Ini Dia Prediksi "Super Computer" di Liga Inggris Musim 2014/2015

Berita

by redaksi

Ini Dia Prediksi

Beberapa hari lalu, sebuah lembaga penelitian bernama Soccermetric Research merilis prediksi klasemen akhir liga Inggris musim 2014-2015. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa Man City diprediksi akan mempertahankan gelarnya.

Ternyata hasil serupa didapatkan sebuah lembaga analisis data bernama Bloomberg Sports. Bloomberg yang menggunakan ‘Super Computer’ dalam prediksinya ini pun menjagokan Manchester City sebagai peraih kampiun juara EPL musim ini.

Untuk peringkat dua sampai dengan peringkat tujuh pun hasilnya sama dengan prediksi dari Soccermetric. Hasil berbeda terjadi pada tim-tim yang diprediksi akan terdegradasi. Jika Soccermetric memprediksi Crystal Palace dan West Bromwich Albion yang menemani Burnley di zona degradasi, Bloomberg memperkirakan Aston Villa dan Queen Park Rangers-lah yang posisinya berada di atas Burnley.

Berikut adalah tabel lengkap dari prediksi Bloomberg yang menyertakan persentase juara, empat besar dan degradasi:

135371

Ramalan hingga klasemen akhir di atas didasari oleh basis data yang dimiliki Bloomberg dengan memperhitungkan berbagai data setiap tim dalam beberapa tahun terakhir. Namun Bloomberg tak memaparkan secara rinci bagaimana hasil tersebut bisa tercipta.

Hanya saja menurut mereka, “Super Computer” yang mengolahnya menggunakan perhitungan algoritma yang sangat rumit. Selain itu, angka-angka di atas pun dipengaruhi oleh kegiatan transfer masing-masing tim pada bursa transfer musim panas ini.

Presiden Bloomberg Sports, Bill Squadron, mengatakan: “Ketika para penggemar di seluruh dunia memperdebatkan siapa juara musim 2014-2015, kami memunculkan prediki matematis kami yang juga menarik untuk diperdebatkan.”

“Kami menggunakan analisis data objektif yang sama dengan alat analisis pertandingan kami pada pertandingan-pertandingan sepak bola Eropa. Dan kami sangat senang merilis prediksi yang murni berbasis data untuk masing-masing tim di seluruh Eropa. Data yang kami gunakan ini cukup akurat, bahkan bisa juga dijadikan sebagai alat untuk mengalahkan bandar,” lanjut Squadron.

Jadi bagaimana? Sudah dua prediktor yang mengatakan bahwa Man City akan mampu mempertahankan gelarnya. Akankah City benar-benar bisa mewujudkan ramalan ini?

sumber: dailystar.co.uk

[ar]

Komentar