Asenjo. Semenit kemudian, giliran Lallana yang mendapatkan peluang di depan kotak penalti, tapi bola menyamping di sisi kanan gawang.

Villareal mendapatkan peluang emas pada menit ke-21. Berawal dari serangan balik, Allen salah membuang bola yang justru mengarah pada Jonathan dos Santos di sisi kiri pertahanan Liverpool. Dos Santos pun mengumpan pada Pina yang berdiri tak terkawal di depan kotak penalti. Sayang tembakannya masih bisa ditepis Mignolet.

Pada menit ke-42, Villareal mendapatkan peluang terbuka. Bola umpan terobosan Bruno berhasil diterima Soldado. Namun, ia mesti melewati Kolo Toure yang berjaga di depan kotak penalti. Tak ingin membuang peluang, Soldado melepaskan tembakan melengkung yang sayangnya melebar di sisi kiri gawang Villareal.

Pada babak kedua, Villareal langsung menghentak. The Yellow Submarines mendapatkan peluang pada menit ke-46 lewat umpan tendangan sudut yang dilepaskan Santos. Bola yang mengarah pada Bakumbu, disundul dan membentur tiang gawang Liverpool.

Sepanjang babak kedua, Villareal lebih banyak mengambil kendali pertandingan. Baru pada menit ke-86, Bakumbu mendapatkan peluang terbuka setelah mendapatkan umpan terobosan. Ia tinggal berhadapan dengan Mignolet. Namun, tembakan kaki kirinya berhasil ditepis kiper berkebangsaan Belgia tersebut.

Setelah peluang tersebut, Liverpool langsung melancarkan serangan balik. Hasilnya, Moreno berhasil menggiring bola dari tengah lapangan. Tanpa terkawal, ia melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti. Sayangnya, tembakan Moreno melambung tinggi di atas gawang.

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Pada menit ke-90+2, Adrian mengirimkan umpan panjang kepada Suarez yang berhasil melepaskan kawalan Toure. Suarez sejatinya bisa langsung mengonversi peluang tersebut. Namun, ia lebih memilih untuk mengirim umpan kepada Adrian yang tinggal menceploskan bola ke gawang yang kosong. Tak berselang lama, peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan dan kedudukan pun tetap untuk kemenangan Villareal 1-0.

fva
foto: theguardian.com

Komentar